Waktu Baca: 2 menit

Sebagai kota paling tinggi toleransinya di Indonesia, Salatiga masuk dalam nominasi Kota Gastronomi ke UNESCO Creative Cities Network (UCCN).  Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan usulan itu saat menghadiri Salatiga International Gastronomy Conference pada Juni 2021 lalu.

Apa itu gastronomi?

Melansir dari laman Quiper Blog, Gastronomi adalah seni atau ilmu tentang makanan yang baik (good eating). Lebih jelasnya, gastronomi adalah ilmu tentang kenikmatan makanan dan minuman. Jika membicarakan tentang seni maka tidak lepas dari kebudayaan yang ada di masyarakat sekitar. Fossali yang sebagai ahli gastronomi berpendapat bahwa Fossali adalah ilmu yang mempelajari tentang keterkaitan antara budaya dan makanan sebagai salah satu produk budaya. Melansir dari laman Kemenparekraf, Vita Datau selaku Founder dari Indonesia Gastronomy Network, mengungkapkan bahwa gastronomi tak hanya terkait dengan budaya, tetapi juga dengan letak geografis daerah tersebut. lebih Lanjut Vita Datau mengungkapkan bahwa gastronomi mempelajari dan membicarakan tentang pengalaman dan pengetahuan kita tentang makanan, bukan hanya soal rasa.

Baca Juga : Salatiga Zona Nyaman Bagi Mahasiswa Perantauan

Kekayaan Kuliner Salatiga

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab Salatiga menjadi kota yang ideal menjadi kota Gastronomi. Pertama dari segi makanan tentunya. Salatiga memiliki makanan khas lokal Salatiga. Makanan lokal sendiri Salatiga memiliki Tumpang Koyor, Ronde, enting – enting Gepuk, Sate Sapi, dan lain – lain. Walaupun sudah banyak makanan fastfood dan makanan luar negeri yang beredar, namun Salatiga tetap memiliki keunggulan tersendiri tentang makanan tradisional. Vita Datau mengungkapkan Salatiga punya produk lokal yang masih bisa berkembang variasinya, yakni singkong. Bicara tentang singkong, ada toko singkong yang sangat terkenal di Salatiga namanya toko Singkong Keju D9. Toko tersebut terkenal bukan hanya karena cita rasa yang enak namun inovasi dalam mengolah singkong, misalnya singkong beku yang tahan selama dua bulan tanpa pengawet.

Letak Kota yang Strategis

Faktor kedua adalah segi lokasi. Salatiga sangat dikunjungi oleh para wisatawan. Salatiga berada di tengah antara tiga kota besar Jawa Tengah dan DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), yaitu kota Semarang, kota Surakarta atau Solo, dan kota Yogyakarta. Hal tersebut yang menyebabkan Salatiga menjadi kota transit yang nyaman dan asyik untuk kamu kunjungi. Tentu saja makanan tradisional yang luar biasa yang menjadikan makanan di Salatiga terkenal.

Faktor Historis

Faktor ketiga adalah dari segi historikal dan keindahan. Salatiga menjadi kota kedua tertua se-Indoneisa yang berumur 1271 tahun. Pada masa kolonial, Salatiga sempat mendapat julukan  Salatiga Dea Schoonnste Staad Van Midden Java atau Salatiga Kota terindah di Jawa Tengah.Itulah yang menyebabkan Salatiga memiliki makanan yang sudah ada sejak jaman dulu. Contohnya, makanan Tumpang Koyor sudah ada sejak tahun 1814 yang yang tercatat dalam naskah Serat Centhini.

Faktor terakhir dan tidak kalah penting adalah dari segi keberagaman. Makanan luar khas daerah seperti Makanan Khas Manado dan makanan khas Palembang juga ada di Salatiga. Alasan kenapa ada makanan khas luar daerah Salatiga karena banyak etnis – etnis, ras, dan suku yang tinggal di Salatiga. Tentu karena toleransi dan keamanan yang ada di Salatiga menyebabkan masyarakat di Salatiga dapat berbaur dengan perbedaan.

Faktor – faktor tersebut yang menyebabkan Salatiga  menjadi wakil Indonesia dalam nominasi Kota Gastronomi. Hal lain adalah banyak kuliner yang bisa masuk jadi makanan khas Salatiga. Warisan dari kota Salatiga dalam hal sejarah dan juga tradisi upacara juga bisa menambahkan kekuatan narasi tentang gastronomi Salatiga. Semoga kelak Salatiga menjadi pelopor bagi daerah dan kota lain untuk menjadi Kota Gastronomi selanjutnya. Dengan adanya kurang lebih 84 ribu daerah wisata di Indonesia, artinya ada banyak sekali potensi dari gastronomi setiap desa, kota, kabupaten dan provinsi yang bisa dikembangkan dan digali secara optimal.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini