Waktu Baca: 3 menit

Nigel Ng mungkin tak menyangka dirinya akan memiliki tempat khusus di dunia kuliner. Lebih dari itu, ia bahkan dianggap sebagai salah satu kritikus makanan berpengaruh. Bagaimana tidak, ia sebenarnya tidak memiliki latar belakang sebagai ahli kuliner. Dulunya ia bekerja sebagai data analyst. Setelah kesuksesan di dunia stand up comedy, ia memutuskan menjadi komedian sepenuhnya. Sebagai comic, ia pernah mendapat penghargaan dan menjadi opener dari komedian terkenal, Ken Jeong. Namun, namanya belum meledak hingga ia mereview…nasi goreng. Ya, gara gara nasi goreng, ia alih profesi dari komedian menjadi ahli nasi goreng.

Gara Gara Kawan Komedian

Evelyn Wok, salah satu rekan Nigel Ng mengaku sedang ‘menciptakan’ suatu karakter. Entah kenapa, ia membayangkan sosok Nigel. Evelyn menciptakan karakter ini sebagai pengusaha real estate yang sombong serta memiliki ciri ciri om dan tante ala keluarga Chinese. Karakter itu lalu diberi nama Uncle Roger. Dengan karakter ini, mereka membuat beberapa sketsa komedi. Entah gimana ceritanya, Nigel kepikiran untuk membawa karakter Uncle Roger ini dalam kisah lucu mengenai om om Chinese yang mengomentari ahli ahli kuliner dalam membuat makanan Asia.

Yah, mungkin Nigel berpikir bahwa chef chef barat seringkali melakukan kesalahan dalam memasak makanan Asia. Nah, Nigel berpikir, ini bisa menjadi sumber kelucuan. Iapun mulai rajin membuat video reaction pada chef chef  barat yang mencoba membuat makanan Asia. Berbagai chef terkenal menjadi bahan olok olok Uncle Roger/Nigel Ng dalam berbagai video reactionnya. Mereka habis habisan menjadi korban kritik Uncle Roger/Nigel Ng dalam membuat ramen, sushi dan berbagai makanan khas Asia lainnya.

Kok Jadi Ahli Nasi Goreng?

Salah satu yang menjadi korban video reaction Nigel Ng adalah chef Jamie Oliver. Jamie yang memiliki nama besar di bidang kuliner, dijadikan bahan candaan habis habisan oleh Nigel Ng a.k.a Uncle Roger saat membuat nasi goreng telur. Ya, rupanya Jamie Oliver membuat nasi goreng dengan gaya baratnya  sehingga banyak metode memasaknya yang aneh dan tidak efektif.

Ternyata, meski bukan seorang chef, kritikan Nigel pada Jamie Oliver di video reactionnya dianggap masuk akal. Dari situlah ia mulai mendapat nama sebagai kritikus nasi goreng. Selanjutnya, Nigel Ng/Uncle Roger secara rutin melakukan kritik pada berbagai orang yang mencoba nasi goreng ala Asia. Ada yang mendapat kritikan sangat buruk, ada juga yang mendapat kritik ringan seperti misalnya tidak menggunakan wok atau menambahkan terlalu banyak kecap asin pada nasi goreng mereka.

Saking jagonya Nigel Ng mengkritik, banyak celebrity chef memberikan tantangan dan mencoba membuktikan diri bahwa mereka bisa memasak nasi goreng dengan benar. Salah satu yang menantang Nigel Ng adalah chef Joshua Weissman. Nigelpun membalas dengan membuat video reaction pada saat menonton Joshua memasak nasi goreng. Tak ada yang menyangka, Nigel memuji Joshua. Namun ia menyebut cara Joshua membuat nasi goreng terlalu advance dan susah untuk dipraktekkan di rumah.

Kesandung Masalah Hersha Patel

Bukan berarti Nigel tanpa kontroversi. Ia pernah membuat video reaction saat seorang presenter dan food vlogger BBC, Hersha Patel, unjuk kebolehan memasak nasi goreng. Dalam video itu, Nigel mengkritik Hersha yang mencuci nasi yang telah matang. Akibat video itu, Hersha menjadi korban bully banyak orang secara online. Reputasi Hersha sebagai ahli kuliner terancam. Namun, di sinilah kebesaran hati seorang Nigel mendapatkan ujian. Ia lalu mengkontak Hersha secara langsung dan meminta maaf atas video reactionnya. Hershapun menyambut baik permintaan maaf Nigel. Mereka lalu berkolaborasi membuat video mengenai Hersha yang sudah belajar memasak nasi goreng dengan benar bersama Nigel/Uncle Roger sebagai mentor sekaligus pengawasnya.

Video kolaborasi mereka ternyata menjadi favorit banyak orang. Hersha bahkan menjadi tamu undangan di beberapa acara serta video Nigel dan mendapat nama sendiri untuk karakternya, Auntie Hersha. Tak lama, reputasi Hersha Patelpun pulih kembali.

Masa Depan Nigel

Nigel masih rajin membuat video reaction terutama dalam proses memasak nasi goreng yang dilakukan chef chef  barat. Semakin hari popularitasnya semakin naik dan ia juga mendapat tempat tersendiri di kalangan komunitas kuliner atas pengetahuan mendalamnya soal nasi goreng.

Baca juga :
Selow Ala Ngatini, Peracik Soto Bebek Jumirah

Menjaring Rasa Alami Lewat ‘Iwak Kali Kwilet’

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini