5 Macam Bisnis Ternak Yang Mudah Bagi Pemula

0
49
Waktu Baca: 3 menit

Yak setelah sebelumnya artikel mengenai peluang usaha di bidang ternak. Kali ini mimin akan membagikan macam-macam bisnis ternak yang ramah bagi pemula. Langsung saja 5 macam bisnis ternak yang mudah bagi pemula yang patut kamu coba sebagai penghasilan utama atau penghasilan sampingan. Simak paparan berikut ini.

Ternak Ayam

Ayam kini menjadi idola makanan para masyarakat, hampir di setiap daerah terdapat rumah makan yang menyajikan menu olahan ayam dari rumah makan kecil, menengah, besar hingga hotel semua ada menu ayam yang berbeda-beda. Nah, sebagai calon wirausaha kamu dapat mengambil bisnis ternak ayam ini.

Permintaan daging ayam dapat dipastikan akan terus meningkat setiap tahunnya. Kamu juga dapat ikut andil dalam memasok kebutuhan pasar dengan pasokan ayam hasil ternak kamu. Jika takut rugi, mulailah dengan membeli ayam sedikit demi sedikit, misalnya 10 ekor dulu. Nikmati proses dalam beternak, sehingga untuk kedepannya tau tentang karakteristik ayam dan hasilnya nanti akan menjadi patokan dalam membeli ayam-ayam berikutnya.

Adapun ayam hias yang nilainya bisa tinggi, jika dijual ke penghobby ayam hias. Contoh ayam hias adalah ayam kate. Banyak kok tutorial-tutorial gimana cara ternak ayam hias yang bisa kamu pelajari.

Baca juga : Kegiatan yang Cocok Kamu Lakukan Selama PPKM

Ternak Kelinci

Hewan kelinci umumnya cuma dijadikan hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu. Namun, kini banyak daging kelinci yang dikonsumsi masyarakat karena mengandung zat yang baik untuk tubuh. Permintaan daging kelinci juga banyak, bahkan sekarang banyak warung makan sate kelinci yang buka.

Hal ini karena masyarakat ingin mencoba hal-hal yang baru dalam kuliner sate. Kamu dapat beternak kelinci untuk pasokan makanan dan juga untuk pasokan hewan peliharaan. Biasanya kelinci-kelinci yang berjenis kelamin jantan biasanya yang dijadikan konsumsi masyarakat dan untuk kelinci betina biasanya dijadikan indukan untuk meregenerasi keturunan. Perawatan juga cukup mudah dan tidak ribet, seperti layaknya hewan ternak lainnya diberi makan dua kali sehari, tempat tinggal yang bersih, dan menjaga suhu agar tetap stabil.

Ternak Ikan

Ikan merupakan hewan yang dikhususkan untuk hobby biasanya. Ikan-ikan dengan kualitas yang baik biasanya mahal harganya dan pembelinya adalah orang-orang yang sudah memiliki hobby dalam dunia ikan.

Mereka akan mengeluarkan uang mereka demi kepuasan yang didapat saat memiliki ikan yang memiliki kualitas yang baik. Kamu dapat mulai berternak ikan dalam skala rumahan dulu aja, karena untuk ikan media yang digunakan cukup variatif. Kalau mau mencoba ada baiknya untuk menggunakan aquarium atau ember, karena harganya relatif murah dibanding membuat kolam di belakang rumah atau samping rumah.

Ikan yang bisa diternak untuk pemula, yaitu ikan koki dan ikan guppy. Kedua ikan tersebut masih memiliki pasar yang bagus di dunia perikanan. Masih banyak orang yang ingin mencari kedua ikan tersebut. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk beternak ikan dan memperoleh penghasilan tambahan.

Baca juga : Peluang Bisnis di Bidang Ternak Untuk Investasi Masa Depan

Ternak Burung

Hewan darat dan hewan air sudah, kini lanjut ke hewan udara. Ternak burung sudah menjadi hal yang biasa. Hampir setiap pasar hewan pasti ada yang jual burung yang bermacam-macam. Peluang usaha dari ternak burung antara lain kamu dapat menjual burung dengan cara sepasang.

Misalnya kamu beli burung jantan dan betina yang belum jodoh, nah kamu bisa jodohkan keduanya hingga benar-benar jodoh. Jika sudah jodoh, jual aja kedua burung tersebut dengan harga sepasang. Ada juga dengan beternak seperti biasanya, yaitu dengan menjual anakan yang dihasilkan oleh burung tersebut.

Ternak Semut Kroto

Yang kelima ini berkesinambungan dengan nomer 4. Semut kroto adalah salah satu makanan dari burung. Namun, yang diambil adalah telur semutnya. Telur semut kroto sangat baik untuk perkembangan burung. Penangkarannya juga mudah, cuma sediakan toples-toples dan isi dengan indukan semut kroto dan koloninya. Untuk makanan biasanya dikasih air gula. Peluang bisnis usaha semut kroto ini bisa kamu coba untuk memenuhi pasokan makanan burung.

Nah, itulah 5 Macam Bisnis Ternak Yang Mudah Bagi Pemula semoga bermanfaat, jika kamu suka dengan artikel ini bisa di share atau dibagikan kepada siapapun dan jika ada pertanyaan bisa menuliskan di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini