Waktu Baca: 2 menit

Siapa disini yang mau tambah penghasilan tapi bingung caranya gimana? Atau, yang suka banget belanja dan pengen banget dapet uang jajan sendiri? Bisa kok! Mau Buka Usaha Tapi Takut Nggak Laku? Baca ini dulu.

Berbisnis online sekarang ini menjadi satu hal yang cukup digandrungi oleh kalangan milenial. Mulai dari bisnis rumahan seperti makanan, minuman, kerajinan tangan, hingga bisnis fashion yang saat ini semakin melejit menjadi salah satu tren baru yang akrab ditemui di masyarakat khususnya untuk kalangan milenial. Sebenarnya apa sih tipsnya untuk pemula yang baru ingin memulai usaha? Jangan dilewatin yaa, nih aku kasih beberapa tipsnya. 

Tentukan kesukaan atau minat kamu dulu!

Sebelum memulai bisnis, baiknya kita mengetahui minat atau kesukaan kita masing-masing. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada fokus kita untuk memulai dan menjalankan bisnis kita nanti. Mulai dari hal-hal kecil seperti misalnya tertarik dengan buku, baju, makanan, minuman, hingga benda-benda atau sesuatu yang ada di sekitar kita. Berbekal rasa tertarik ini, nantinya kita akan mudah untuk menentukan jenis usaha/bisnis yang akan kita bangun. Dan positifnya, menjalankan bisnisnya pun tidak terasa seperti beban, karena yang kita lakukan adalah sesuatu yang kita sukai!

Baca juga : Peluang Bisnis Ternak untuk Investasi Masa Depan

Tanamkan niat dan keinginan!

Setelah mengetahui minat atau ketertarikan kita, tips selanjutnya adalah dengan menanamkan niat atau keinginanmu menjadi dasar untuk memulai usaha/bisnis tersebut. Menanam niat dan keinginan tidak perlu muluk-muluk seperti “wah pengen beli rumah,” atau “wah pengen punya mobil sendiri,” tapi cukup dengan hal-hal simpel seperti “wah pengen beli album k-pop nih, tapi uangnya gak cukup,” atau “wah pengen beli barang ini nih, tapi belum dikirimin uang jajan,” sudah cukup untuk membawa kita pada niat dan keinginan yang besar untuk memulai usaha/bisnis.

Riset, riset, riset!

Nah, selain niat dan minat, tentunya sebelum memulai usaha kita harus perbanyak riset atau mencari tahu tentang usaha/bisnis yang ingin kita bangun. Riset ini tentunya tidak hanya berdasar pada produk yang akan kita jual, namun juga mencakup personal branding, marketing (bagaimana cara memasarkan produk; target market,dll) dan juga pelayanan (service). Riset yang dilakukan pun bisa sebatas scrolling internet, sosial media hingga menonton video Youtube. Gak sulit kan?

Bedah Konsep dan Persiapan

Ketika semua hal dasar sudah siap, tips selanjutnya adalah untuk membedah konsep dan melakukan persiapan yang matang untuk memulai bisnis/usaha. Kenapa perlu membedah konsep? Tentu saja sebagai pemula yang baru mau memulai bisnis, kita tidak ingin hal-hal seperti plagiasi menyangkut diri kita. Maka dari itu, sangat perlu sekali untuk membedah konsep terlebih dahulu, mencari hal yang menarik dari sesuatu yang kita jual. Perhatikan. Walaupun sama sama jual bakso, tapi rasa bakso ditempat A dan ditempat B bisa berbeda jauh! Hal ini tentu membuktikan bahwa keunikan dalam suatu usaha/bisnis itu sangat diperlukan bukan hanya untuk memberi sesuatu yang beda pada masyarakat, tapi juga untuk personal branding dan identitas usaha/bisnis kita. 

Setelah membedah konsep, tentunya persiapan yang matang juga diperlukan. Persiapan produk, finansial, hingga pengemasan harus benar-benar mendapatkan atensi yang sama sehingga nantinya tidak ada hal yang terlewat.

Jangan Takut untuk Eksekusi!

Biasanya, setelah semua persiapan dilakukan, banyak dari kita yang tiba-tiba menyerah dan putus asa karena merasa skeptis, takut dan cemas. Yang paling sering sih muncul pemikiran “Kalau nanti gak laku, gimana ya?” Padahal memulai saja belum, tapi sudah berpikiran kalau sesuatu yang kita jual tidak laku. Pemikiran seperti ini akhirnya membunuh semua usaha dan niat yang sudah disiapkan matang-matang, berhenti begitu saja. Nah, semoga kamu gak seperti itu ya! Pokoknya harus optimis apa yang kita lakukan akan berbuah manis, oke?

Buat kamu yang baru ingin memulai usaha, semoga tips-tips diatas bisa ngebantu kamu buat tetep gigih dan gak nyerah gitu aja ya! Semangat!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here