Waktu Baca: 2 menit

Haloo guys, bertemu kembali dengan mimin. Kali ini mimin akan share lagi mengenai peluang usaha untuk kamu. Peluang usahanya adalah cara membuat dan menjual custom buku notebook. Mau tau caranya? Simak paparan berikut ini

Permasalahan

Sebuah buku notebook kini sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Banyak anak muda yang beralih menggunakan custom buku notebook dari pada buku biasanya. Sebuah buku notebook dipandang lebih praktis karena ukurannya yang berbeda-beda tergantung selera masing-masing.

Ada yang ukurannya besar, sedang, dan kecil. Banyaknya permintaan buku notebook membuat penjualan buku notebook semakin laris peminatnya. Oleh karena itu, peluang usaha menjual buku notebook adalah hal yang dapat kamu lakukan saat ini.

Ide Bisnis Cutsom Buku Notebook

Namun, karena permintaan konsumen yang beragam membuat mereka ingin sesuatu yang baru dari buku notebook. Nah, disini tercetuslah ide membuat custom design buku notebook sesuai dengan kehendak konsumen.

Custom ini sendiri dengan mendesign cover buku notebook yang diinginkan konsumen. Kamu bisa menjual design covernya saja atau sekalian bersamaan dengan buku notebooknya.

Cara Memulai

Untuk memulai hal ini kamu harus siapkan peralatan-peralatan pendukung, seperti laptop atau komputer yang mumpuni untuk mendesain, aplikasi untuk mendesign, ide atau gagasan tentang design cover buku notebook yang bagus, dan yang terakhir adalah tekad untuk melakukan usaha ini.

Bila kamu belum paham untuk mendesain cover kamu bisa lihat tutorial-tutorial yang ada di website atau youtube. Langkah lainnya jika kamu tidak bisa design adalah dengan ajak teman kamu yang bisa mendesign untuk menjadi bagian dari usaha kamu. Ya itung-itung pembagian tugaslah, kamu yang mencari konsumen teman kamu yang mendesign covernya. Enak bukan?

Hmm Modal Besar??

Apakah peluang usaha custom buku notebook ini harus bermodal besar? Jawabannya tentu tidak. Karena kamu hanya mendesign cover bukunya saja bisa cover depan dan cover belakang. Untuk pengerjaan bukunya bisa kamu lempar ke tempat percetakan seperti fotocopy-an.

Kamu juga bisa kerja sama dengan pihak percetakan agar dapat harga yang murah. Sehingga nanti jika dijual maka untungnya semakin banyak. Carilah percetakan yang mempunyai alat untuk membuat buku. Usahakan dekat dengan tempat tinggalmu, sehingga biaya yang dikeluarkan dapat diminimalisir.

Promosi dan Marketing

Untuk promosi kamu bisa gunakan social media seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Bahkan kamu juga dapat menggunakan marketplace seperti, Shopee, Lazada, BukaLapak, Tokopedia, dsb.

Semakin banyak promosi semakin banyak pula kesempatan orang tahu tentang produkmu. Promosikan produk custom buku notebook mu dengan semenarik mungkin agar orang tersebut tertarik untuk membeli. Kasih harga yang special untuk berapa orderan pertama, hal ini agar orang semakin tertarik dengan produkmu.

Minta Testimoni

Jika seseorang sudah memesan dan menerima produkmu,jangan lupa meminta testimoni dari konsumen tersebut dan ucapkan terima kasih atas pembelian yang dilakukan. Testimoni dari konsumen sangat bermanfaat bagi reputasi toko kamu.

Jika banyak testimoni positif maka orang akan semakin yakin dengan toko atau bisnismu. Jadi, akan semakin banyak orang yang akan memesan karena puas dengan produk dan layanan yang diberikan.

Kesimpulan

Usaha bisnis custom buku notebook ini akan berhasil dengan baik jika kamu konsisten. Awalnya memang berat mungkin tidak ada orderan dalam beberapa hari bahkan minggu. Tetapi jangan mudah menyerah, terus tingkatkan promosi hingga orang menjadi tahu. Ajak teman-teman kamu untuk bantu mengeshare produkmu.

Yak sekian dari mimin tentang peluang bisnis kali ini. Semoga bermanfaat yaa. Terima kasih 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here