Waktu Baca: 2 menit

Buat kamu yang udah bosen di rumah aja, tapi kalau keluar takut ketemu banyak orang atau malah kadang males karna destinasinya itu itu aja, nih saya punya solusinya! Sekarang ini, destinasi wisata gak muluk-muluk selalu berhubungan dengan wahana permainan ataupun tempat berbelanja seperti mall atau tempat oleh-oleh, namun juga bisa dalam bentuk public space atau tempat-tempat seperti pameran, salah satunya Sangkring Art Space yang anti main stream buat pacaran. 

Tentang Sangkring Art Space

Terbagi dalam beberapa bangunan, Sangkring Art Space terletak di Sanggahan, Ngestiharjo tepatnya di Jl. Nitiprayan no. 88. Sekilas memasuki bangunan Sangkring Art Space ini, suasana sejuk dan tentram langsung menghampiri. Berbeda dengan bangunan pameran pada umumnya yang cenderung megah, besar, dan menggunakan pendingin ruangan, Sangkring Art Space mengusung konsep minimalis dan sederhana sehingga bangunannya pun terlihat seperti bangunan rumah biasa. 

Dengan konsep global, Sangkring Art Space menjadi wadah dan representasi bagi karya seni universal yang tidak terbatas pada sekat geografis ataupun latar belakang senimannya. Seni yang ditampilkan pun tidak hanya seni lukis, tapi juga seni patung dan seni instalasi. Bangunan pertama yang saya masuki terletak di lantai kedua gedung. Bangunan ini berisikan karya seni instalasi yang banyak memanfaatkan benda-benda seperti paku bekas, lidi, hingga dinding biasa. Karena konsep bangunan yang sederhana, pada bangunan pertama tidak terdapat pendingin ruangan ataupun penyejuk udara agar para pengunjung bisa langsung merasakan atmosfer natural dan murni.

Serunya Bangunan Kedua

Memasuki bangunan kedua, atmosfer yang terbangun lebih sejuk dan intim. Semua itu tak lepas karena bangunan dengan bentuk bale. Bangunan ini bernama Bale Banjar dengan aksen tradisional dan warna merah untuk bagian depannya. Pada bangunan yang kedua ini, karya seni yang tampil adalah karya seni lukis dan seni patung. Di dalam bangunan yang kedua ini, terdapat beberapa ruangan lebar dengan beberapa sekat dinding yang memisahkan karya-karya seni tersebut. Pada bangunan kedua ini juga terdapat dua lantai, dimana kedua lantai tersebut sama-sama menyuguhkan karya seni lukis dan seni patung. 

Selama menikmati karya seni yang ada, pengunjung juga tidak lupa disuguhkan dengan makanan yang tersaji di warung-warung pinggiran. Menu yang disajikan pun berupa makanan ringan seperti gorengan dan mie instant hingga makanan berat seperti nasi dan lauk. Harganya pun bervariatif dan tidak terlalu mahal. 

Mau Kesana Gimana Nih? 

 

Untuk mencapai destinasi wisata ini, kamu tentunya harus melakukan persiapan untuk sampai ke lokasi. Bila anda berangkat dari daerah Jogja kota, sekitar Mrican, membutuhkan waktu sekitar 22 menit dengan jarak 6,9 km. Apabila kamu ingin melakukan perjalanan dengan motor, hal yang perlu kamu siapkan adalah tenaga dan fisik yang kuat. Kenapa? Karena selain panas dan cuaca yang terik, pertahanan fisik juga dibutuhkan karena jarak yang lumayan jauh dari kota. Selain itu, lokasi yang cenderung berada di dalam komplek perumahan, membuat kamu harus pandai-pandai membaca petunjuk agar tidak terlewat. 

Untuk menikmati Sangkring Art Space yang anti main stream, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000,00 untuk satu orang. Namun, selama PPKM ini, Sangkring Art Space menetapkan beberapa peraturan baru seperti pembatasan orang dan pemberlakuan kloter untuk menghindari kerumumunan. Untuk mendukung peraturan tersebut, para pengunjung harus melakukan registrasi terlebih dahulu melalui link yang tersedia di official instagram @sangkingart. Registrasi ini harus kamu lakukan satu hari sebelum kamu mengunjungi Sangkring Art Space. Nantinya kamu akan mendapat jadwal sesuai dengan kloter yang berlaku. Jadi gimana nih? Kapan kamu ke Sangkring Art Space?

Baca juga artikel kami terkait tempat wisata unik lainnya:
Review Prikphun Manaw : Rumah Makan Paling Thailand di Gading

Green House Boutique Hotel : Perpaduan Hotel Dengan Alam

Kebun Buah Mangunan Yang Instagramable

Mau Mencari Apa di Rest Area KM 260B

 

 

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini