Waktu Baca: 2 menit

Di musim penghujan kayak gini, ada banyak aktivitas yang bisa kita kerjakan untuk membuat nyaman badan. Salah satu yang paling enak ya jajan Ronde. Salah satu jajanan khas Salatiga yang terkenal ini paling nikmat ketika dimakan saat hawa dingin. Bicara soal Ronda, ini kudapan yang banyak beredar di berbagai kota di Jawa. Di Salatiga sendiri ada banyak tempat warung ronde yang terkenal. Namun salah satu favorit saya adalah warung ronde Mak Pari. Warung ronde legendaris yang terkenal di Salatiga ini sudah berjualan sejak 1947 lo. Salah satu tempat yang wajib kamu datangi ketika kamu ke Salatiga dan menikmati makanan ronde yang khas. 

Baca juga : 5 Hal Syahdu yang Bisa Kamu Lakukan Saat Hujan

Lokasi 

Lokasi di warung ronde Mak Pari ini termasuk agak mblusuk. Karena tempatnya sendiri masuk gang kecil. Ya walaupun jujur saja ya, saya sendiri sedikit kesulitan untuk memberikan ancer – ancer tempatnya. Namun sebenarnya tidak terlalu susah untuk menemukannya. Bagi kamu yang sedang kebetulan di Salatiga saat sore atau malam hari, kamu wajib datang kesini. Tinggal cari di Google maps dan ketik Ronde Mak Pari maka kamu langsung dapat kesana. 

ronde mak pari

Tempat dan suasana yang khas 

Saya sudah beberapa kali datang kesini dan suasananya sangat autentik. Sekilas dari luar tempatnya seperti rumah biasa. Namun ketika kamu masuk kedalam, kamu akan merasakan suasana jadul yang nyaman disini. Mulai dari tempat yang masih terbuat dari kayu, bentuk lampu yang seperti petromax, dan lagu – lagu yang dimainkan masih nuansa lokal jadul. Tempatnya pun lumayan luas untuk ukuran warung yang menjual kudapan Ronde. Kalau kamu mau dine in, kamu bisa pilih  duduk di bangku, atau mau lesehan.  

Menu yang beragam 

Di warung Mak Pari ini saja menu ronde nya sendiri sangat beragam. Mulai dari ronde jahe, ronde jeruk, ronde coklat, ronde rumput laut, ronde komplit, dll. Ini barangkali berbeda dengan warung wedang ronde di kota lain, yang hanya menjual wedang ronde saja. Selain ronde ada juga wedang roti. Namun andalan disini tentu saja wedang rondenya. Variasi menu nya tetap seputar minuman hangat. Warung ronde Mak Pari tidak hanya menyuguhkan ronde saja, namun ada jajanan lain yang bisa dinikmati. Seperti tahu bacem, sate usus, kacang kedelai, kerupuk kulit, dll. Saking banyaknya saya tidak bisa sebutkan secara keseluruhan. 

ronde mak pari

Rasa makanan yang masih sama

Saya pernah datang kesini beberapa tahun yang lalu. Saya bisa yakin bahwa rasa ronde nya sampai sekarang tetaplah sama. Tidak terlalu manis yang mana tidak bikin eneg. Porsinya pun juga tidak berubah. Masih satu mangkuk full dengan isi yang tidak sedikit. Menurut saya masihlah jadi tempat favorit saya jika saya mau nge-ronde di Salatiga. 

Jika kamu sedang berlibur atau lewat ke Salatiga. Pada malam hari memang salah satu kenikmatan dunia di Salatiga adalah jajan ronde. Saya merekomendasikan warung Ronde Mak Pari ini sebagai salah satu destinasi wisata kuliner yang nikmat.  Ronde Mak Pari sebagai salah satu tempat makan legendaris yang bukan kaleng – kaleng. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini