Waktu Baca: 3 menit

Baru-baru ini penggemar Coldplay dan BTS Army (Bangtan Seonyodan) merasa terkejut dengan rilisnya lagu berjudul “My Universe”. Lagu ini memang spesial karena gak cuma asyk untuk kita dengarkan. Ya, ini monumental. Untuk kesekian kalinya, BTS digandeng musisi dunia. Kali ini Coldplay gandeng BTS untuk menciptakan karya yang menggoncang dunia musik (untuk kesekian kalinya).

Lagu Soal Apa Ini Nih?

Dari judulnya, “My Universe” menggambarkan perasaan senang, takjub, dan kagum pada seseorang. Universe atau yang berarti semesta sering lekat dengan eksistensi seseorang/suatu hal yang membuat orang-orang di sekitarnya merasa bersyukur. Universe juga seringkali muncul dalam hubungan percintaan atau suatu hubungan yang intim dan mengarah kepada person/subjek yang mereka rasa spesial sampai kita anggap sebagai “semesta” kita.

Inspirasi Lagu Ini

Chris Martin,  frontman Coldpay bercerita bahwa lagu My Universe ini terinspirasi dari kasus percintaan generasi muda yang rumit. Chris Martin mengaku bahwa dalam kasus percintaan cukup banyak yang merasa bahwa hubungan yang mereka bangun adalah hubungan yang sulit karena banyaknya perbedaan. Selain itu, “My Universe” juga bercerita tentang seseorang yang tidak bisa melanjutkan hubungannya karena terbatas pada stigma perbedaan seperti ras, warna kulit, agama, ataupun gender preferensi.

Kata BTS dan Coldplay Soal “My Universe”

Berbeda dengan Coldplay yang jago menggoyang perasaan kita dalam hubungan, BTS sering berbicara mengenai self-development dan tanggapan pada isu ‘sensitif’. Ketika mereka bertemu, lahirlah lagu yang tidak cuma asyk kita dengarkan namun juga memiliki makna yang dalem.

Lagunya sendiri memang dominan dengan musik khas Coldplay yang berbau pop. Nuansa mikrokosmos menjadi sajian utama lagu ini, yang membuat kita terhanyut. Saya berani menyebut proyek Coldplay gandeng BTS ini berhasil menghasilkan karya yang wajib banget masuk dalam playlist kamu semua.

Lewat lagu ini, BTS ingin bicara menghadirkan isu sensitif terkait stigma masyarakat terhadap LGBTQ+. Bersama Coldplay, lagu “My Universe” menggambarkan stigma masyarakat yang selalu berpandangan negatif/kurang baik terhadap LGBTQ+ terutama soal hubungan asmara mereka. Seringkali kita mendapati bahwa masyarakat masih sulit untuk menerima keberadaan hubungan sesama jenis (gay/lesbian) karena masyarakat menganggap hal ini menentang moral agama. Selain itu, isu sensitif seperti rasisme, perbedaan strata/kelas sosial juga masih menjadi suatu hal yang sangat tabu dan sensitif untuk masyarakat.

Kata Kata Inspiratif

Pada cuplikan liriknya, “And they said that we couldn’t be together // Because, because we come from different sides” secara implisit memperlihatkan stigma masyarakat (penggunaan kata they said) yang menganggap bahwa suatu hubungan tidak akan bisa berjalan apabila ada perbedaan yang signifikan. Konotasi “different sides” juga menjadi pilihan kata untuk memberi penggambaran sebuah benteng kokoh yang sulit untuk hancur yang mana hal ini mencakup perbedaan agama, ras, hingga gender preferensi (LGBTQ+).

 

Selain itu, pada refrainnya, Coldplay dan BTS menyelipkan kata-kata “And, I just want to put you first,” yang menunjukan bahwa hubungan percintaan adalah universal dan bebas. Kita tidak bisa memberi batasan/standar tertentu dengan dalih mendapat hubungan yang sukses.   Apapun dan bagaimanapun hubungan yang mereka hadapi, penting untuk pihak yang menjalin hubungan menempatkan pasangannya pada posisi/prioritas yang utama.

Pada chorusnya “We are made for each other, baby” seakan berkata bahwa hubungan yang sedang mereka adalah hubungan yang universal dan bebas. Semua orang berhak untuk satu dan lainnya tanpa merasa berbeda ataupun lebih rendah.

My Universe, bakal jadi apa nih?

Tentunya, My Universe mengemban harapan agar dapat menjadi media perantara untuk masyarakat melihat hubungan secara lebih netral. Coldplay dan BTS juga berharap bahwa nantinya, isu-isu sensitif seperti rasisme, perbedaan strata/klas, serta ketimpangan perlakuan bagi penyandang LGBTQ+ akan semakin berkurang. Menjalani hubungan tentunya mustahil jika tanpa perbedaan. Perbedaan pun bukannya lantas menjadi ajang untuk mengkotak-kotakkan. Hubungan yang menjadi komitmen pun menjadi hak dan kuasa penuh bagi kedua belah pihak yang menjalankan, bukan masyarakat yang menentukan. Jadi, kalian udah dengerin belum nih lagu barunya BTS x Coldplay? Kalau belum cepet meluncur ke platform terdekat karena bagus banget!

Baca juga :
BTS Army dan Aktivisme : Bukan Sekedar Fans K-Pop!

Kata ARMY Soal Butter Menjadi Lagu Final EURO 2020

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini