Waktu Baca: 2 menit

Tidur sudah menjadi kebutuhan yang sangat mendasar untuk semua orang. Jangan bandingkan dengan jerapah ya gengss yang hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk sekali tidurnya saja. Mungkin sebagian dari kita suka sekali dengan tidur sampai dilabelli tukang ngebo. Kaya aku gitu kalo nyium bau bantal langsung  tidur. Eitss, tapi ternyata nggak semua dari kita gitu looh. Apakah kamu pernah mengalami kesulitan tidur ? Bahkan sulit untuk mencoba  tidur nyenyak hingga berkelanjutan ? Nah, mungkin kamu sedang mengalami Insomnia. Tentu sangat menggangu aktivitas apabila kita mengalami insomnia . Karena kurang tidur akan menyebabkan kerja kognitif otak kita pun menjadi menurun sehingga pekerjaaan tak akan optimal. Nah, jangan khawatir, insomnia bisa disembuhkan. Yuk ikuti cara saya.

Apa itu Insomnia?

Insomnia merupakan keluhan tentang masalah yang sering terjadi, seperti kesulitan tidur, tidur tidak nyenyak, kesulitan menahan tidur, atau untuk tetap tidur, seringnya terbangun di pertengahan malam, dan seringnya terbangun lebih awal pada diri seseorang ( Rafknowledge , 2004 ). Kalau disimpulkan ya insomnia merupakan sebuah gangguan mengenai kualitas dan kuantitas tidur. Biasanya insomnia bergejala seperti sulit untuk tidur, suka terbangun saat tidur atau tidak pernah nyenyak, selalu merasa lelah ketika bangun tidur. Insomnia tidak sepele loh gengs. Kalian harus segera mengatasinya. Namun, sebelum mengatasinya akan lebih baik kamu mengerti penyebabnya.

Penyebab Insomnia

Insomnia seperti ini tak jarang terjadi pada kalangan remaja hingga orang dewasa. Insomnia sendiri pun bisa terjadi karena kondisi fisik yang sakit ataupun sangat lelah, dan bisa terjadi karena faktor psikologis, Seperti kecemasan, depresi, bahkan karena stress . Tapi ga hanya itu lo , ternyata stimulant seperti rokok dan alcohol dapat mengganggu siklus tidur juga. Biasanya Insomnia ini bisa kita atasi dengan mengkonsumsi obat racikan dokter. Nah, tapi insomnia juga bisa kita atasi dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Atasi dengan makanan yang cocok

Apabila kamu sering mengalami kesusahan tidur, alangkah lebih baiknya jika kamu menghindari makanan yang mengandung kadar gula sangat tinggi , kafein, dan juga alkohol. Ada baiknya jika kamu meminum susu hangat sebelum tidur. Kandungan dalam susu seperti zat melatonin , akan membuat kamu mudah tertidur dan tidur dengan nyenyak. Selain itu kamu bisa mencoba meminum  teh chamomile yang mengandung apigenin yang merupakan jenis antioksidan. Nah, apigenin ini berfungsi untuk mengikat reseptor tertentu pada bagian otak yang dapat meningkatkan rasa ngantuk. Dengan cara ini, insomnia bisa disembuhkan.

Berpikir positif

Pernah nggak sih kamu mengalami putus cinta lalu mengalami kesusahan tidur ? Biasanya sebelum tidur kita akan membayangkan hal hal yang kita senangi dan yang kita benci. Kita boleh saja nih untuk memikirkan hal-hal yang mungkin membuat kamu sebel. Tapi jangan begitu terlarut dalam suasana ya.

Jika kamu selalu terbawa dalam kegelisahan dan kesedihan, pasti kamu akan mengalami kesulitan untuk tidur. Coba lah untuk menghilangkan pikiran negatif sebelum tidur. Simpan dulu masalah-masalah mu dan hal hal yang membuat kamu sebal . Coba cari jalan keluarnya pada esok hari, setelah badan kamu segar bugar ya gengs.

Hindari penggunaan gawai sebelum tidur

Hayo siapa disini yang wajib sleep call sama doi ? Sleepcall mungkin dipercaya membuat tidur kamu lebih nyenyak ,katanya. Lalu bagaimana yang hanya kerjaan nya scroll scroll Instagram atau pun twitter sebelum tidu? Buat kamu yang sering mengalami kesulitan tidur, ada baiknya nih jika kamu mengurangi intensitas penggunaan smartphone sebelum tidur .

Blue light dari pancaran gadget kamu akan mengurangi hormone melatonin dalam tubuh, sehingga mengakibatkan kamu sulit mengantuk. Alhasil kamu akan menjadi semakin melek !

Begitu lah gengs, beberapa cara yang dapat kamu lakukan, agar kamu bisa mengatasi insomnia !

sumber gambar : Kinga Chicewicz

Baca juga :
Ingin Bahagia?Berbagi Tugas Harus Kamu Lakukan

Nama adalah doa, tapi tidak semua doa terkabul

 

 

1 KOMENTAR

  1. Good Job , setuju dgn artikelnya.
    Ibu tunggu tulisan2 yg lainnya.
    Sehat selalu.
    Doa ibu Guru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini