Waktu Baca: 3 menit

Mau sampai kapan nih nungguin pandemi covid kelar ? Ada baiknya kita makin rajin jaga imunitas tubuh. Menjaga sistem imunitas tubuh itu sangat penting saat ini, ketika imunitas tubuh kita menurun, virus akan sangat mudah masuk ke tubuh kita. Sistem imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan melakukan berbagai cara ,salah satu nya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui 5 macam makanan yang dapat tingkatkan imunitas tubuh kita :

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah rempah yang kaya akan antioksidan seperti gingerols, shogaols, dan zingerones yang baik untuk dikonsumsi. Jahe juga mengandung bermacam senyawa aktif seperti antiinflamasi yang ampuh untuk menghambat radikal bebas sehinga akan meningkatkan sistem imunitas tubuh kita. Dalam penelitian yang dilakukan Nurlita dan Setyabudi (2018) juga disampaikan bahwa ekstrak jahe dapat memperbanyak sel pembuluh alami natural killer dan menghancurkan dinding sel virus yang telah menginfeksi inangnya, dalam tubuh manusia. Selain itu, Jahe juga mengandung vitamin C dan magnesium. Maka dari itu Jahe bisa menjadi alternatif suplemen vitamin.

  1. Kacang Almond

Almond memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satunya kaya akan mineral dan protein yang dapat memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak. Lebih dari itu, Almond mengandung  vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3 yang akan meningkatkan imunitas tubuh. Almond juga dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan antioksidan. Selain itu almond juga mengandung biotin, mangan,tembaga, serat, fosfor, selenium, besi, riboflavin, kalium, triptofan, magnesium, vitamin D, dan kalsium.

Baca Juga : Aroma Italia, Surganya Penggemar Kuliner Italia di Jogja

  1. Jeruk

Siapa sih yang nggak kenal buah satu ini ? Buah ini terkenal kebaikan nya dalam meningkatkan imunitas tubuh seorang  karena kandungan vitamin C nya yang banyak.  Terlebih itu jeruk juga mengandung banyak antioksidan yang baik bagi tubuh. Variasi jeruk yang banyak pun membuat buah yang satu ini gampang didapatkan. Seperti jeruk nipis, lemon, limau , dan purut. Si mungil ini ternyata mampu tingkatkan imunitas tubuh ya Bund?

  1. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini pasti tak jarang ditemui kan gengs? Apalagi hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih untuk memasak. Nah, ternyata bawang putih memiliki banyak kandungan yang baik loh untuk tubuh seseorang, termasuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Menurut Mc Anwyll (2000), allicin pada bawang putih mempunyai daya antibiotik yang kuat. Selain allicin, vitamin B1, vitamin C , posfor, dan kalsium juga terdapat pada bawang putih.

  1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai obat tradisional yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit ini memiliki kandungan Kurkumin yang sering sekali dipakai untuk bahan kandungan suplemen atau obat. Kandungan senyawa pada kunyit dapat berperan sebagai antimikroba, antiinflamasi, dan antiseptik. Lebih dari meningkatkan imunitas, kunyit bermanfaat sebagai bumbu, pengawet makanan, pewarna alami, dan kosmetik.

  1. Susu

Susu merupakan salah satu asupan yang memiliki banyak kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Susu terkenal kaya akan protein dan juga kalsium nya yang sangat tinggi. Bersama dengan kandungan lainnya seperti, vitamin A, vitamin D, vitamin B, dan zinc , susu akan meningkatkan dan mendukung sistem imunitas tubuh seorang dengan baik.

  1. Bayam

Siapa nih pecinta sayuran ? Sayur bayam memiliki kandungan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga system imunitas tubuh. Lebih dari itu , bayam mengandung kandungan lain seperti zat besi, vitamin K, beta-karoten yang tinggi. Selain baik untuk menjaga imunitas tubuh, ternyata bayam ini juga baik lo untuk merawat kesehatan kulit, dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga : Siomay Jogja Enak, Siomay Shinchan Dong!

Gimana ? udah tau kan beberapa macam makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Tapi tidak hanya dari asupan yaa teman. Olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup juga penting sekali dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Yuk mulai dibiasakan menyantap makanan yang mampu tingkatkan imunitas tubuh. Salam sehat !

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini