Waktu Baca: 3 menit

Momen pendaftaran CPNS setiap tahunnya selalu dinanti-nanti oleh pemburu NIP di seluruh negeri. Konon, adanya jaminan masa depan dan jenjang karir yang pasti masih menjadi alasan kuat bagi para pendaftarnya. Tidak mudah memang untuk menjadi seorang abdi negara di zaman sekarang ini. Selain memiliki saingannya yang amat sangat banyaknya, belum lagi tahapan tes yang harus dilalui. Tahapan seleksi dimulai dari administrasi. Para pendaftar harus jeli dalam melihat syarat yang diberikan setiap instansi. Selanjutnya adalah SKD yang akan menjadi penentu menuju tes terakhir yaitu SKB. Tentu ada strategi lolos SKD CPNS 2021. Penasaran strategi apa yang harus ditempuh? Yuk kita bahas satu per satu.

Strategi Lolos SKD CPNS 2021

Selamat bagi yang sudah lolos seleksi adminitrasi. Perjuangan di tahap selanjutnya sudah menanti. SKD adalah tes yang harus dihadapi. Kejutan pun diberikan oleh pihak BKN dengan menaikkan passing grade dan jumlah soal yang diberikan. Mau tidak mau, suka tidak suka para pendaftar pun harus melalui SKD yang sudah disiapkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar teman-teman bisa lolos melewati SKD CPNS.

  1. Pastikan membawa kartu ujian dan syarat lainnya pada saat SKD

Mungkin teman-teman menganggap ini adalah hal yang sepele. Namun ini sangatlah penting! Tanpa membawa kartu ujian dan dokumen yang dipersyaratkan maka kalian tidak akan diperkenankan masuk ke ruang ujian. Jadi pastikan mencetak kartu ujian setelah masa sanggah selesai dilakukan. Tips lainnya adalah beberapa hari sebelum melakukan SKD, cek lokasi terlebih dahulu. Pastikan di ruangan mana kalian akan menjalani SKD. Catat juga pukul berapa akan ujian, bila perlu buatlah reminder.

Baca juga : Kantor Memaksakan WFO? Apakah Mati Rasa?

  1. Persiapkan fisik dan mental dengan baik

Logika tanpa logistik sama saja bohong gaess! Kalian harus sudah makan atau minum sebelum melakukan SKD. Jangan menyiksa diri dengan melakukan hal yang konyol. Isilah perutmu agar pikiran juga lancar. Ingat, berpikir tetaplah membutuhkan energi. Aspek mental juga perlu teman-teman siapkan. Jangan terlalu banyak bergabung dengan grup telegram atau medsos lainnya. Hal ini akan membuat pikiran kalian bercabang dan tidak fokus dengan tes yang akan dilakukan. Setidaknya seminggu atau beberapa hari sebelum melakukan tes lakukanlah “puasa” medsos. Buat pikiran dan hatimu senyaman mungkin. Jangan terpengaruh apapun. Lakukan ikhtiar atau amalan yang semakin menambah sugesti positifmu.

  1. Fokus pada soal yang sedang dihadapi

Pergunakan waktu 100 menit dengan baik. Anggaplah SKD yang sedang teman-teman hadapi pada saat melakukan simulasi. Lepaskan beban yang ada. Kuncinya adalah berkonsentrasi dengan tiap bagian soal yang dikerjakan. Ini adalah perangmu, tidak perlu kamu pedulikan saingan di sampingmu. Mulai sekarang belajarlah untuk melatih fokus, karena begitu fokusmu melayang maka strategi yang kamu susun akan berantakan.

  1. Kerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu

Ada 3 bagian yang nantinya akan teman-teman hadapi saat tes SKD. TWK, TIU, dan TKP. Masing-masing memliki karakternya masing-masing. Usahakan teman-teman sudah memiliki gambaran kekuatan yang dipunyai. Jika kalian merasa kuat di TWK maka kerjakanlah terlebih dahulu. Tujuannya untuk meraih nilai maksimal dari bagian yang kamu kuasai. Selanjutnya adalah mengerjakan soal-soal yang dirasa sulit. Kerjakan semua soal ya, jangan sampai ada yang dikosongi. Hal ini karena tidak adanya pengurangan nilai. Ini juga termasuk ke dalam strategi lolos SKD CPNS 2021.

  1. Manfaatkan waktu sebaik mungkin

Salah satu tujuan memperbanyak simulasi dan latihan soal adalah bermuara pada manajemen waktu. Semakin teman-teman cepat dalam mengerjakan soal yang diberikan maka ada “tabungan” waktu. Sehingga ini bisa digunakan untuk mengerjakan soal yang dirasa sulit ataupun melakukan koreksi terhadap jawaban yang sudah diberikan. Apabila teman-teman sudah memencet tombol akhiri tes maka tidak ada yang bisa dilakukan. Sistem akan mengunci jawaban dan skor akan segera terpampang di layar monitor.

Baca juga : Pendidikan Tinggi Yang Berguna di Era Digital

Setelah mengetahui strategi lolos SKD CPNS 2021 semoga tidak ada rasa insecure ataupun panik gak? panik gak? Ya paniklah. Hilangkan itu semua teman-teman. Satu tahap sudah kalian lewati. Saatnya melanjutkan perjuangan. Percayalah tidak akan ada yang sia-sia jika kita semua sudah berusaha dan berdoa. See u on the top!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini