Waktu Baca: 2 menit

Passion adalah penderitaan dalam hidup

Follow your passion yang artinya adalah ikuti passion kamu. Kata – kata tersebut pasti sudah sering di dengar oleh banyak orang, khususnya kaum milenial. Arti passion sendiri di dalam Bahasa Indonesia adalah gairah. Passion juga biasa diartikan sebagai kecenderungan atau keinginan seseorang dalam melakukan sesuatu yang disukai. Dengan kata lain, juga bisa diartikan dengan hobi. Dengan melakukan sesuatu yang disukai maka semakin lama akan semakin ahli dan akhirnya berbakat dalam melakukan hal tersebut. Apa benar bahwa passion itu hobi? Atau bahkan passion itu bakat dari lahir?

Arti passion sendiri

Dikutip di Mirriam Webster artinya adalah strong desire atau keinginan yang kuat. Namun ada arti lain ternyata bahwa passion adalah suffering atau menderita. Jadi bisa diartikan bahwa passion adalah bukan cari kesenangannya, namun kamu harus mau menderita dalam mencapai keinginanmu. Keinginan yang kuat di mana kamu mau bertanggung jawab pada dirimu sendiri bahwa mencapai sesuatu memerlukan penderitaan. Jika kamu tidak percaya, saya bertanya, apakah di dunia ini ada orang yang tidak pernah gagal sekali pun dalam hidupnya?

Jika gagal maka?

Ada kalimat yang mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Saya tidak menyalahkan kalimat tersebut namun saya rasa kalimat tersebut terkesan semu. Kegagalan adalah keberhasilan yang tidak terjadi. Akui saja, terus renungkan apa yang membuat gagal, cari masalahnya dan handle masalah tersebut. Tidak ada di dunia ini sekali coba langsung berhasil. Membutuhkan proses dalam hidup supaya berkembang.

Steve Harvey yang seorang salah satu host acara tv paling terkenal di Amerika berkata ”kegagalanku lebih banyak daripada kesuksesanku. Gagal adalah bagian dari proses. Kamu harus mengalahkan rasa takutmu dalam kegagalan.” Dengan kata lain, kegagalanmu yang mengasah mentalmu semakin menjadi kuat. Passionlah modalmu untuk menguatkan tekadmu untuk selalu berusaha. Jika kamu sudah tidak takut dan malu dalam kegagalan maka itulah passionmu. Dan kamu akan merasakan arti nikmatnya keberhasilan jika kamu tahu arti dari kegagalan.

Tidak ada yang berhasil sekali coba

Apakah kamu tahu bahwa Elon Mask dalam pernah dianggap gagal dalam presentasi dia saat memperkenalkan cybertruck. Banyak media dan pengamat yang mengolok – olok Elon Musk. Tapi, Elon Musk menganggap santai hal tersebut dan dijadikan feedback untuk dia supaya lebih baik lagi. Akhirnya, Tesla pada tahun 2020 menjadi produsen mobil dengan nilai valuasi tertinggi di dunia.

Passion dia dalam mengerjakan sesuatu, cara berpikir dan cara pandang yang dianggap nyeleneh namun luar biasa, membawa dirinya menjadi pria terkaya di dunia. Ada satu hal lagi, ada pepatah di jepang mengatakan “seorang master samurai gagalnya 100 kali lebih banyak dibanding pemula yang mencoba”.

Jadi passion bukanlah hobi, namun perasaan kuat dan kesadaran diri bahwa akan menderita. Menderita itu pasti, namun penderitaanlah yang membuat kita menjadi lebih kuat, bahkan terkadang lebih dekat dengan Maha Kuasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini