Waktu Baca: 3 menit

Sebagai cowok out of the box, saya suka window shopping. Pokoknya kalau ada toko yang saya bisa datangi, bisa lihat dan pegang langsung barangnya tanpa tanya pramuniaga, itu jadi tempat favorit saya. Tidak terkecuali untuk toko bahan pangan. Supaya kamu nggak salah paham, toko yang saya maksud adalah yang menjual bahan baku pembuatan roti, minuman, maupun bahan tambahan untuk masakan dapur. Bentuk barangnya semisal coklat, sakarin, penyedap rasa, essens sirup, berbagai macam tepung, berbagai macam bahan minuman instan, dan aneka mentega. Kali ini saya akan bagikan tips anti tersesat di toko Intisari bakers Mart.

Kenapa butuh tips ini? Karena tidak semua orang paham apalagi tertarik dengan isi dalam toko tersebut. Jelas toko ini jadi surganya para pengusaha kuliner, tetapi tidak bagi orang awam. Nah, saya sudah cukup sering berkunjung ke toko Intisari. Ini toko sudah ada beberapa cabangnya di Jogja. Nah, berikut tips anti tersesat di toko Intisari Bakers Mart.

Tahu barang apa yang mau kamu cari

Buat kamu penggemar window shopping, ketika masuk toko kamu nggak harus beli. Mencari tidak berarti kemudian membeli, lho. Mungkin dengan melihat-lihat saja kamu sudah suka. Terlebih lagi ketika mencium aroma essens yang semerbak, mengundang selera makan. Tetapi kalo kamu hanya window shopping tanpa punya konsep barang yang mau kamu cari, percuma juga.

Kamu bisa menemukan mentega dengan beragam jenis dan merek. Beda jenis maka beda fungsi. Beda merek pun nanti akan beda rasa saat proses masak. Kamu juga bisa menemukan berbagai macam bahan perasa dan pewarna yang mungkin kamu baru tahu. Ada pula coklat (bukan coklat yang langsung bisa kamu makan lho ya) batang maupun coklat bubuk yang membuatmu berimajinasi tentang usaha buka warung minuman.

Pahami pola penataan barang berdasarkan kelompok fungsinya

Enaknya di Intisari, kamu bisa dengan mudah memahami pola etalase berdasarkan fungsinya. Ada etalase bahan minuman, pewarna dan perasa minuman, etalase mentega, etalase susu, sambal, tepung, pasta, dan sebagainya. Kalau pun kamu menemukan aitem barang yang baru kamu kenali, kamu bisa membayangkan fungsinya. Misal sebungkus Citric Acid, letaknya di deratan bahan perasa makanan dan minuman. Itu adalah asam sitrat atau asam sitrun, yang kalo sedikit saja kena lidahmu maka terasa sangat masam.

Jangan lupa Googling. 

Meski ada pramuniaga, tetapi kamu tetap perlu buka mesin pencari di browsermu untuk kroscek atas temuan barangmu. Tidak setiap pramuniaga benar-benar paham spesifikasi barang yang dijual. Semisal ada barang Rhum Essence cap Butterfly.  Kalo kamu pernah mencicipi kopi dengan aroma Rum seperti Soerum Series di Janji Jiwa, nah barang inilah salah satu resep rahasianya. Ada di toko bahan pangan. Soal takarannya, silakan bereksperimen sendiri, ya.

Baca juga : 5 Jenis Mie di Dapur yang Perlu Kamu Tahu

Cek Harga

Tidak semua barang dicantumkan harganya. Maka untuk memastikan, kamu bisa tanyakan pada pramuniaga. Bisa juga kamu cek melalui scan barcode yang tersedia di toko tersebut. Soal ukuran harga, tak bisa dikatakan mahal atau murah. Itu relatif, tergantung tujuan pembelianmu. Ada harga bahan pangan yang butuh biaya banyak karena memang kualitasnya baik. Kalo kamu mau bereksperimen, pilihlah bahan pangan dengan kemasan yang kecil-kecil saja, misalnya 100 gram atau 250 gram. Kalo kamu salah racik, tidak terlalu rugi lah.

Kembali lagi Window Shopping

Pengalaman saya ke toko Intisari, butuh lebih dari sekali untuk memastikan barang yang mau dibeli. Masalahnya, banyak sekali barang yang bikin penasaran untuk masak, tapi saya belum tahu beda hasil rasanya. Maka pada window shopping pertama biasanya saya tidak membeli apa-apa, hanya melihat-lihat saja. Barang-barang unik yang saya temukan lantas saya catat dan pelajari dengan googling. Kalo memang hati sudah mantap, besoknya saya kembali ke toko untuk segera memilih dan membayar. Kemantapan itu penting, karena kalo kamu salah beli, barang yang sudah dibuka tidak bisa dihibahkan pada orang lain. Maka jangan sampai sia-sia.

Nah itulah tips anti tersesat di toko Intisari Bakers Mart. Selamat berbelanja !

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here