Waktu Baca: 2 menit

Apa yang terlintas pertama kali di otak mu saat  mendengar kasus mengenai kekerasan seksual? Menurut kamu apa yang dimaksud dengan kekerasan seksual? Kekerasan seksual sudah  tak asing lagi, terutama di negeri kita ini, Indonesia. Semakin marak jenis kekerasan seksual dari tahun ke tahun terlebih dalam masa pandemi covid ini.

Menurut World Health Organization (2002), Kekerasan seksual merupakan tindakan seksual, usaha untuk mendapatkan seks, komentar atau pendekatan seksual terhadap seseorang sebagai objek seksual secara paksa , hal hal tersebut dapat dilakukan oleh siapapun tidak mempedulikan hubungan dengan korban dan dapat terjadi di rumah maupun tempat kerja. Definisi kekerasan seksual memang beragam. Namun dapat kita simpulkan bahwa kekerasan seksual adalah tindakan seksual yang sifatnya dipaksakan atau dilakukan tanpa persetujuan. Kekerasan seksual dapat terjadi baik secara fisik maupun nonfisik. Kekerasan seksual ini dapat terjadi pada siapapun dan dimanapun, tak memandang gender, umur, bahkan status.

Yuk kenali berbagai jenis kekerasan seksual.

  1. Pelecehan seksual

Pelecehan seksual bisa didefinisikan sebagai tindakan atau perhatian yang bersifat seksual yang tidak dikehendaki dan menggangu diri korban. Pelecehan seksual dapat mencakup fisik maupun nonfisik. Perbuatan yang termasuk dalam pelecehan seksual antara lain, colekan atau sentuhan pada organ seksual, catcalling, pemaksaan kegiatan seksual, dan komentar seksual tentang tubuh.

  1. Pemerkosaan

Menurut Soetandyo Wignjosoebroto , pemerkosaan didefinisikan sebagai suatu usaha melampiaskan nafsu seksual oleh seorang lelaki terhadap seorang perempuan dengan cara yang melanggar hukum ataupun moral. Pemerkosaan ini merupakan salah satu bentuk kekerasan seksual yang sampai saat ini masih sering terjadi. Tak hanya terjadi pada wanita dewasa ataupun remaja, pelaku pemerkosaan juga menyerang anak kecil.

  1. Eksploitasi seksual

Berbeda dengan pemerkosaan dan pelecehan seksual, eksploitasi seksual mencakup tindakan berbentuk pemanfaatan organ tubuh seksual atau organ tubuh lain dari korban untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan Komnas Perempuan menyatakan bahwa eksploitasi seksual adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan atau penyalahgunaan kepercayaan dengan tujuan untuk mendapatkan kepuasan seksual maupun untuk memperoleh keuntungan berupa uang, atau bentuk keuntungan lainnya.

  1. Perbudakan seksual

Perbudakan seksual merupakan tindakan kekerasan seksual yang bisa berupa eksploitasi seksual, pemaksaan aborsi, pemaksaan perkawinan, atau pemaksaan pelacuran yang dilakukan kepada orang lain yang bertujuan  menempatkan orang lain tersebut untuk melayani kebutuhan seksualnya dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana dampak kekerasan seksual  ?

Kamu tau gak ? kekerasan seksual ini  memberikan dampak yang tak sepele lo gengs bagi korban maupun pelaku. Dampak kekerasan seksual ini bisa berdampak pada fisik maupun keadaan psikis. Kekerasan seksual bisa menimbulkan dampak fisik seperti terkena penyakit menular seksual, misalnya adalah HIV dan herpes. Sedangkan dampak psikis dari kekerasan seksual antara lain, gangguan kecemasan, gangguan mental, trauma, depresi maupun stres. Lebih dari itu , kekerasan seksual juga menimbulkan dampak sosial pada pelaku seperti dikucilkan oleh masyarakat. Gimana? Mengerikan bukan?

Cara menghindari kekerasan seksual.

Kekerasan seksual ini memang lebih kerap terjadi pada kaum hawa. Mengapa? Karena stigma masyarakat yang menganggap bahwa kaum hawa lemah. Eits tapi tunggu dulu, tapi bukan berarti kekerasan seksual hanya terjadi pada kaum hawa ya. Menurut data dari infografik milik katadata.co.id sebanyak 11% pria pernah mengalami pelecehan seksual yang mana pelecehan seksual merupakan salah satu bentuk dari kekerasan seksual. Tentu kita harus mengerti caranya menghindar dari kekerasan seksual bukan? Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindarinya antara lain, bersikap berani, tidak langsung percaya pada orang lain, bersikap waspada. Selain itu, kamu bisa mengedukasi orang orang sekitar bahwa pentingnya menghindari kekerasan sosial.

Gimana udah mulai mengerti kan? Apa yang dimaksud kekerasan seksual, bentuk dari kekerasan seksual serta bagaimana mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual. Katakan stop pada kekerasan seksual!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini