Waktu Baca: 3 menit

Football manager adalah game simulasi yang ada di PC dan konsol di mana kamu bisa menjadi manajer dan pelatih di tim sepak bola. Mirip – mirip dengan yang ada di game smartphone Top Eleven Be a Soccer Manager, yang terkenal dengan cover pelatih Jose Mourinho. Namun tentu lebih detail dan lebih realistis. Sebenarnya di Football Manager juga tersedia di iOS dan Android, tapi saya hanya fokus yang ada di PC dan konsol. Selain karena ada beberapa perbedaan dari segi mekanik gameplay-nya, saya pribadi belum pernah memainkan game ini di telepon pintar hahahahaha…

Harus pintar mengatur tim yang kamu punyai!

Memang secara grafik Football Manager bukanlah yang terbaik, namun dari segi pengalaman bermainmu sebagai pelatih. Kamu harus pintar – pintar untuk me-manage tim mu. Mulai dari jumpa pers, pertemuan dengan para petinggi tim yang kamu pilih, pertemuan dengan para staf, jadwal latihan, jadwal pertandingan persahabatan, dan lain – lain. Namun jika kamu tidak ingin terlalu ambil pusing, kamu bisa “melempar” tanggung jawabmu dengan asisten pelatih. Seperti me-manage jadwal pertandingan persahabatan. Namun tidak semua bisa kamu serahkan ke asisten pelatih ya. Seperti pertemuan dengan para petinggi dan staf.

Di satu sisi hal tersebut sangat kompleks, namun level kompleksitas tersebut yang membuat game ini sangat seru. Karena menjadi manager dan pelatih tidak semudah itu. Minimal kamu akan menemukan dan merasakan menjadi pelatih. Seperti contoh kasus, terkadang saat kamu sedang menangani tim, ada pemain yang “ngambek” karena intensitas latihan yang berat atau tidak cocok. Terkadang ada juga yang “ngambek“ karena jarang dimainkan. Nah hal tersebut yang membuat kamu harus memutar otak untuk bisa menyelesaikan masalah – masalah tersebut.

Ngomongin Soal Staf Nih

Staf yang ada di tim bukan hanya staf pelatih saja. Ada staf pelatih, staf rekrut pemain, dan staf medis. Staf pelatih pun juga bermacam – macam, ada pelatih umum, pelatih keeper dan fisik. Staff rekrut pemain pun juga ada yang pemandu bakat, recruitment analyst, Technical Director, dan lain- lain. Kamu sendiri juga bisa memboyong staff dari klub manapun dan yang sedang nganggur. Jangan lupa, bahwa setiap staf pelatih memiliki filosofi dan personality yang berbeda.

Strategi di Football Manager

Strategi di football manager menurut saya sudah cukup detail. Mulai dari segi sistem sampai peran setiap individu. Di awal game, kamu bisa memilih strategi yang cukup terkenal di sepak bola. Contoh, seperti Tiki – Taka, Gegenpressing, Football Possessions, sampai Park the Bus. Jika kamu tidak puas, kamu sendiri juga bisa mengatur strategimu sendiri. Namun kamu sebagai pelatih tidak bisa asal mengatur strategi sesukamu. Karena strategimu juga harus bergantung dengan filosofi klub sepak bola yang kamu pilih. Misal seperti Arsenal, Barcelona, Liverpool yang menuntut filosofi sepak bola menyerang dan menghibur. Atau Ajax yang menuntut filosofi bermain dengan pemain muda.

Transfer pemain

Salah satu yang menurut saya paling menarik dan menyenangkan dari Football Manager adalah transfer pemain. Kamu harus jeli dan pintar untuk bisa menemukan pemain yang tepat dan kamu butuhkan. Ada yang pemain yang niat (termasuk saya), menyusuri setiap benua, setiap klub, setiap negara untuk mencari wonderkid dengan harga yang murah. yang lebih menarik lagi adalah jika kamu memilih tim di liga Inggris. Kamu tidak bisa asal nyomot pemain karena aturan terbaru dimana pemain di luar Eropa harus lolos izin kerja. Jika tidak, kamu masih bisa memboyong pemain tersebut, namun kamu tidak bisa mendaftarkannya di semua liga.

 

Gameplay pertandingan

Tentu saja yang di paling utama dari semua hal di atas adalah saat pertandingan. Saat pertandingan, kamu bisa menganalisa peforma pemain secara mental dan statistik. Kamu bisa melihat pemainmu sedang bersemangat, tenang, grogi, atau sedang marah. Saat sebelum memulai pertandingan, jeda pertandingan pertama, dan seletah pertandingan kamu bisa melakukan komunikasi dengan pemain di ruang ganti. Tugasmu memotivasi para pemain agar menjadi bersemangat. Disaat pertandingan terkadang ada staf pelatih yang memberimu saran untuk mengubah sistem permainan agar lebih baik. Tentu keputusanmu untuk menerima atau menolak.

Tentu hal ini belum bisa menggambarkan Football Manager secara keseluruhan. Ada banyak fitur-fitur lain yang belum bisa saya jabarkan. Karena kamu harus bermain untuk bisa merasakan serunya menjadi manager dan pelatih. Dan juga saat kamu kalah terus, kamu bakal merasakan tekanan yang di rasakan oleh pelatih kesayangan kita semua, Ole hahaha………

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini