Waktu Baca: 3 menit

Buat pecinta Mcdonalds pasti kalian ga asing kan sama  paket makanan  yang satu ini ? Yap, Happy Meal. Mcdonalds ini pertama kali memperkenalkan Happy Meal di Amerika Serikat pada tahun 1979. Sedangkan Happy meal baru ada di Indonesia pada tahun 1991. Kenapa? ya karena Mcdonalds sendiri baru hadir pada tahun itu.

Paket makanan ini dipersembahkan McD untuk anak-anak. Namun , nggak hanya popular di kalangan anak anak saja lo , Happy meal ini juga menarik perhatian orang orang dewasa tentunya.. Kok bisa selaku itu ya?

Mainan yang menarik minat pembeli

Sebagai restoran fast food yang sangat terkenal, McD selalu memberikan penawaran yang menarik. Merchandize dalam bentuk mainan ini memberikan daya tarik tersendiri bagi restoran cepat saji tersebut. Tak jarang anak -anak merengek kepada orang tuanya untuk membeli Happy Meal hanya untuk mendapatkan mainan nya dan melupakan makananya, hayo siapa juga yang gitu? McD ini memasarkan koleksi mainan nya hanya dalam jumlah yang terbatas.

Keterbatasan ini membuat banyak orang niat untuk mengoleksi mainannya dan menjual kembali dengan harga yang mahal. Mereka  menjual jauh melebihi harga aslinya bahkan hingga berjuta-jutaan. Terdapat seorang pria di New York yang menghabiskan uang sekitar  Rp1,391 miliar, hanya untuk mengoleksi benda benda memorabilia salah satunya adalah serangkaian mainan Happy Meal McDonalds dari tahun 1980 ( Michael, 2017 ).

Mengapa Mainan Happy Meal Menarik?

Mainan Happy Meal ini selalu mengikuti perkembangan jaman atau dengan kata lain selalu mengikuti  trend. Belum lama ini McD merilis Happy Meal Space Jam, Spongebob, dan Minions . Sangat berbeda di era 90-an yang mengeluarkan mainan seperti Mario, Power Rangers, dan Inspector Gadget.

Pada tahun 2001 pun McD pernah merilis koleksi mainan Walt Disney yang sedang merayakan ulang tahun ke 100. Seiring berjalannya waktu ternyata McD pun memberikan pilihan juga terkait pembelian paket Happy Meal ini. Pembeli bisa memilih untuk mendapatkan sebuah buku ataupun mainan.

Anak-anak selalu tegiur dengan koleksi mainan Mcd ini. Happy Meal ini membawa pengaruh yang besar sekali untuk McD. Namun, jangan karena kamu hanya menginginkan mainan, kamu jadi menyiksa tubuh kamu dengan mengonsumsi makanan cepat saji terus menerus ya

Dapat menyebabkan obesitas

happy meal

Meskipun promo keluaran restaurant cepat saji ini terlihat cerah dan bersih, bukan berarti tidak memiliki efek samping. Memang, sejauh ini belum ada kasus yang menunjukkan bahwa seseorang mengalami sakit beberapa saat setelah makan promo semacam ini. Dampaknya biasanya akan terlihat setelah beberapa lama. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam setiap makanan yang disajikan kurang memenuhi standar nutrisi. Menurut riset yang dilakukan oleh Center for Science in the Public Interest pada tahun 2012 di Amerika, dari seluruh restaurant yang menawarkan menu untuk anak-anak hanya ditemukan 12% yang memenuhi standar nutrisi.

Bayangkan, seberapa banyak produk non standar yang terjual bagi anak-anak di sana?. Kemungkinan, para perusahaan lebih mengutamakan branding produk, ketimbang kandungan yang ada di produk tersebut. Nah, kalau kebanyakan makan makanan yang tidak memenuhi nutrisi ada akibatnya, yaitu pola makan anak-anak menjadi terpengaruh. Koplan (2005) menyatakan bahwa konsumsi makanan yang demikian berhubungan dengan rendahnya kalori dan memiliki resiko obesitas yang tinggi.

Jadi pada intinya, bagaimanapun wujud promo dan merchandize yang menarik, jangan sampai lupa memperhatikan kesehatan kamu juga ya. Bagaimana pun produk yang mereka jual pasti juga punya efek samping ya.

sumber gambar :
Megan Hassler

AP

Baca juga :
Insiden BTS Meal Salah Siapa? Bukan McD By the Way

Coca Cola Berbahaya? Ah Masa! Yuk Kita Cek!

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini