Waktu Baca: 3 menit

Jujur nih selama pandemi ini pasti pengen belanja sesuatu, apalagi baju, jadi mikir dua kali gak sih? Siapa yang gitu juga? Karena selain bingung mau memakai baju kemana (karena mostly dirumah aja selama pandemi), bingung juga karena uang tabungan yang makin hari makin menipis. haha! Tapi tenang aja, Saya bakal membagi tips-tips gimana caranya tetep stylish walaupun gak beli baju baru? Emang bisa? Gimana caranya? Cuss, ke artikelnya!

Wanita dan Shopping = Unity!

Pasti udah banyak banget yang ngangguk-angguk waktu baca sub judul diatas! Hayo, ngaku aja 🙂 Kalau bicara soal belanja, tentu kata wanita gak bisa terlupakan. Hobi belanja, mulai dari belanja online, sampai belanja kebutuhan bulanan sudah merupakan kebiasaan para wanita. Namun, tidak bisa kita pungkiri bahwa belanja fashion mulai dari baju-sepatu merupakan satu hal khusus yang menjadi ciri khas dari kegilaan wanita dalam belanja. Bahkan, sampai ada tagline “Punya baju banyak, tapi tiap mau pergi rasanya kaya gak punya baju,” yang kalau dipikir-pikir lucu juga ya. Perspektif perempuan bahwa baju yang sudah sekali dipakai berarti tidak punya baju lagi menjadi salah satu penyebab kita seringkali lapar mata dan gak berhenti belanja!

Sebenarnya, bukan masalah kalau tiap satu kali pakai lalu beli lagi, namun kalau bisa kita akalin dengan cara yang lebih hemat, kenapa enggak? Selain bisa save budget kalian, tips ini juga ramah lingkungan karena gak bikin pakaian kalian itu jadi limbah fashion! Apa sih tipsnya?

 

Tips 1: Mix and Match!

 

Nah, tips yang pertama adalah mix and match atau padu padankan baju-baju yang kamu punya! Memang sih style dan preferensi orang untuk fashion berbeda-beda, tapi dengan mix and match ini kamu bisa dapetin look baru yang bikin #OOTD kamu terlihat seperti pakai baju baru. Caranya gimana sih?

Categorize your wardrobe

Pertama, pahami dan lihat terlebih dahulu koleksi pakaian yang kamu punya (wardrobe). Hal ini bisa dimulai dengan memilah dan mengkategorikan koleksi pakaian yang kamu miliki berdasarkan fungsinya. Misalnya, untuk jenis pakaian basic kamu bisa mengelompokkan jenis pakaian seperti t-shirt, turtleneck, knitwears, tops, hingga blouse. Kemudian untuk jenis pakaian outer kamu bisa kelompokkan jenis pakaian seperti cardigans, jackets, blazers, hingga coats. Kemudian lanjut untuk jenis pakaian bottoms kamu bisa mulai dari celana jeans, shortpants, trousers (celana bahan), hingga sweatpants. Dengan memilah jenis pakaian sesuai kategorinya, ini akan memudahkan kamu dalam proses mix and match!

Look for inspirations!

Setelah mengelompokkan pakaian kedalam kategori-kategori tersebut, hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah mencari inspirasi. Inspirasi ini bisa kamu dapat dari berbagai sumber, mulai dari Instagram, Youtube, hingga Pinterest. Dengan mencari inspirasi, nantinya kamu akan lebih mudah untuk upgrade style mix and match kamu.

It’s time to mix and match!

Nah, setelah cari inspirasi, sekarang saatnya untuk mix and match pakaian kamu berdasarkan look yang ingin kamu re-create. Kamu bisa mulai dengan simple/casual look, lalu beralih ke formal look, lalu mulai berkreasi dengan jenis look yang baru seperti look untuk ocassion atau acara tertentu seperti dinner, date, family gathering, hingga kondangan.

Misalnya saja kamu ingin menghadiri acara formal tapi tidak mau terkesan overdressed atau terlalu kaku, kamu bisa memadukan t-shirt sebagai inner, lalu loose jeans untuk/trousers untuk bawahan, dan tambahkan sedikit aksen formal dengan menambahkan blazer/trench coat. Lalu untuk kesan yang lebih casual kamu bisa menambahkan sepatu loafers yang akan memberikan aksen formal tapi tidak kaku.

Thrifting!

Tips yang kedua, selain mix and match, kamu juga bisa nge-thrift atau thrifting! Walaupun koleksi pakaian yang kamu punya bisa masuk kategori cukup lengkap, namun kadang masih ada beberapa aksen atau details yang mau gak mau memaksa kamu untuk beli pakaian baru. Nah, daripada membeli di mall yang harganya juga menguras kocek, kamu bisa mengganti hal ini dengan thrifting. Dengan harga yang cenderung lebih murah, thrifting juga lebih ramah lingkungan karena menerapkan sistem re-use. Barang thrift merupakan barang preloved ataupun barang eks-impor yang sudah out of season, dan bisa kamu dapatkan dengan harga murah. Gak perlu khawatir karena thrifting sudah menjadi budaya baru di Indonesia dan tidak sulit untuk ditemukan. Pilihannya pun beragam, dan cenderung unik. Kamu cukup menyesuaikan sesuai kebutuhan kamu!

Nah, kira-kira itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk upgrade your style secare effortless! Gak perlu beli baju baru, gak perlu habisin uang tabungan kamu, tapi kamu bisa tetep tampil stylish dan kece! Jadi, kapan kamu mulai mix and match? 🙂

Baca juga:
Thrift Shop Korean Style? Gingerline Jawabannya

Hit and Run Waktu Shopping? Baca Ini Dulu deh!

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini