Waktu Baca: 2 menit

Untuk kaum muda jaman sekarang, stres pasti sudah jadi teman akrab sehari-hari. Mulai dari banyak tugas menumpuk, cucian belum kering karena hujan terus, nilai jelek, angka di rekening menipis, dan sampe ketinggalan diskon barang idaman bisa jadi pemicu stress. Kalau sedang stress, biasanya ada banyak cara untuk mengatasi stres, bisa dengan refreshing, istirahat, dan makan. Lho, kok makan? Yups, ada lho makanan pengusir stres! Yuk disimak.

Makanan memang punya banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk memenuhi kebutuhan energi dan kebutuhan biologis untuk fungsi tubuh, makanan juga punya manfaat untuk psikologis kita. Contohnya, ada makanan yang bisa membantu kita untuk lebih rileks, tenang, atau juga membantu untuk lebih fokus dan konsentrasi.Tak lupa juga makanan pengusir stres.

Beberapa kandungan zat gizi pada makanan dapat membantu mengontrol hormon dalam tubuh (seperti serotonin dan dopamine) hingga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Selain itu, makanan yang  mengandung antioksidan dan anti peradangan dapat membantu tubuh memperbaiki kerusakan pada sel akibat stress. Makanan seperti ini cocok banget buat orang-orang yang sering mengalami stress. Kira-kira makanan pengusir stres apa saja ya yang cocok buat ngatasin permasalahanmu? Yuk mari kita simak

Coklat hitam

Coklat memang terkenal sebagai makanan yang bisa meningkatkan mood. Ini juga yang menjadikan coklat identik dengan perempuan, karena perempuan sering nggak mood atau mood swing. Coklat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi stress adalah jenis coklat hitam. Jenis coklat ini mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak kandungan bubuk kokoa. Walaupun rasanya cenderung pahit, tapi jenis coklat ini lebih oke untuk dibuat nyemil karena kandungan gula dan bahan tambahan lainnya yang lebih sedikit ketimbang jenis coklat lainnya. Berbagai penelitian menunjukkan coklat hitam dapat menurunkan kortisol urin (indikator tingkat stres fisiologis) dan penurunan tingkat stres psikologis.

Nanas, Jeruk, dan sumber makanan vitamin C

Vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Perannya sebagai antioksidan menjadi salah satu cara untuk melindungi sistem imun dalam tubuh dan menurunkan kadar kortisol. Dalam sebuah penelitian terhadap orang dengan tekanan darah tinggi, kadar kortisol yang tinggi (hormon stres) kembali normal lebih cepat ketika orang mengonsumsi vitamin C. Sumber vitamin C alami dapat ditemukan pada jeruk dan nanas. Kalau kita sudah makan atau minum makanan sumber vitamin C, kita tidak perlu untuk minum suplemen vitamin C. Dengan makan makan 2-3 porsi buah sumber vitamin C, kita sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Mengkonsumsi vitamin C dari makan langsung dan sumber alami akan lebih baik daripada suplemen.

Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan serat dan asam folat. Asam folat menjadi salah zat gizi yang meningkatkan produksi dopamin. Dopamin berfungsi untuk meningkatkan perasaan bahagia dan membuat diri lebih tenang. Serat yang terkandung dalam sayuran termasuk serat larut air sehingga tidak bisa dicerna oleh tubuh. Jenis serat ini membantu untuk membawa molekul lemak dan racun. Sayuran hijau juga mengandung klorofil dan lutein yang penting untuk kesehatan mata.

Salmon, ikan laut, dan makanan sumber omega 3

Lemak omega 3 dan omega 6 adalah asam lemak esensial. Artinya jenis lemak ini hanya didapatkan dari sumber makanan dan tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Lemak omega 3 bertindak sebagai agen anti-inflamasi. Selain itu, omega 3 juga membantu perkembangan sel otak, kesehatan jantung dan kesehatan pembuluh darah. Sumber lemak omega 3 bisa kita temukan di ikan air dingin (misalnya, salmon, cod, dan tuna), minyak biji rami, dan kenari.

Jangan lupa untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dan seimbang untuk mengurangi kadar stress. Tetap makan dengan kandungan zat gizi yang seimbang, melakukan aktivitas fisik, dan beristirahat yang cukup.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini