Waktu Baca: 4 menit

Pada masa pandemi ini, kita lebih sering menghabiskan waktu untuk menatap layar gawai. Maklum, kita memiliki kesibukan pekerjaan maupun sekolah. Karena itulah, mungkin kita lupa untuk memperhatikan kondisi wajah kita dan tidak menjaga kulit dengan baik. Apalagi, paparan sinar gawai berdampak buruk pada kondisi kulit kita. Tapi kok bisa ya layar gadget berdampak buruk bagi kita? Apa penyebabnya?

Jadi begini, layar gawai, laptop, dan berbagai macam gadget lainnya memancar kan blue light yang dapat menyebabkan terlihat kusam. Selain itu, blue light juga dapat membuat keriput pada area mata. Wah mungkin akan menjadi masalah besar ya bagi kita kita terutama kaum wanita. Skincare saja tak cukup loh tanpa adanya asupan nutrisi yang baik. Jangan khawatir, simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa makanan sehat untuk menjaga kulit kamu.

Alpukat
menjaga kulit
Courtesey by Sandid

Terdapat beragam kandungan nutrisi pada buah alpukat. Buah Alpukat memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, vitamin B6 yang berdampak baik bagi kesehatan kulit. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi collagen, mengurangi bitnik hitam, dan mencerahkan  wajah. Nah, selain dimakan secara langsung, alpukat juga dapat digunakan dalam bentuk masker wajah.

Cara membuat masker alami alpukat dengan mudah adalah dengan cara menghaluskan ¼ ataupun ½ buah alpukat, kemudian tambahkan satu sendok teh air dan madu. Lalu usapkan pada wajah dan diamkan selama tiga puluh menit sebelum kemudian kamu membilasnya.

Tomat
menjaga kulit
courtesey by Anelka

 

Selain ada alpukat, ternyata tomat juga mengandung akan antioksidan loh gengs. Tomat juga kaya akan Vitamin C dan Vitamin E. Tak hanya itu, tomat juga memiliki kandungan beta-karoten, fitonutrien ,karotenoid, seperti lutein, zeaxanthin, lycopene yang sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan nutrisi tersebut dapat mendorong produksi collagen, menghambat radikal bebas, menghidrasi kulit, dan yang pasti dapat mencerahkan kulit kamu .

Strawberry
menjaga kulit
courtesey by Pezibear

Siapa sih yang gak kenal buah ini? Selain memiliki rasa yang enak, buah merah ini mengandung antioksidan; polyphenols yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Lebih dari itu, stroberi mengandung banyak manfaat bagi kulit. Yang pertama adalah untuk kulit berjerawat, karena sifatnya yang kaya akan kandungan vitamin C maka buah ini dapat mengurangi peradangan karena jerawat. Selain itu, stroberi memiliki kandungan tinggi akan vitamin B, Vitamin C, serat, dan susunan fitokimia yang bisa membantu mencegah kerusakan kulit terlebih karena paparan radikal bebas. Lalu, bagaimana cara memanfaatkannya? Cara pertama yang paling mudah adalah dengan membuat jus stroberi, cara yang lain adalah membuat masker berbahan stroberi dengan cara mencampurkan madu atau yogurt.

 Teh dan Jeruk Nipis

courtesey by Adela Goenardi

Minum teh adalah salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia. Biasanya, terdapat sisa atau ampas teh yang tertinggal setelah kita minum kan? Supaya tidak sia-sia, ampas teh ini dapat kita manfaatkan untuk kecantikan wajah, lho. Nggak percaya? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Marwiyah & Dewayanti (2014), dikatakan bahwa teh dan jeruk nipis dapat digunakan wanita untuk mencerahkan kulit wajah. Mereka melakukan penelitian pada beberapa wanita selama beberapa minggu, pada minggu ke-6 penggunaan teh dan jeruk ini tampak bahwa kulit wajah subyek penelitiannya menjadi lebih cerah 1-2 tingkat dari minggu sebelumnya. Masih dalam penelitian yang sama, dikatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam teh dapat mencegah penuaan dini.

Bagaimana caranya? Mudah banget, yang pertama kamu bikin maskernya dulu. Kamu hanya perlu menggunakan air sisa teh yang telah kamu rendam semalaman, kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis.

Nah, bagaimana cara mengaplikasikan ke wajah? Mudah juga kok, begini, kamu basuh wajah dulu sampai bersih, lalu oleskan masker teh dan jeruk tadi, tunggu beberaoa menit saja. Kemudian bilas wajah dengan air bersih. Lakukan dengan porsi yang tepat yaa.

Ikan Salmon
menjaga kulit
courtesey : by Shutterbug75

Apakah kalian pernah mendengar perawatan wajah dengan menyuktikkan DNA Salmon ? Belum lama ini suntik DNA salmon menjadi viral karena khasiat nya yang dapat mencerahkan kulit kusam. Seperti penyanyi Krisdayanti yang harus mengeluarkan berpuluh-puluhan juta hanya untuk perawatan injeksi DNA ikan salmon ini. Salmon dikenal sebagai makanan yang sehat. Salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin D, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, ikan salmon juga bagus untuk kecantikan kulit. Astaxanthin merupakan jenis antioksidan yang terdapat pada salmon yang berguna untuk mendorong produksi collagen pada kulit. Ikan salmon memiliki banyak manfaat mulai dari mengencangkan kulit sampai melembapkan kulit . Kandungan pada salmon tersebut akan membuat kulit anda sehat dan terawat.

 

Nah, itu dia beberapa tips menjaga kulit sehatmu. Yuk, sayangi diri kita karena diri kita sendirilah aset terbesar dalam kehidupan kita.

Baca juga :
Adela Goenardi dan Seni Tehnya :Sebuah Cerita

Teras Menoreh, Sederhana Tapi Memorable

Kisah Antique Coffee, Guru Mendadak Barista

 

 

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini