Waktu Baca: 2 menit

Akhir-akhir ini sering banget orang-orang muda keliatan sembar-sembur asap yang lebih tebal dan lebih banyak daripada asap rokok pada umumnya. Kalau ada yang nggak tahu apa itu, ya, itu berasal dari rokok elektrik yang mereka pakai, alias vape.  Ada banyak yang memperdebatkan, apakah rokok elektrik  lebih bahaya daripada rokok kretek? Beberapa ngomong kalau rokok elektrik tetap bahaya karena dia itu tetap rokok. Tapi beberapa yang lain ngomong lebih aman daripada rokok konvensional. Nah lho, gimana tuh? Coba kita pelajari bareng-bareng.

Bedanya Rokok Kretek dan Vape

Cara pakai rokok kretek harus membakar bagian depan rokok yang berisi tembakau dan dihisap lewat filter di bagian belakang rokok. Sedikit beda tapi sebenarnya nggak jauh, vape menggunakan pembakaran cairan vape atau lebih akrab di telinga para pengguna vape dengan sebutan liquid. Metodenya memang agak ribet. Orang yang mau ngevape harus menunangkan cairannya dahulu ke kapas yang nanti akan diuapkan dengan panas dari mesin vape melalui aliran listrik yang tersimpan di baterai vape.

Baca juga : Berhenti Merokok Butuh Komitmen Bersama

Bahan Dalam Rokok Kretek dan Liquid Vape

Kalau ngomongin bahan-bahan apa yang ada di rokok kretek sama di liquid vape, di sini udah beda banget. Pastinya sudah nggak ada yang asing sama apa aja yang ada di dalam rokok kretek kan? Di dunia perkretekan, rokok terdiri dari dua bahan yang familier di telinga kita. Ada tembakau dan cengkeh serta beberapa bahan lainnya yang pastinya termasuk senyawa nikotin di dalamnya.

Kalau liquid vape gimana? Liquid vape seperti rokok kretek, ada dua bahan utamanya. Vegetable Glycerin dan Propylene Glycol serta bahan-bahan yang nemenin mereka berdua seperti perasa alami/kimia yang nanti bakalan menciptakan rasa-rasa di liquidnya serta yang pasti nikotin yang tersedia berbagai pilihannya seperti 3, 6, 9, hingga 30 mg.

Sekilas Tentang Vegetable Glycerin dan Propylene Glycol

Vegetable Glycerin (kalau di wadah liquid ditulis dengan VG) dan Propylene Glycol (kalau di wadah liquid ditulis dengan PG) biasanya dipakai di industri farmasi serta industri yang memproduksi makanan. Tentu saja karena sudah biasa dipakai di industri makanan dua bahan utama dari liquid vape ini sudah mendapatkan persetujuan food grade!

“Asap” Rokok Kretek dan Vape

Hasil dari rokok kretek dan rokok elektrik pun beda. Hasil pembakaran rokok kretek berbentuk asap dan mengandung beberapa zat berbahaya; salah satunya tar. Sementara hasil penguapan rokok elektrik juga menghasilkan seperti asap yang kalau kita lihat biasanya lebih banyak. Tapi ngomong-ngomong soal asap, rokok elektrik ternyata nggak bisa kita sebut “asap” tapi lebih tepatnya vape menghasilkan aerosol alias uap air. Aerosol tidak mengandung tar yang berbahaya seperti asap rokok.

Bahayakah Vaping Ini?

Lalu apakah vaping lebih sehat daripada merokok? Ya mungkin anggapannya seperti itu, sih. Secara teoritis, setidaknya untuk hari ini, vaping jauh lebih bersahabat dengan kesehatan kita terlepas dari banyak orang yang masih sering menyamakan bahayanya.

Usut punya usut, aerosol dari vape untuk sementara ini lebih aman lho daripada asap rokok kretek. Tapi ya, tetap sebaiknya tidak ngevape di dekat anak-anak. Meskipun lebih aman daripada asap rokok, mereka berdua ini tetep aja mengandung nikotin yang nggak bagus buat anak-anak.

Tapi, vape yang berasal dari bahan-bahan yang sudah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) tetap saja menyimpan sebuah konsekuensi buruk. Salah satunya adalah bronkitis, meskipun potensinya tidak sebesar rokok kretek pada umumnya.

Faktanya, biasanya vaping  menjadi jembatan buat para pecandu rokok kretek untuk secara pelan-pelan menghentikan kebiasaan merokoknya. Dan ternyata sebagian besar juga merasa lebih sehat dan lebih nyaman ketika memilih vape dan berhenti mengkonsumsi rokok kretek dan berhasil menurunkan jumlah konsumsi harian rokok kretek. Bahkan ada yang akhirnya berhenti merokok kretek.

Terus bagaimana di lingkungan kalian?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini