Waktu Baca: 3 menit

Mungkin kamu sedang membaca artikel ini dengan ekspresi wajah murung dengan perasaan sedih yang mewarnai hari-hari mu. Hayo padahal tinggal menghitung hari saja loh menuju tahun baru. Mmm tapi kamu kok masih saja nggak bahagia? Mungkin ketika kamu merasa nggak bahagia, kamu hanya akan menyalahkan hal-hal yang terjadi di luar dirimu. Eits, tapi tunggu dulu, bisa jadi loh kamu nggak bahagia ya karena memang diri kamu sendiri yang bikin. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui kebiasaan apa saja yang mungkin membuat 4 kebiasaan kamu sulit bahagia!

Tak pernah bersyukur.

Coba deh kamu hitung berapa kali kamu bersyukur dalam 24 jam? Sekali? Dua kali? Atau bahkan tidak sama sekali? Orang yang tak pernah merasa bahagia, cenderung tidak pernah bersyukur. Mengeluh dan selalu merasa kekurangan sudah menjadi bagian dari kehidupan orang yang tak pernah bahagia. Hidupnya hanya akan selalu kurang dan kurang saja, bahkan saat sudah berada di titik menyenangkan pun tetap akan merasa kurang dan selalu membandingkan diri dengan orang lain. Terkadang kita harus menilik ke bawah untuk bisa bersyukur.

Sangat tidak realistis jika harus berada di titik paling atas baru bisa bersyukur. Di atas langit masih ada langit. Nggak mungkin nyaingin Tuhan dulu kan? Coba lah untuk selalu bersyukur dengan apapun keadaan nya. Itu lah kunci kebahagiaan. Sesederhana itu bukan? Besyukur tidak sesusah itu jika kamu mau mencoba nya. Kamu bisa bersyukur dari hal kecil, seperti bersyukur karena masih mempunyai keluarga, bersyukur karena masih bisa menyelesaikan tugas, dan yang terpenting bersyukur masih diberi hidup. Dengan begitu, kebahagiaan akan selalu mewarnai kehidupan mu.

Selalu berharap kepada orang lain.

“Berharap kok sama manusia, ya sakit dong.”

Jika kamu termasuk dalam salah satu orang yang selalu berharap kepada orang lain, jangan berharap hidup kamu akan tenang. Berharap kepada orang lain merupakan salah satu seni menyakiti diri sendiri dengan cara yang paling sederhana. Hidup kamu sudah pasti akan tak lepas dari kekecewaan dan kesedihan pun akan selalu mewarnai hari-hari mu. Berhentilah untuk menaruh harapan kepada orang lain atau kamu akan kecewa. Tidak ada yang akan bertahan.

Semuanya akan meninggalkan kamu satu per satu seiring berjalan nya waktu. Sebagai contoh, seorang wanita yang selalu berharap kepada sang pacar, dan ketika sang pacar meninggalkan dengan janji-janji manisnya, wanita tersebut pun kehilangan kebahagiaan nya. Ya tentu, sebagai mahluk sosial memang susah untuk tak berharap kepada orang lain. Namun, kita bisa mengendalikannya agar berharap sewajarnya saja. Tidak usah berlebih agar tak memunculkan kekewaan serta kesedihan yang berlarut.

Selalu Overthink terhadap Masa Depan.

Bangun tidur overthink. Sebelum mandi overthink. Sebelum tidur overthink. Wah sudah menjadi hobi ya ternyata overthink ini, apalagi dijajaran kaum muda. Kalau dalam konteks masa depan, ya ada baiknya kamu memikirkan nya. Tapi kalau jatuhnya overthink sama masa depan, ya berhentilah. Bukan kah akan menyusahkan hari-hari mu jika terlalu overthink pada hal yang tidak pasti? Pikirkan sewajarnya saja mengenai masa depan. Daripada kamu overthink mengenai masa depan, fokuslah saja dengan apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Tidak terlalu memikirkan pada hal yang tak pasti termasuk salah satu kunci dari kebahagiaan. Biarkan semesta bekerja dan biarkan kehidupan mu mengalir.

Selalu pesimis.

4 kebiasaan yang menjadi punutup adalah sikap yang selalu pesimis akan mengubah pandangan kamu terhadap kehidupan. Mungkin kamu akan memandang kehidupan sebagai sebuah bencana. Berhentilah menjadi sosok yang pesimis kalau kamu ingin bahagia. Kamu tidak akan bisa bangkit jika selalu menanamkan sikap tersebut. Bersikaplah optimis apapun keadaanya. Percaya lah pada diri kamu sendiri.

Semoga dengan menghilangkan 4 kebiasaan seperti di atas, kamu bisa meleburkan kesedihan dan merasakan kebahagiaan. Namun, ada satu hal yang perlu diingat, hiduplah untuk mencari makna dari sebuah kehidupan bukan hidup untuk mencari kebahagiaan. Maka hidup kamu akan mengalir dengan tenang. Semangat!

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini