Waktu Baca: 2 menit

Gegara fenomena La Nina, dalam beberapa pekan ini kita merasakan hujan hampir setiap hari. Setiap kali saya memandang langit mendung pekat, saya jadi teringat suasana film Twilight Saga. Kata yang paling tepat untuk menggambarkan suasana itu adalah syahdu. Saat hujan turun adalah saat orang tidak banyak punya pilihan untuk mengerjakan sesuatu. Semua aktivitas seolah tertahan untuk menunggu hujan reda. Pertanyaan besar, kalo hujan nggak reda-reda, apakah lantas kita akan gabut berjam-jam di rumah? Apakah ketika hujan deras lantas kita nggak lakukan apa-apa di rumah?

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sembari kita menjaga kehangatan tubuh. Sebab kalau hanya tidur-tiduran saja semacam kaum rebahan, kita malah merasa makin kedinginan. Nah, untuk mengisi kegabutan di rumah saat hujan deras, saya bagikan 5 tips berikut ini.

Bersih-bersih peralatan rumah

Hujan deras nggak jadi halangan buat kamu untuk bersih-bersih peralatan rumah. Ada banyak objek yang bisa kamu bersihkan, yang mungkin selama berhari-hari terlewatkan. Misalnya, membersihkan kipas angin, membongkar magic com dan membersihkan bagian dalamnya, atau membersihkan peralatan dapur yang jarang dipakai. Bisa juga kamu membersihkan lantai kamar mandi. Semua aktivitas itu tujuannya supaya badan kamu tetap hangat, dan rumahmu tetap terawat bersih. Nah, kalo rumahmu akhirnya kebanjiran, maka pekerjaan bersih-bersih itu malah dilakukan setelah banjir surut.

Mendengarkan Musik

Kalo kamu merasa terganggu dengan suara hujan deras yang menimpa atap rumahmu, kamu bisa mengalihkannya dengan mendengarkan musik favoritmu. Pasang headset di telinga, dan dengarkan musik sambil berdendang. Catatan dari saya, sebaiknya pilih musik favorit yang sudah kamu hafal nada dan liriknya; jangan pilih musik yang belum kamu kenal. Kalo kamu sudah hafal lagu, kamu tidak perlu mendengarkan detail liriknya. Cukup mendengarkan musik dengan sayup-sayup pun kamu tetap bisa bernyanyi. Tetapi kalau kamu mendengarkan lagu yang baru kamu kenal, kamu perlu fokus mendengarkan liriknya. Sementara kencangnya suara hujan deras pasti akan mengganggu fokusmu.

Memasak mie instan

Hujan, udara dingin, dan mie rebus adalah perpaduan yang syahdu. Uap panas yang mengepul di atas semangkuk mie rebus sudah bisa membuat hangat di benakmu Apalagi kalau kuah mie mengalir di kerongkonganmu, dan hangatnya terasa di perut, itu sensasi yang ultimate. Catatan dari saya, pilihlah mie rebus, bukan mie goreng. Yang kita cari adalah sensasi hangat kuahnya, bukan sekadar lezatnya bumbu mie. Urusan makan mie, saya termasuk penganut radikal dari  mie sedaap rasa kari spesial. Mantap pokoknya.

Bikin Minuman Hangat

Menyambut udara dingin saat hujan deras, kamu bisa menyeduh minuman hangat. Jangan anggap minuman hangat identik dengan minuman orangtua. Coklat hangat atau lemon hangat adalah minuman yang anak muda banget. Pengalaman paling syahdu adalah ketika kamu bisa duduk di kursi santai, memandang teras rumah dan turunnya hujan. Sembari menatap derasnya hujan, tangan kiri pegang secangkir coklat panas dan tangan kanan pegang sepiring keripik singkong. Itulah momen syahdu, layaknya orang-orang eropa ketika musim dingin.

Menonton Film

Kalau kamu bosan melihat suasana hujan, dan kamarmu cukup mendukung untuk kedap suara, lebih baik kamu menonton film. Lebih syahdu lagi kalau kamu memilih film dengan genre romantis. Jangan lupa, minuman hangat dan snack tetap siap, layaknya kamu ada di bioskop. Saya sarankan film dengan genre romantis, bukan film horor atau thriller. Langit yang gelap karena hujan deras plus udara dingin dan lembab memang perpaduan yang tepat untuk menonton film horor. Tetapi dalam kombinasi itu, kamu akan sulit menemukan kenyamanan. Sementara saran yang saya maksud adalah agar kamu tetap merasa nyaman di rumah ketika hujan deras, bukan semata-mata untuk menonton film saja.

Nah, itulah 5 hal syahdu yang bisa kamu lakukan di rumah saat hujan deras. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini