Waktu Baca: 3 menit

Siapa sih yang ngga pernah ngerasain stres ? Kayaknya jarang deh. Apalagi di masa pandemi kaya gini dimana ruang gerak kita dipersempit. Biasanya kalau ngga pandemi, pusing atau stres dikit langsung keluar nongkrong atau hangout bareng teman – teman. Nah, komunitas Collective Mind hadir untuk menjadi wadah para remaja yang mengalami masalah manajemen stress. Eitsss, tapi ngga hanya bahas soal stres aja loh ! Collective Mind juga sangat peduli terhadap pengembangan diri dan lingkungan sekitar remaja. Menarik ya ? Yuk, langsung kita kepoin aja !

Berdasarkan penelitian, orang yang rentan mengalami stres adalah anak – anak muda atau remaja. Kenapa tuh ? Karena peralihan umur dari anak – anak menuju ke dewasa, kebanyakan dari mereka masih belum siap untuk menerima perubahan yang terjadi. Fun fact nya penyebab utama bunuh diri yang terjadi pada anak muda itu 80-90% karena stres dan depresi tapi bingung harus melakukan apa. Akhirnya mereka mencari pelarian yang salah, misalnya narkoba dan pergaulan bebas. Sesaat sih tampaknya menyenangkan, padahal malah memperburuk kondisi kesehatan mental mereka.

Baca juga : Hidup Mudah adalah Pilihan Sulit

Terbentuk Karena Keresahan Pribadi

Collective Mind berangkat dari keresahan Giodio Mitaart alias kak Dio dan teman – temannya tentang isu pengembangan diri dan lingkungan. Dua isu ini jarang menjadi perhatian kaum mahasiswa. Kak Dio dan beberapa temannya merupakan mahasiswa aktif di organisasi dan NGO sosial. Riset yang mereka kerjakan menunjukkan kurang dari 10% anak muda Indonesia peduli pada isu pengembangan diri dan isu lingkungan. Akibatnya, banyak dari mereka akhirnya tidak bisa memanfaatkan masa muda  untuk berkontribusi kepada sesama dan lingkungan. Mereka mulai membentuk komunitas Collective Mind sebagai platform untuk berbagi cerita inspiratif. Harapannya, Collective Mind bisa menjadi sarana anak muda untuk mau peduli pada pengembangan diri serta lingkungan. Semua itu mulai dari lingkup pertemanan terdekat mereka di kuliah.

Collective Mind  Berarti Menyatukan Pikiran

Nama Collective Mind muncul dari visi Indonesia yang kaya akan talenta muda, mau bergerak untuk mengembangkan diri, serta beraksi nyata terhadap isu lingkungan secara bersama atau kolektif. Collective Mind ini menggambarkan kesatuan visi dari anak-anak muda untuk bergerak bersama melalui aksi-aksi yang kolaboratif. Harapannya, Collective Mind dapat membantu menjadi teman bagi orang muda yang sebenarnya ingin keluar dari permasalahan mereka namun bingung harus memulainya darimana.

Webinar Gratis Tentang Manajemen Stres

Collective Mind menyelenggarakan acara webinar gratis dengan tema “Journaling to Release Stress” pada tanggal 13 – 14 November 2021. Acara ini sekaligus sebagai bentuk kampanye dari program Collective Mind itu sendiri. Kenapa temanya fokus ke manajemen stres? Sejak Pandemi Covid-19 banyak orang yang stres dan bingung untuk mengoptimalkan energi. Pada acara tersebut Collective Mind mengundang expert dan pakar karir serta pengembangan diri yaitu Kak Aleisha Fiona (Founder Relearn) dan Coach Anez (Senior HR di bidang pengembangan diri). Harapannya, kehadiran mereka berdua bisa membantu teman-teman yang stres karena kuliah atau kerja, agar bisa manajemen stres dengan lebih baik.

Yuk, Ikut Acaranya !

Collective Mind ingin mengajak kita semua untuk mampu dalam hal manajemen stress. Situasi sulit pasti selalu ada, entah karena beban studi kuliah, beban pekerjaan, atau kondisi pandemi. Tetapi satu hal yang harus kita yakin, bahwa setiap pengalaman akan membentuk kita menjadi orang yang lebih kuat. Tapi untuk sampai di sana, kita harus mau belajar untuk melakukan manajemen stres dengan benar. Mulai dengan berani bercerita tentang persoalan diri kepada orang yang bisa kita percaya. Tak lupa juga dengan saling memberi semangat satu sama lain. Kalau teman-teman sedang berada di lingkungan yang kondusif atau toxic, mulai ambil langkah untuk keluar.

Setiap kesulitan pasti ada solusi, asal kita mau untuk berubah. Jadi, yuk bangkit lagi! Lebih dari itu, mari kita bantu teman-teman kita untuk bangkit juga! Jangan lupa, daftarkan dirimu untuk ikut  webinar gratis Collective Mind “Journalling to Release Stress”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini