Waktu Baca: 2 menit

pernah dulu ketika selesai kegiatan kuliah dan nongkrong di kantin sembari berbincang – bincang dengan teman – temanku, tiba – tiba mereka sampai ke topik soal burger. Temanku ada yang nyeletuk “Tahu nggak kalo hamburger itu dulunya dari daging hamster lo, ham itu singkatan dari hamster”. Terus dia juga membahas hal – hal yang nggak jauh beda dari itu, kan pecah ya (hahaha….). Aku dan teman – temanku yaaa hanya terdiam saja.  Entah mereka mereka tidak tahu atau mereka sebenarnya tahu namun diam saja. Aku sendiri tidak tega buat membantah dan mempermalukan temanku cuman persoalaan burger. Namun sejarah burger itu kayak apa sebenarnya? Mari mari bung kita bahas dan luruskan masalah ini. Halah!

Dari Kota Hamburg

Memang ada beberapa versi asal – usul terciptanya hamburger, namun salah satu yang paling populer adalah hamburger berasal dari kota Hamburg. Jadi sebelum populer di Hamburg sendiri, bangsa Tartar di Asia Tengah sudah memiliki makanan khas daging cincang yang di campuri dengan perasan jeruk dan dimakan mentah – mentah. Lalu makanan tersebut sampailah ke daratan Eropa, Hamburg juga salah satunya. Karena orang – orang Hamburg menganggap mereka masyarakat yang lebih beradap dan tidak mau makan mentah – mentah, daging yang dicincang itu mereka olah kembali oleh mereka dengan cara dibakar dan digoreng.

Dimodifikasi kembali di Amerika

Para pendatang dari Hamburg yang datang Amerika tentu menjual makanan hamburger tersebut. namun bentuknya masih seperti steak dan disantap dengan roti. Oleh karena itu, di Amerika, makanan ini disebut Hamburg Steak. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan andalan di Delmonico Restaurant di New York. Jadi olahan daging yang kita kenal kita sekarang yang bernama hamburger itu awalnya Bernama Hamburg Steak. Hamburg sendiri mengacu kepada kota yang ada di negara Jerman.

Hamburger yang seperti sekarang

 

Ada beberapa versi bagaimana daging burger ini kok tersaji dalam dua tangkup roti yang kita kenal sebagai bun. Namun, salah satu cerita yang terkenal adalah ketika Charles dan Frank Menches bersaudara tersohor sebagai penemu makanan ini. Mereka dari negara bagian Ohio dan mereka banyak mendapat klaim sebagai pengembang burger yang hampir sama seperti sekarang. Sebagai informasi, Charles dan Frank Menches bersaudara adalah pedagang streetfood sandwich yang sering berdagang di pinggir jalan.

Suatu hari, mereka kehabisan sosis. Pada saat itu, sandwich tidak lazim memiliki isian daging cincang, biasanya ya isinya ya sosis. Karena dari itu, mereka mengakalinya dengan daging sapi cincang untuk mereka isikan ke sandwich mereka.  Ada versi lain yaitu penjual makanan di Texas, Wisconsin, Oklahoma, dan Connecticut juga mengklaim diri mereka sebagai penemu daging cincang dengan roti sebagai eksperimen dari barang jualan mereka.

Menjadi fenomena

Sejarah Burger terus berlanjut, pada tahun 1921, toko makanan White Castle pertama kali melakukan openning di Wichita, Kansas sebagai warung yang menjual hamburger. Kalau kalian ingat, White Castle sempat menjadi bagian dari dunia film ketika muncul di film Harold and Kumar. Kemudian, McDonald’s pada tahun 1948, ikut bersaing yang ternyata menjadi viral dan terkenal dengan hamburgernya. Hingga saat ini, hamburger menjadi salah satu fastfood terpopuler di dunia. McDonald’s Big Mac menjadi fastfood item terpopuler nomor dua di dunia sesudah McDonald’s French Fries menurut eatthis.com

Itulah sejarah burger yang dari makanan khas bangsa Tartar sampai meledaknya burger berkat McDonald’s. Di berbagai negara, olahan daging hamburger bukan dari sapi saja. Cumi – cumi, ayam, ikan, babi, bahkan udang dan lobster juga pernah mengalami eksperimen untuk menjadi patty burger. Namun perlu saya ingatkan ya, daging hamster tidak pernah menjadi olahan daging hamburger lo ya (cuaaaks..)

Baca juga :
BBQ di Rumah Coba Bong Obong!

Sate Sapi Suruh Salatiga : Rasanya Seindah Kota Salatiga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini