Waktu Baca: 3 menit

Siapa disini yang setuju kalau makan sambil nonton itu sensasi yang luar biasa? Pasti banyak deh dari kalian yang angkat tangan! Nah, kenapa sih harus ada tontonan yang pas buat temenin makan? Percaya gak percaya, hal ini ada kaitannya sama kondisi psikologis seseorang loh. Kira-kira apa sih yang menyebabkan hal ini terjadi? Yuk, cari tahu dibawah!

 Makan Harus Sambil Nonton, Kamu Juga Gitu Gak?

Kebiasaan makan sambil nonton sudah bukan sesuatu yang baru untuk masyarakat pada umumnya. Dari jaman orang tua kita dahulu, sepertinya menikmati sepiring makanan kurang lengkap apabila dinikmati tanpa menonton. Tontonannya pun beragam, mulai dari berita, acara olahraga, entertainment, hingga tontonan favorit. Selain membuat suasana semakin cozy, tontonan yang pas juga dapat membangkitkan nafsu makan. Karena suasana di sekitar pun sangat mempengaruhi psikis kita saat menikmati satu makanan tertentu. Bahkan, tidak jarang dari kita pun gak segan-segan untuk menghabiskan waktu mencari tontonan yang pas saat ingin menyantap makanan.

Tren makan sambil nonton ini juga mulai menjamur lagi saat pandemi menyerang beberapa negara di dunia. Terlihat dari mulai banyak bermunculan penggiat Youtube (youtuber) yang melakukan mukbang. Mukbang diambil dari bahasa Korea yang berarti makan sembari melakukan siaran. Dengan adanya tayangan mukbang ini, banyak sekali masyarakat yang merasa bahwa jika makan sembari menonton mukbang, maka akan menambah nafsu makan.

Sebenarnya, hal ini tidak salah. Tapi kembali lagi, karena berkaitan dengan psikis masing-masing pribadi, maka tentunya tiap orang punya preferensi yang berbeda-beda. Seperti misalnya saja, waktu kita kecil, kita lebih suka menonton kartun untuk menemani kita menghabiskan makanan. Hal ini juga nantinya akan berubah seiring perkembangan pribadi seseorang.

 

Makan Sambil Nonton, Tanda Bahwa Kamu Kesepian: Emang Benar?

 

Selain meningkatkan nafsu makan, banyak yang berkata bahwa makan sambil nonton merupakan reaksi dari psikis kita yang merasa kesepian. Memang benar ya? Kalau kita lihat lebih lanjut, orang-orang yang menonton sambil menyantap makanannya memang cenderung berada pada satu kondisi dimana dirinya sedang sendirian. Hal ini tentu saja menjadi pemicu bagi seseorang untuk tetap melakukan interaksi, walaupun dia sedang sendirian. Jarang sekali kita temui, sekelompok orang atau dua orang yang berada di satu tempat akan memilih untuk nonton sambil makan. Kalaupun iya, pastinya tontonan yang mereka pilih pun akan kalah cepat dengan interaksi yang mereka lakukan, seperti misalnya ngobrol atau diskusi.

 

Pada kasus lain, seringkali orang yang menonton sambil menikmati makanan sebenarnya merasa ingin ada yang menemani. Perasaan ingin punya teman sambil menyantap makanan ini yang kemudian mendorong kita untuk menonton tayangan yang kita suka. Misalnya saja, dengan menonton tayangan kuliner seperti mencoba kuliner pinggir jalan, maka subjek yang kita tonton tentunya juga akan melakukan hal yang sama yaitu makan. Nah, itu kenapa ada perasaan fullness yang akan dirasakan oleh para penonton tayangan karena perasaan ingin ada temannya ini akhirnya terpenuhi.

 

Makan Sambil Nonton: Bukan Kebiasaan yang Baik?

 

Meskipun bisa meningkatkan nafsu makan, namun ternyata makan sambil nonton merupakan salah satu kebiasaan buruk lho kalo gak hati hati! Kok bisa gitu? Berdasar dari beberapa sumber, makan sambil nonton bisa mengakibatkan obesitas. Karena fokus kita yang sudah pasti terbagi dua, dan porsinya lebih banyak ke visual yang kita tonton, maka nantinya kita akan mengesampingkan porsi makan kita.

Bahkan, gak jarang juga ada beberapa tipe penonton yang menyesuaikan tontonan dengan porsi makannya. Misalnya saja, dia tidak akan berhenti makan sebelum tayangan yang mereka tonton itu selesai. Tentu, hal ini akan berakibat buruk karena porsi makan kita menjadi tidak terkontrol. Hal ini pun yang dapat memicu obesitas atau berat berlebih. Selain itu, pemilihan makanan juga kadang menjadi konsentrasi beberapa ahli mengenai dampak buruk makan sambil nonton.

Wah, ternyata selain bisa meningkatkan nafsu makan, makan sambil nonton juga bisa berakibat buruk untuk tubuh kita lho! Satu-satunya solusi yang bisa kita realisasikan adalah dengan “jangan terlalu” pada tiap aktivitas yang kita lakukan, termasuk dua hal ini, makan dan nonton. Kira-kira kalian setuju gak kelian?

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini