Waktu Baca: 3 menit

Kalau cuaca lagi mendung, hujan, dingin, rasanya paling enak buat makan yang anget-anget. Paling pas biasanya makan makanan yang berkuah dan panas. Rasanya langsung cespleng bikin anget badan. Buat menemani suasana hujan yang mulai hadir di kota Jogja, saya ada rekomendasi sop sapi di Jogja yang cocok disantap sambil menikmati rintik-rintik hujannya Jogja. Cusss…

Sop Buntut Pak Sugeng

Rekomendasi pertama berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto No 185, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Jogja. Warung ini letaknya pas di belokan jalan, sebelah utara rel kereta api. Warung ini buka setiap hari kecuali hari Jumat, mulai pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Warung ini menawarkan menu sop buntut, sop iga, sop daging sapi, sop cingur, sop kikil, sop ayam kampung, dan sop ayam potong. Kuahnya bening dengan rasa kuah yang gurih. Kalau mau makin mantep, menurut saya sih harus diracik dengan bumbu-bumbu tambahan lainnya: tambah garem sedikit, kasih jeruk nipis, lada, dan kalau suka pedes harus ditambah sama sambel.

Wah dijamin langsung cespleng dan keringetan makannya. Seporsi sop iga atau sop buntut dibandrol dengan harga 30 ribu (November 2021). Seporsi sop belum termasuk nasi, jadi harus pesan terpisah, cukup dengan harga 4 ribu saja. Sementara untuk menu lainnya dibandrol dengan harga 20 ribu. Sebelumnya, PakBob.id pernah menulis soal sop buntu Pak Sugeng ini. Ulasanya masih akurat hanya saja ada penyesuaian harga. Artikel lengkap nya bisa dicek di artikel PakBob.id di sini

Sop dan Sate Sapi Pak Bayu

Rekomendasi kedua kita mampir ke daerah Gentan, Sleman, tepatnya ke Sop dan Sate Sapi Pak Bayu. Kalau mau kesini, temen-temen bisa lewat Jalan Kaliurang sampai Pasar Gentan, terus masuk ke jalan setelah Pasar Gentan (atau cara paling gampang ngikutin google maps aja). Lokasinya makannya semi outdoor dengan tempat duduk yang luas. Disini cocok banget untuk makan bersama keluarga karena memang kapasitasnya yang besar. Menu unik disini itu ada Sop Balungan Gajah, Iga Bakar Dinosaurus (iga bakar ukuran jumbo), dan Sate Sultan (sate daging sapi tanpa koyor).

Namanya memang unik dan menggoda untuk dicoba. Mulai dari 10 ribu saja, kita sudah bisa menikmati seporsi sop daging biasa. Di sini, semua menu memang tergolong murah dan terjangkau. Sop Balungan Gajah sudah kita bisa nikmati dengan 13 ribu saja. Kita dapat 1 porsi tulang besar dengan tetelan, daging, urat muda, lengkap dengan wortel, kubis dan kentang. Soal rasa, jangan ditanya lagi. Cespleng pol, apalagi kaldunya yang super gurih dan meresap sampai ke dagingnya. Saran saya sih, kalau mau menu yang masih komplit, datanglah pagi setelah jam buka atau biar enggak terlalu ngantri bisa datang setelah jam makan.

Sop Djanda

Pengen nyobain makan sop dengan topping cabe rebus utuh? Nah, Sop Djanda jawabannya. Sop Djanda memang dikenal dengan menu uniknya, yaitu sop iga yang dimasak dengan cabai hijau utuh. Disebut Djanda karena singkatan dari Sop Djakarta-Soenda. Menu ini sih katanya memang makanan khas betawi (saya juga baru tau). Sesuai dengan namanya, sop djanda jadi menu andalan disini. Buat yang enggak suka pedas atau untuk anak-anak enggak perlu khawatir karena sop djanda disajikan dengan beberapa tingkat kepedasan.

Ada yang tidak pedas, pedas, dan ekstra pedas. Makin pedas, rasa kaldu nya juga makin pedas dan cabenya jadi lebih banyak. Sama seperti sop sapi lainnya, kuahnya bening berempah dengan cita rasa gurih. Tapi disini bedanya adalah rasa pedas dari cabe rebus utuhnya. Kalau digigit bikin sensasi makan sop ini makin nikmat dan cespleng pokoknya. Seporsi Sop Djanda bisa kita dapatkan dengan harga 35 ribu rupiah. Selain Sop Djanda, biasanya juga disajikan sate Maranggi yaitu sate daging sapi. Untuk lokasinya yang saya tahu ada 2 tempat di Jogja. Pertama ada di Jalan HOS Cokroaminoto, sebelahan sama Sop Buntut Pak Sugeng. Satu lagi ada di Jalan Kaliurang Km 9,3. Temen-temen bisa langsung cek di Google Maps untuk lokasi keduanya.

Nah, itu dia rekomendasi  sop sapi di Jogja dari saya. Ketiga nya ini lebih cocok disebut resto ya daripada warung makan pinggir jalan. Masih banyak lagi warung sop sapi lainnya di Jogja, apalagi yang warung kaki lima. Kalau langgananmu yang mana nih, sobat plesir? Share di kolom komnetar ya, sboat. Selamat ngesop sobat!

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini