Waktu Baca: 2 menit

Kita tahu bahwa semakin hari  kebutuhan manusia makin beragam. Misalnya sektor makanan, hasil olahan dari hewan ternak kini sudah menjamur dimana-mana (ayam, daging sapi, daging kambing, dll). Pasokan demi pasokan terus digencarkan. Namun karena kebutuhan manusia tidak terbatas maka pasokan tersebut tetap dirasa kurang. Nah, ini sebetulnya adalah suatu peluang bisnis.

Untuk itu saya bagikan tips peluang bisnis di bidang ternak untuk investasi masa depan.  Kita bisa mulai bisnis ternak sendiri. Setidaknya kita bisa membantu menstabilkan harga di pasar. Pasokan daging terpenuhi, kita pun bisa mendapat cuan. Apabila pasokan tidak terpenuhi akan mengakibatkan kelangkaan, akibatnya pasti harga akan melonjak naik tinggi. Gak mau kan beli diharga yang tinggi?

Peluang Bisnis Ternak

Nah bagaimana peluang bisnis ternak sekarang? Yah seperti yang dijelaskan di atas tadi sangat lah prospek untuk kedepannya. Hewan ternak tidak ini hanya hewan yang untuk dikonsumsi saja. Binatang untuk urusan hobby juga bisa diternakkan, misalnya seperti beternak burung atau ikan. Karena sudah ada pasarnya sendiri, jadi kamu tidak usah khawatir soal alur penjualan. Target yang kamu sasar adalah para penghobby burung berkicau atau ikan.

Baca juga : Peluang Bisnis Anak Muda di Era Pandemi

Para penghobby dengan rela dapat mengeluarkan kocek yang besar untuk memuaskan hobbynya. Jadi berapapun harga jualnya, asal kualitas sesuai dengan yang diharapkan, tetaplah dibayar. Sungguh menggiurkan bukan? Bisnis ternak memiliki banyak target pasar yang dapat dicapai. Namun demikian kita tetap harus hati-hati, agar jangan asal beli bibit hewan ternak begitu saja.

Kita juga perlu pikirkan soal kemampuan atau kapasitas kita untuk memeliharanya, jika kita memutuskan untuk membeli hewan. Jangan semata-mata membeli hewan ternak karena tergiur harga jualnya yang tinggi, tetapi juga pertimbangkan hewan yang memang betul-betul kita sukai. Merawat hewan yang kita sukai akan terasa lebih mudah ketimbang kita memulainya benar-benar dari nol.

Bagaimana Cara Memulainya?

Untuk memulai bisnis ternak tidak perlu langsung membeli hewan ternak yang banyak. Sedikit demi sedikit dulu sembari mengetahui proses dan karakteristik hewan ternak tersebut. Pantau terus pasar hewan ternak yang ada, tren apa yang sedang konsumen saat ini senangi. Nah itu dapat menjadi peluang bagi kita untuk masuk ke dunia bisnis peternakan. Mungkin saja dari peluang tersebut, kita dapat cuan untuk kedepannya.

Risiko Bisnis

Nah untuk risiko kegagalan itu pasti ada di dalam bisnis apapun. Untuk itu diperlukan mental yang kuat agar tidak strees saat jatuh di dalam kegagalan. Seorang wirausahawan harus bisa dan siap menghadapi kegagalan itu. Salah satu untuk mengurangi kegagalan dalam memulai bisnis peternakan adalah berguru kepada orang-orang yang ahli dalam bidang ternak tersebut (seperti orang yang ahli dalam bidang ternak ayam). Sembari bersilaturahmi, tanyakan mengenai apapun itu yang bersangkutan dalam bidang bisnis yang ingin geluti. Dengan minimal bermodal pengalaman orang expert tersebut, kita dapat jadikan hal itu sebagai patokan agar bisnis kamu lebih terarah.

Alasan Lain

Bisnis ternak juga dapat dijadikan bisnis sampingan bagi yang sudah bekerja. Hewan ternak bisa diurus sendiri atau bisa diuruskan orang lain seperti dititipkan. Walaupun dititipkan, kita juga dapat memantau perkembangannya setiap seminggu atau sebulan sekali. Hal ini sangat memudahkan bagi yang pekerjaannya sangat insentif.

Nah, itulah tips peluang bisnis di bidang ternak untuk investasi masa depan. Jadi, tunggu apalagi mulai bisnis dan lakukan sekarang juga atau akan diambil orang lain. Jika senang dengan artikel seperti ini, mimin bakalin bikin jenis ternak apa saja yang mudah bagi pemula di next artikel ya. Selamat berwirausaha guys.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini