Waktu Baca: 3 menit

Jika kamu mau berlibur ke Kopeng maupun Salatiga, maka kamu wajib untuk berkunjung di Kampung Bunga Kopeng. Jika kamu adalah orang yang suka tanaman hias semacam bunga, kolektor bunga, atau juga kamu adalah pedagang bunga, atau kamu tertarik untuk memulai usaha berjualan bunga, tidak ada salahnya kamu mengunjungi taman bunga ini. Sebuah taman bunga yang terletak di wisata kopeng ini pasti akan membuatmu harimu berbunga – bunga. Di Kampung Bunga ini terdapat berbagi macam jenis tanaman bunga. Dan juga, harga yang ditawarkan disini tidaklah mahal.

Lokasi

Lokasi di Kampung Bunga Kopeng ini termasuk mudah untuk didatangi. Jika kamu datang dari arah Semarang, kamu tinggal pergi ke arah patokan Umbul Songo dan jika kamu datang dari arah Jogja, patokanmu adalah setelah Alfamart Kopeng lurus sedikit mentok pertigaan, lalu kamu langsung belok kanan ke arah patokan Umbul Songo. Jika kamu sedikit kesulitan kamu dapat bertanya dengan orang – orang setempat, atau kamu juga bisa menggunakan Google Map. Jika kamu mau menggunakan Google Map, kamu cukup ketik sentra tanaman hias kopeng, maka kamu bisa langsung ke sana.

Suasana Kampung Bunga Kopeng
Suasana Kampung Bunga Kopeng

Hampir semua warga berjualan bunga

Ya, bisa dikatakan bahwa di sini, sebagian besar warga berprofesi sebagai petangi bunga. Dari yang muda sampai tua di sini berjualan. Entah itu di depan rumahnya sendiri atau di tempat jualannya sendiri. Beberapa pemuda-pemudi juga sering membawa bunga-bunga mereka dari kebun terus dijual di pekarangan bunga mereka maupun di depan rumah. Pedagang yang berjualan pun bukan hanya di pinggir jalan, kamu bisa mencari-cari bunga di rumah-rumah warga sekitar yang ada. Jika mau kamu, juga bisa membeli bunga – bunga tersebut langsung ke kebun mereka. Namun yang sudah siap dijual di rumah mereka sudah komplet dan sangat bagus sih.

Koleksi bunga di Kampung Bunga Kopeng
Koleksi bunga di Kampung Bunga Kopeng

Bunga – bunga yang sangat mempesona

Yang sedikit unik di sini adalah penamaan bunga di sini. Jika nama – nama latin bunga di sini yang panjang dan rumit, mereka biasanya menamainya dengan nama–nama yang relate dengan kehidupan mereka. Semisal, nama kaktus klepon karena kaktus tersebut yang mirip dengan makanan tradisional klepon. Untuk jenis – jenis tanaman di sini saya sendiri tidak bisa menjelaskan secara rinci karena sangat banyak dan bermacam – macam bunga ada di sini. Mulai dari Sukulen, Kaktus, Monstera, Lampion, Bigunia, Pipirunia, Janda bolong (yang sempet viral), dan masih banyak lagi.

Tanaman hias yang sedang hits di kala pandemi
Tanaman hias yang sedang hits di kala pandemi

Harganya sangat miring

Untuk harga sendiri di sini tidak ada patokan pasti ya. Namun yang pasti di tempat ini pasti murah meriah. Saking murahnya, rasanya jadi pingin borong semua. Di sini ada yang namanya harga tamu dan pedagang. jadi jika kamu seorang pedagang bunga atau mau memulai usaha bunga, pastikan kamu meminta harga pedagang. Karena harga pedagang pasti lebih murah daripada harga tamu. Tapi ya tentu saja, kamu belinya juga tidak boleh satu biji bunga dengan bilang harga pedagang. Itu namanya njarak (ngawur) haha…

Si Kaktus Klepon Nan Mungil
Si Kaktus Klepon Nan Mungil

Keramahan dan kebaikan yang benar – benar Jawa

Mungkin ini sedikit oot ya, tapi kita pasti akan sangat senang jika mau membeli sesuatu dan penjual tersebut bersikap sangat baik dengan kita. Saya berkenalan dengan dua pedangang di Kampung Bunga ini. Mereka bernama mas Daryono dan mas Handika. Mereka pedagang bunga yang sangat ramah, sopan dan memiliki pengetahuan yang luas atas dunia per-bunga-an. Terasa sangat menyenangkan di sini kamu tidak hanya bisa membeli bunga. Kamu bisa menambah seduluran di Kopeng ini.

Jika kamu mau ke berwisata ke Kopeng, jangan lupa kamu wajib untuk berkunjung ke Kampung Bunga Kopeng ini. Saya sarankan kamu untuk ke Kopeng ini di weekdays. Karena di Kopeng ini pengunjungnya tidak terlalu padat dan kamu bisa lebih leluasa kemana pun kamu berkunjung. Dan jangan lupa kamu berkunjung juga ke tempat bunga mas Daryono atau ke mas Handika ya hehe…… dan juga titip salam saya kepada mereka haha……

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini