Waktu Baca: 2 menit

Dalam suatu episode di podcastnya, Raditya Dika membuat pengakuan mengejutkan. Ia menyebut bahwa ia akhirnya di titik dimana ia sudah tidak pusing mencari uang. Ya, Raditya Dika pensiun dini, meski tidak dalam arti yang harafiah. Ia tetap bekerja, tentu saja, tapi tidak ngoyo. Terlepas dia ini seorang penulis buku/sutradara/ komika/ aktor dan sebagainya yang berprestasi, tetap saja apa yang ia capai luar biasa. Nah, gak heran banyak yang ingin mengikuti jejaknya.

Lalu bagaimana kiat Raditya Dika survive?

Fokus pada penghasilan bukan gaji

Gaji berbeda dengan penghasilan. Jangan memasalahkan besar kecilnya gaji, tapi kamu bisa perbanyak penghasilan dari pekerjaan yang lain. “ Dari pada kamu mikirin gimana naikkin gaji, mending kamu mikirin gimana caranya naikkin penghasilan.” Ujar Radit. Misalnya, pekerjaan kamu adalah seorang penulis. Kamu masih bisa nih naikkin penghasilan kamu dari memilih berbagai pekerjaan lain. Seperti bisnis online shop, bisa menjual makanan, pakaian, atau bahkan jadi content creator. Yang terpenting, pekerjaan dibuat santai aja, jangan dibikin beban.

Pendapatan harus lebih besar daripada pengeluaran

Nah, yang ini point terpenting nggak sih ? Kalau pengeluaran sama kaya pendapatan, lah gimana mau nabung atau mau investasi dong? Biasanya pengeluaran akan meningkat tanpa kita disadari. Untuk menghindarinya ya harus bisa mengelola uang dengan rapi, bahkan saat menerima penghasilan sendiri pertama kali. Kalau kamu masih merasa belum cukup atau pendapatan kamu sangat pas pas an, kamu bisa mencari penghasilan tambahan. Jangan jadi orang penghasilan pas pas an, tapi gaya hidup tinggi ya gengss. Apalagi sampai terlilit banyak utang. Jangan deh !

Belajar investasi

Motivasi Radit untuk berinvestasi berawal dari kekhawatiran saat masa depan. Pikiran bahwa seniman memiliki masa depan yang tak pasti sangat mendorong Radit untuk berusaha keras. Salah satunya adalah melakukan investasi dengan reksa dana saham. Radit menjelaskan bahwa yang pertama harus dilakukan adalah menentukan tujuan, kemudian ketahuilah cara dan menghitung uang yang dibutuhkan agar bisa pensiun, dan memiliki financial freedom di usia muda.

Kenapa sih harus investasi? Nah, melalui investasi ini uang yang kita tabung akan mengalami penggulungan atau biasa disebut dengan compound interest. Uang kamu akan terus naik setiap tahunnya. Dalam berinvestasi, Radit menggunakan Teknik Dollar Cost Averaging (DCA) yang bisa dilakukan setiap bulannya. Jadi cocok untuk pemula karena tidak memberikan beban.

 

Kamu harus memilih instrument investasi yang tepat agar maksimal nantinya. Nah, sebelum berinvestasi yang terpenting adalah menyisihkan dana yang akan dialokasikan ya !

Uang naik, Lifestyle jangan naik!

Gaya hidup mewah mewah an , biar dipandang kaya sama orang lain.

Hayo siapa yang gitu? Kebanyakan nih dari orang-orang kalau penghasilan nya naik, gaya hidup nya juga bakal naik. Kenapa? Karena mereka akan menuruti gengsi. Memberi barang mewah ? Tentu boleh dong. Yang salah adalah ketika kamu membeli barang-barang mewah hanya untuk memamerkan kepada orang lain. Beli lah barang mewah untuk kebahagiaan kamu sendiri ya gengs.

Pilihlah pasangan yang sepemikiran

Pasangan menjadi peran yang penting sekali nih, untuk mendukung kamu dalam mengelola uang nantinya. Kalau pasangan kamu udah ga sepemikiran, bakal sulit untuk kedepannya. Misalnya pasangan kamu boros dan lebih mementingkan gaya hidup , wah ya bakal susah gengs untuk mengelola uang apalagi untuk merencanakan pensiun dini. Pintar-pintar lah dalam memilih pasangan.

 

Nah, udah mulai ada gambaran belum nih rencana untuk pensiun dini kayak Raditya Dika?

Baca juga :
Jurusan Kuliah Yang Membuang Uang : Banyak!

Melihat Peluang Pinjaman Super Mikro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini