Semua Orang Bisa Jadi Pahlawan, Gak Harus Gelut Juga!

Waktu Baca: 2 menit

Ayo kita perluas makna pahlawan bahwa orang yang berjasa dalam hidupmu, entah itu secara langsung maupun juga tidak langsung juga bisa kita sebut pahlawan. Ibu misalnya yang secara langsung sebagai pahlawan nomor satu di dunia bagi kehidupan kita. lebih luas lagi, innovator atau para penemu juga bisa disebut menjadi pahlawan secara tidak langsung. Penemu alat – alat yang memudahkan urusan kita Alan Turing misalnya, yang sebagai penemu cikal bakal komputer. Semua orang bisa jadi pahlawan dan pahlawan gak harus soal bisa gelut aja…

 

Pahlawan terlalu sempit maknanya

Dalam kamus Bahasa Indonesia, pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran. Definisi lain pahlawan adalah pejuang yang gagah berani. namun ada satu sisi yang jarang masuk pembahasan.

Pahlawan sebenarnya simpel. Bagi saya ya pahlawan itu adalah menjadi orang yang bermanfaat. Bukan berarti definisi yang ada di kamus itu salah. Sudah pasti orang – orang yang berjuang dan berkorban atas nama kebenaran tentulah salah satu orang yang bermanfaat. Namun saya rasa pahlawan untuk ukuran sekarang, bisa diperluas lagi definisi dan konteks nya.

Jika urusannya kepahlawanan, masyarakat bahkan mungkin belum sadar bahwa terdapat pahlawan non – militer yang tidak berurusan tentang peperangan. Pahlawan tidak melulu soal yang berjuang demi kemerdekaan. Seorang yang dengan gagah berani memimpin maju paling depan untuk memperjuangkan kebebasan. Namun juga seseorang bisa dikatakan pahlawan jika mereka meninggalkan suatu hal yang bermanfaat dan meninggalkan legacy.

Legacy Tidak Cuma Benda

Legacy bukan hanya meninggalkan sesuatu yang terlihat, namun bisa juga yang tidak terlihat. Jika yang terlihat seperti teknologi. Seperti Elon Musk yang menciptakan mobil Tesla yang bisa memajukan peradabaan manusia. Dan yang tidak terlihat seperti Ilmu pengetahuan tentang kebaikan dan cinta misalnya. Seperti ibu yang secara tidak langsung mengajari cinta dan kasih sayang. Pahlawan untuk jaman sekarang menurut saya adalah orang – orang yang berjasa secara langsung dan tidak langsung yang membuat kita menjadi lebih baik.

 

Berhenti Meremehkan dan Mulai Menerima Semua Orang Bisa Jadi Pahlawan

Masyarakat kita terkadang meremehkan hal – hal yang tidak mereka tahu. Hal tersebut yang menyebabkan kita menjadi kurang bersyukur. Bahkan yang lebih parahnya lagi, jika ada orang yang memiliki jabatan tinggi, langsung mendapat label pahlawan.

Tidak salah sebenarnya, namun hal tersebut pemikiran tersebut harusnya kita ubah, atau setidaknya kita kembangkan lagi. Supaya masyarakat tidak gumun lagi atau mereka merasa kecil dihadapan orang – orang yang memilki jabatan, entah siapapun itu. Sedangkan kita terkadang tidak menganggap pahlawan – pahlawan yang sebenarnya selalu baik atau bermanfaat untuk kita.

Pahlawan adalah orang yang sangat berjasa dalam hidup kita. Mau seperti apapun usaha dan kerja keras kita, tidak akan pernah bisa membalas mereka. Orang – orang yang sangat berarti bagi kehidupan bermasyarakat. Entah apapun itu, mereka tidak peduli dengan timbal balik dan meminta pengakuan atas apa yang mereka lakukan. Mereka hanya berusaha keras dan ikhlas dalam menjalankan apa yang mereka yakini. Itulah definisi dan makna tentang pahlawan menurut saya. bagaimana denganmu?

Baca juga :

Bagi Beberapa Orang, Coki Adalah Pahlawan

Tim Kubur Cepat Jenazah Corona : Cerita Tentang Mereka

Pandu Wijaya
Pandu Wijaya
Lulusan Sarjana Pendidikan Yang Sadar Nggak Bisa Jadi Guru

Similar Articles

Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Advertisment

TERKINI