Waktu Baca: 3 menit

Jogja ini selain menyandang predikat kota pelajar, kayaknya cocok juga untuk disebut sebagai kota coffee shop. Soalnya coffee shop-nya memang sudah menjamur di setiap sudut tempat di Jogja. Mulai dari coffee shop tradisional sampai modern ada semua di Jogja ini. Dari yang konsepnya industrialis sampai ke tema alam pun ada lengkap di Jogja. Di daerah kota, tepatnya di utara Tugu Jogja, ada salah satu coffee shop dengan konsep menarik di Jalan A. M. Sangaji. Sekilas kalau kita lihat dari luar, mungkin kita membayangkan coffee shop ini seperti coffee shop lainnya, coffee shop kecil dengan gaya cafe modern. Apalagi bagian depannya lebih sering ketutupan dengan mobil-mobil pengunjung, makin enggak kelihatan seperti apa bagian dalamnya. Tapi siapa sangka, coffee shop yang kelihatan kecil diluar ini ternyata di dalamnya punya hidden garden (kebon rahasialah bahasa indonesianya)? Namanya coffee shop TUGU LOR.

Yup, kali ini kita mampir ke sebuah coffee shop TUGU LOR di Jalan A.M. Sangaji, persis di samping Hotel Tentrem sisi selatan (buat yang nggak tau arah mata angin, selatan tuh yang dari arah Tugu ya). Coffee shop ini menawarkan konsep yang menarik yaitu ngopi sambil duduk santai dengan tema outdoor ala kebun. Teras kebun ini memang enggak terlihat dari bagian depan karena kita harus turun tangga dulu ke dalam cafe. Secara teknis, cafe ini sebetulnya ada di bagian bawah dari jalan utama. Bagian depan cafe yang dilihat dari luar itu ternyata adalah lantai atas dari cafe ini. Biasanya kita nemuin cafe dengan nuansa alam di sekitaran Jalan Kaliurang atas, Bantul, atau daerah utara ringroad lainnya. Tapi TUGU LOR menyajikan konsep nongkrong di alam di tengah kota Jogja. Inilah yang membuat konsep hidden garden dari TUGU LOR unik.

Ngopi dengan sensasi hidden garden
Ngopi dengan sensasi hidden garden

Ketika masuk dan menuruni tangga, kita langsung bisa ngeliat seluruh penjuru cafe. Banyak pohon rindang dan spot yang cakep untuk jadi lokasi selfie atau foto OOTD (outfit of the day). Di sini kita bisa menikmati menu kopi, teh, non kopi, serta makanan di tengah kebun rindang. Penataan meja dan kursinya pun dibuat berjarak, ngasih kesan lapang dan enggak terlalu padat walaupun di sini memang selalu ramai dengan pengunjung. Ada berbagai menu kopi di TUGU LOR, mulai dari kopi arabica 100%, kopi tradisional, kopi manual brew, dan enggak ketinggalan menu signature mereka. Salah satu yang saya cobain waktu berkunjung disini adalah menu “Java on The Rocks”, kopi berbentuk es batu yang disajikan dengan susu dan gula cair. Ide dan penampilan yang kreatif untuk menyajikan kopi dengan cara yang berbeda.

Menu andalan di coffee shop Tugu Lor
Menu andalan di coffee shop Tugu Lor

Selain menu kopi, disini juga ada berbagai pilihan menu teh, non kopi, refreshing drinks (soda based drinks). Menu makanannya pun enggak kalah beragam dan keliatan menggiurkan. Ada nasi goreng Tugu Kulon, Japanese Curry, Chicken Mozza Katsu, nasi jeruk ayam popcorn, pasta, dan cemilan lainnya. Untuk harga makanannya mulai dari 10 ribuan sampai 35 ribuan. Kaalau buat menu kopi harganya mulai dari 18 ribuan sampai 40 ribuan.

Kalau penasaran dengan menu signature dan menu makanan lainnya dari TUGU LOR, temen-temen bisa langsung mampir ke cafenya. Mereka buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 10 malam. Tempatnya pun cocok untuk yang mau sekedar nongki cantik-ganteng, dateng bareng pacar (pacarnya sendiri ya, bukan pacar temennya), santai sendirian, atau bahkan makan dan kumpul bareng keluarga. Gimana tertarik mencoba sobat Pelesir?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini