Waktu Baca: 3 menit

The House of Raminten dibuka pada tanggal 26 Desember 2008 oleh Hamzah Sulaeman. Inspirasi nama The House of Raminten adalah nama salah satu tokoh yang diperankan oleh Hamzah Sulaeman di acara televisi Jogja TV yang berjudul Pengkolan, yaitu Raminten. Tempat ini termasuk tempat makan beken di Kota Jogja. Alamatnya sendiri ada di Jl. FM Noto nomor 7, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Sudahkah ada yang pernah ke sana?

Siapakah Raminten?

Raminten ternyata seorang laki-laki. Raminten adalah karakter fiktif yang dimainkan oleh Hamzah untuk pertama kalinya dalam acara ketoprak di televisi lokal 2 dekade lalu. Setelah nama Raminten melejit di dunia perketoprakan membuat Hamzah terinspirasi untuk menciptakan sebuah usaha dengan memakai nama Raminten

Apa saja yang ada di The House of Raminten?

Yang membuat tempat ini beken adalah menyajikan menu seperti layaknya angkringan dan olahan seperti nasi goreng, bubur ayam, bakmi, dll yang bernuansa Jawa dan memiliki berbagai perabotan dan ornamen yang ada kaitannya dengan Jawa. Terdapat kereta kuda yang dipajang di luar. Uniknya para pelayannya memakai pakaian Jawa, yang perempuan memakai kemben dan laki-laki memakai kain batik dengan rompi. Tidak hanya makanan The House of Raminten juga membuka kedai jamu

Sumber gambar : instagram @houseoframinten

Setelah berhasil membuat usaha kuliner berkonsep nuansa jawa. Hamzah juga membuka studio foto yang bernama Raminten Photography. Saat ini, sudah memiliki beberapa lantai dengan fokus masing-masing di tiap lantainya.

Pada lantai dasar para pengunjung akan diperlihatkan berbagai jenis kerajinan batik, mulai dari pakaian, kain,  dan aksesoris-aksesoris lainnya. Lantai dua para pengunjung bisa berbelanja berbagai suvenir dan kerajinan khas dari Yogyakarta mulai dari kerajinan tangan hingga berbagai cindera mata yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh . Lantai tiga terdapat restoran, kabaret dan studio foto.

Sumber gambar : instagram @houseoframinten

Raminten Cabaret

Ada satu pertunjukkan yang sangat bagus untuk ditonton saat kamu berkunjung di ke sana yaitu Raminten Cabaret dimainkan oleh sekumpulan para seniman dan menampilkan pertunjukan yang sangat lucu dan bagus. Raminten Cabaret merupakan salah satu pertunjukan seni paling dinantikan di Yogyakarta.

Rumah makan ini awalnya menyajikan tarian Jawa sebelum ruang pendopo juga diperluas untuk area makan tambahan. Setiap pagi, para pengunjung bisa melihat proses pelukisan batik. Jangan khawatir, di sana terdapat meja untuk satu atau dua orang, ada yang untuk tiga atau empat orang, lima atau enam orang bahkan ada yang untuk delapan orang. Pokoknya bisa menampung kamu beserta teman-teman kamu deh.

Baca juga : Sop Buntut Pak Sugeng, Rasanya Sungguh Gayeng

Rumah makan The House of Raminten juga membuka cabang di Jalan Kaliurang Km 15,5, Sleman, Yogyakarta yang diberi nama The Waroeng of Raminten.

Untuk Jam Buka The House of Raminten: Buka 24 Jam Setiap Hari

Dilansir dari website Traveloka, untuk rating The House of Raminten adalah 4.5/5

Makanan mendapat rating 4,4

Suasana mendapat rating 4.5

Pelayanan mendapat rating 4.3

Untuk Harga Berkisar: Rp 6.000-Rp 40.000

Review menurut orang-orang yang pernah berkunjung ke sana adalah sebagai berikut :

“Rumah makan yang khas banget nuansa jawa nya, menu nya lumayan banyak dan untuk harga masih terjangkau lah untuk restoran bahkan bisa terbilang murah, makanan juga lumayan enak”- Elin A.

Baca juga : Bakso Jawi Bu Miyar, Bakso Minimalis Khas Jogja

“Tempat dan suasananya jogja banget, sukak. Meskipun selalu antri, tp ga masalah. Menunnya bervariasi dan rasanya enak, harganya murah bgt sih 👌 porsinya juga lumayan banyak. Ga nyesel deh”- G K. S. A.

“The house of raminten salah satu tempat makan di jogja yang wajib dikunjungi para wisatawan dan traveler yg datang ke jogja…. Tempatnya yg unik, nyaman dan makanannya yg uenak enak dengan harga yg relatif muraahhhh banget… Pokoknya the house of raminten manteppp” – Vira N. A.

Sumber: Traveloka

Tempat makan ini sangat wajib untuk kamu kunjungi jika kamu sedang liburan di Yogyakarta karena dijamin deh tempatnya asik, nyaman, nuansa Jogja banget dan tentunya harga makanannya sangat terjangkau. Tidak hanya makanan saja kamu juga bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang khas Jogja berupa souvenir, baju batik, aksesoris-aksesoris, dll.

Sekian informasi tentang sebuah tempat makan yang beken semoga bermanfaat bagi kamu.  Serta jangan lupa juga untuk melihat dan mencicipi makanan-makanan khas Jogja yang lainnya bisa kamu cek di artikel sebelumnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini