Waktu Baca: 3 menit

20 tahun yang lalu Windows XP resmi dirilis untuk seluruh dunia. Dalam 20 tahun Windows XP, hebatnya masih ada yang menggunakan OS ini. Bahkan beberapa ATM di Indonesia masih menggunakan OS ini. Beragam cara Microsoft lakukan untuk ‘membunuh’ XP. Salah satunya dengan menghentikan layanan update. Eh dasar sial, tetap saja banyak yang menggunakan Windows XP. Memang kenapa Windows XP bisa bertahan selama itu? Apa yang bisa kita pelajari dari 20 tahun Windows XP?

Minimalis dan Mudah Digunakan
Kalau mau jujur, Windows XP adalah update segalanya dari pendahulunya. Sebelumnya, Windows ME mendapat label OS paling gagal karena banyaknya bug dan glitches. Microsoft jelas belajar banyak dari Windows ME. Ia membayar kesalahannya dengan meluncurkan Windows XP. Tampilan yang simple dan minimalis namun terasa anggun, tidak membutuhkan spek PC yang tinggi. Lalu, tentunya, fitur – fitur OS yang tidak bertele – tele membuat Windows XP ini mudah mendapat perhatian masyarakat dunia.
OS terlama

OS XP resmi berhenti mendapat update oleh Microsoft setelah 13 tahun lamanya pada tahun 2014. Hal tersebut yang membuat OS XP ini bertahan paling lama jika dibandingkan dengan OS lainnya.

Misalnya, Windows 7 yang termasuk populer hanya bertahan selama 11 tahun mulai dari 2009 sampai 2020. Dan Windows 10 ini dikabarkan akan bertahan selama 10 tahun mulai dari 2015 sampai 2025 via laman Microsoft support.

Satu yang pasti, windows XP adalah OS milik windows paling stabil yang pernah Microsoft rilis. Oleh sebab itu, bahkan sampai sekarang masih banyak orang menggunakan Windows XP. Saya sendiri sering sekali melihat toko fotokopian yang masih menggunakan windows XP. Faktor utamanya adalah karena jika kita membeli PC maupun laptop dengan spek yang rendah, maka Windows XP lah yang rasa rasanya paling kompatibel.

Urusan kita ke toko fotokopi kan paling untuk print, ngetik, dan meng-edit beberapa bagian file word misalnya, dan sampai sekarang masih banyak yang menggunakan Microsoft office 2007. Jadinya XP sampai sekarang masih menjadi pilihan bagi beberapa user di luar sana.

Revolusioner pada jamannya
Tahun 2004, Microsoft meluncurkan Windows XP pack 2. Dengan beberapa peningkatan dan yang terpenting, windows XP Pack 2 menambahkan fitur Windows Firewall. Di windows ini sangat sedikit malware dan virus yang bisa menyerang windows XP. Dengan catatan memakai windows yang original ya.
Dan juga di Windows XP ini pada massanya sangat mudah untuk support dengan game – game yang ada. Hal itu menyebabkan Windows sampai sekarang adalah OS yang paling kompatibel dengan game dibandingkan MacOS milik Apple maupun linux. Selain itu di Windows XP ini memiliki fitur yang memudahkan kita terhubung dengan internet. Dari Windows XP lah fitur ini menjadi penting untuk gadget – gadget lain dalam hal menghubungkan internet.

Kenangan Pribadi Dengan XP

Tahun 2008 saya ingat betul hampir semua PC warnet dan game online center di kota saya memakai Windows XP. Dari anak – anak sampai orang tua bisa memakai PC tanpa ada kendala yang berarti ketika menggunakan PC. Sangat user friendly namun memiliki fitur yang beragam dan mudah kita otak – atik sesuai yang kita mau. Jika kamu juga mengalami hal yang sama seperti saya pasti teringat ketika kita mau menggunakan pc di warnet pada awal pasti muncul wallpaper lumba – lumba.

Produk Windows Vista yang kemudian gagal juga menjadi salah satu faktor terbesar kenapa XP lebih banyak terpilih oleh banyak orang. OS Windows Vista yang berat, tidak stabil, dan perubahan yang terlalu ribet menyebabkan OS ini tidak laku. Walaupun sudah diperbaiki dengan peluncuran OS windows 7 namun banyak penggguna yang tetap nyaman dengan Windows XP. Saya rasa karena kegagalan terbesar pada Windows Vista yang membuat pengguna setia XP tidak mau lagi move on ke OS Windows selanjutnya. Dan juga jika ingin upgrade OS, maka otomatis kita harus meng-upgrade PC maupun laptop kita supaya lebih kompatibel dengan OS tersebut.

Seperti pengguna XP yang sampai sekarang menemukan cinta sejati mereka. Mereka tidak peduli tentang masalah yang ada. Walau ada yang lebih baik namun mereka tetap bertahan karena mereka menemukan kenyamanan tersendiri dengan menggunakan Windows XP. Seperti jika kamu menemukan pasangan hidup, kamu akan memahami kekurangan yang ada dan hanya dirimulah yang mengerti kelebihan pasanganmu yang orang lain tidak tahu (Halah!). Bahkan jika kamu tahu bahwa ada yang lebih baik, namun hatimu memilih untuk tidak berpaling dengan yang lain. Karena kamu sadar bahwa tidak ada yang bisa membuatmu paling bahagia, aman, dan nyaman kecuali pasangan sejatimu.

Baca juga :
Playstation 1 Sebuah Kenangan Tak Terlupakan

Jadi Pemimpin Pasar Bisa Berbahaya : Runtuhnya Dominasi Intel Oleh RMD

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini