Waktu Baca: 3 menit

Mendung menggelayut sepanjang hari. Mirip judul lagu Mendung Tanpo Udan. Bisa saja hujan, bisa jadi tidak. Di tengah ketidakpastian, dahaga pun melanda. Ingin rasanya tenggorokan dibasahi dengan es yang bisa meredam dahaga. Berhubung saya sedang berada di area sekitaran Kota Jogja, saya putuskan untuk menjajal es buah Pak Lantip Gerjen yang kondang itu.

Tak membutuhkan waktu lama, saya sudah sampai di es buah tersebut. Letaknya sangat strategis sekali sih. Dekat dengan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kalau dari arah Pasar Ngasem ya tinggal ke utara menuju ke jalan Nyai Ahmad Dahlan. Hanya berjarak beberapa puluh meter saja dari perempatan. Nanti akan ada gerobak es yang sudah siap menyambutmu. Kalau masih bingung, bisa langsung klik di sini, es buah Pak Lantip Gerjen Keraton

Lokasi Es Buah Pak Lantip Gerjen Jogja
Lokasi Es Buah Pak Lantip Jogja

Sudah hampir 36 tahun lamanya es buah ini menjadi penawar dahaga di tengah Kota Jogja. Pantas saja jika sudah menjadi legenda kuliner yang tak terpisahkan dari Jogja. Walaupun sudah berganti generasi yang mengelolanya, es ini tetap memiliki cita rasa yang sama. Itulah yang membuat es ini wajib dikunjungi dan selalu ramai. Biasanya es buah Pak Lantip Gerjen akan mulai menjajakan dagangannya pukul 10.00 hingga sore sekitar pukul 16.00, bergantung apakah sudah habis atau belum. Uniknya, es buah tiada hari libur. Berdasarkan penjelasan sang penjual, mereka akan libur kalau di rumahnya sana (desa) sedang ada acara. Selama tidak ada ya gas terus pokoknya.

Es Buah Pak Lantip Gerjen yang Bikin Kangen. Uhuukkk…

Lalu apa sih yang bikin es buah ini jadi ngangeni? Iya ngangeni kayak kamu…Sini-sini tak kasih tau, es buah Pak Lantip Gerjen ini punya keistimewaan dalam meracik es buahnya. Dalam semangkuk es buah, kalian akan menemukan buah-buahan seperti nangka, melon, alpukat, dan sawo. Setelah itu ditambahi dengan kolang kaling, potongan cincau hitam (biasa juga disebut janggelan), tape singkong, dan tentunya serutan kelapa muda. Setelah itu, es yang digosrok akan menjadi topping paling atas. Sebelumnya nantinya disiram air gula dan sirup.

Penampilan Es Buah Pak Lantip Gerjen
Penampilan Es Buah Pak Lantip

Biasanya sang penjual akan bertanya, mau diberi gula apa? Gula jawa atau gula pasir. Boleh juga kok kalau mau keduanya dicampur. Air gulanya dan sirup home made, jadi tidak perlu khawatir terbuat dari pemanis buatan. Setelah tuntas diberikan siraman sirup dan air gula. Terakhir, es buah akan mendapatkan guyuran susu kental manis. Dijamin tumpah-tumpah deh. Sudah kebayang to betapa segarnya es buah yang bakal kalian nikmati? Perpaduan semuanya itu membuat es buah ini terasa menyegarkan. Tekstur buahnya krenyes-krenyes bercampur dengan rasa tape singkong yang asam manis. Kolang kaling dan cincau hitam menghadirkan sensasi tekstur yang klop saat dikunyah. Rasa manisnya juga tidak terlalu kuat. Pas pokoknya!

Kalau mau menikmati segarnya es buah Pak Lantip Gerjen, kalian cukup membayar 10.000 rupiah saja. Es buah ini bisa juga dibawa pulang kok tenang saja. Tetapi saran saya lebih baik dinikmati langsung di sana saja. Karena tempat duduk yang digunakan untuk meminum esnya bisa buat foto-foto OOTD gitu. Soalnya vintage gitu deh. Jalanannya juga sepi walau di tengah kota. Jadi pas banget kalau mau menikmati Jogja dengan sensasi berbeda. Ya lumayanlah bisa menyegarkan pikiran hati dan pikiran setelah mendapati bahwa UMP (Upah Minimum Provinsi) 2022 Jogja segitu-gitu saja. Setidaknya es buah Pak Lantip Gerjen bisa menjadi temanmu di kala gundah gulana…(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini