Waktu Baca: 2 menit

Cristiano Ronaldo akhirnya memilih pindah ke Manchester United daripada ke City. Konon City enggan membayar biaya transfer Ronaldo. Sementara itu United dengan senang hati membayarkan biaya sebesar 20 juta poundsterling yang diminta La Vechia Signora. Boleh saya katakan, hal ini menjadi berkah tersendiri bagi Ronaldo. Ronaldo dan Manchester City lebih mungkin menjadi masalah daripada solusi bagi kedua belah pihak. Walaupun, sejujurnya, Ronaldo dan Manchester United juga bukan pasangan yang tepat tepat amat. Gary Neville saja menilai ini sebagai nostalgia semata.

Kembali ke persoalan City, memang apa masalahnya jika Ronaldo bergabung dengan City? Jawabannya: Banyak sekali. Berikut beberapa di antaranya:

Umur dan Fisik

Ini jelas pertanyaan besar. Toni Kroos aja enggan bermain di Premier League karena ia merasa fisiknya sudah kedodoran untuk bermain di liga Inggris. Padahal Toni baru berusia awal 30an. Sementara itu, tahun ini Ronaldo sudah menginjak usia 36. Apa ia masih sanggup meladeni tantangan fisik Liga Inggris? Seperti kita tahu, Zlatan saja KO di usia 35an ketika bermain di Liga Inggris. Padahal, untuk ukuran fisik, Zlatan terlihat lebih prima dibanding Ronaldo.

Melihat kondisi ini, kemampuan fisik Ronaldo jelas sangat dipertanyakan. Tapi toh ada Cavani yang tetap gacor meski baru bergabung dengan MU di usia hampir 35 tahun. Jadi, bolehlah ya Ronaldo berharap.

Taktik Guardiola

Pep sangat menekankan pada disiplin taktik. Thierry Henry saja pernah ‘dihukum’ dengan ditarik keluar lapangan setelah mencetak gol karena tidak disiplin taktik. Sementara itu, Ronaldo tipe yang seringkali tidak menaati pakem taktik. Dudek, mantan kiper Real Madrid, pernah bercerita kalau Ronaldo dan Jose Mourinho sering bertengkar karena Ronaldo tidak taat taktik. Ketika Jose meminta pemainnya melakukan pertahanan dalam, Ronaldo malah seenak jidat mengejar bola di pertahanan musuh. Konon masalah ini jugalah yang membuat Allegri mensyaratkan kepergian Ronaldo untuk kepulangannya ke Juventus.

Ronaldo dan Manchester City bisa menjadi konflik besar karena Ronaldo tidak disiplin taktik. Ronaldo sendiri lebih senang mendapat pelayanan dari garis tengah dan ia menjadi poacher murni ketimbang memainkan umpan pendek pendek ala Guardiola.

Bek Bek Berfisik Kuat

Apakah Ronaldo bisa menjadi solusi ketika menghadapi beberapa bek Premier League yang sangat kuat secara fisik? Beberapa jenis bek yang akan sering Ronaldo hadapi adalah Harry Maguire, Virgil Van Djik, Pablo Mari, Antonio Rudiger dan seterusnya. Mereka ini adalah tipe yang cepat, kuat dan agresif. Ronaldo harus benar benar memastikan apakah fisiknya masih prima atau tidak menghadapi bek bek kuat itu. Di Liga Italia, bek bek jauh lebih taktikal dan Ronaldo lebih bisa menghadapi mereka dengan pengalamannya. Masalahnya, Liga Inggris bukan  cerita yang sama untuk Ronaldo.

Iklim Dingin

Bertahun tahun lalu Ronaldo meninggalkan Manchester United meski ia berada di puncak karirnya. Salah satu alasannya terkesan sederhana, Ronaldo kesulitan dengan iklim dingin Inggris khususnya kota Manchester. Ya, sebagai pria dari Madeira, Ronaldo lebih menyukai iklim yang lebih hangat. Nah, kini ia malah balik kandang ke kota Manchester kala fisiknya tidak lebih prima saat ia masih jauh lebih muda. Bukankah ini seperti bunuh diri?

Padahal City menyukai pemain pemain yang bergerak cepat ke depan berbarengan dan memainkan Rondo yang menyulitkan musuh. Kalau di United, Ronaldo mungkin mendapat hak untuk mencari ruang tanpa terlibat build up. Lha kalau di City? Ronaldo  tidak akan mendapatkan keistimewaan itu.

Nah, itu tadi prediksi saya mengenai Ronaldo di Manchester City. Somehow, saya cukup yakin Ronaldo dan Manchester City akan menjadi bencana bagi kedua pihak. Untung saja Ronaldo pindahnya ke United. Menurut anda bagaimana?

Baca juga kisah bal bal an lainnya jelang penutupan bursa transfer:

Richarlison Gacor, Tapi Belum Memikat

Tiki Taka Arsenal Bakal Lengkap

Mbappe ke Madrid Mengejar Sejarah, Lha Harry Kane Ngapain?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini