Waktu Baca: 3 menit

Bakso Malang Cak Karno

Diintip dari namanya, Bakso Malang Cak Karno termasuk salah satu jenis kuliner bakso yang berasal dari kota apel yaitu Malang. Penggunaan kata “Cak” yang identik dengan bahasa sehari-hari orang Jawa Timur menjadi ciri khas pada kuliner Indonesia ini. Walaupun hidangan yang tersaji terbilang cukup familiar, namun citarasa dari Bakso Malang Cak Karno ini boleh kita adu lho! Berdiri di pinggir jalan MT Haryono, kuliner ini menghadirkan citarasa kuliner bakso malang yang segar dan nikmat untuk kita santap.

Seperti biasa, hidangan bakso malang yang identik dengan pangsit goreng yang renyah dan mie kuning yang masih sedikit kenyal menjadi primadona dalam satu porsi mangkuk. Berbeda dengan bakso pada umumnya, Bakso Malang Cak Karno menggunakan tungku bara api yang masih jadul untuk menghangatkan kuahnya.

Rahasia Bara Api

Para pelayan yang berjaga pun nampak sibuk mengipas-ngipas tungku agar api tetap menyala. Konon inilah yang membuat bakso malang Cak Karno menjadi istimewa. Kenapa? konon cara ini kemudian menambah cita rasa yang unik pada kuah bakso yang mana rasa kaldunya menjadi sangat dominan dan lebih gurih!

Selain kuahnya yang nikmat, tekstur baksonya pun tidak keras dan cenderung lembut. Perpaduan daging dan tepung dalam adonan bakso yang kemudian mereka bentuk bulat-bulat sangat pas kita santap dengan kuah hangat dan sepiring pangsit goreng.

Tidak berhenti sampai disitu, bakso urat yang full daging juga menjadi salah satu obat kangen kalau sedang mampir ke Jogja. Tekstur urat yang biasanya alot (keras) dan susah kita makan, seketika luntur karena Bakso Malang Cak Karno menyajikan komposisi urat dan daging yang pas!

Temannya Bakso Malang Adalah Pangsit Goreng

Hidangan surga ini tentu tak lengkap apabila tidak kita nikmati tanpa pangsit goreng. Ya! Pangsit goreng menjadi salah satu ciri khas kuliner bakso Malang yang tidak kita temukan di jenis kuliner bakso lainnya.

Pangsit goreng bikinan Cak Karno ini entah kenapa sangat renyah walaupun kita letakkan di tempat yang terkena udara. Biasanya, makanan sejenis pangsit, yang prosesnya dengan menggunakan minyak yang banyak, apabila kita letakkan di suhu ruangan akan cepat berubah tekstur menjadi lembek/alot. Namun, pangsit goreng dari Bakso Malang Cak Karno ini sama sekali nggak alot! Dijamin gak akan nyesel kalau udah cobain sekali!

Adanya Dimana Nih?

bakso malang cak karno

 Untuk menyantap kuliner yang juga terkenal sebagai bakwan Malang ini, kamu bisa langsung menyambangi daerah di sekitar Jl. MT. Haryono, Yogyakarta. Lokasinya berada gak jauh dari tempat jual beli sepeda bekas dan bersebrangan dengan SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pokoknya, kalau sudah ketemu SMA Negeri 7 maka gak jauh dari situ bakal ada banner/spanduk Warung Bakso Malang Cak Karno Sejak 1977. Tempatnya tidak terlalu besar dan terbilang cukup sederhana plus nostalgic banget karena ada gerobak bakso warna kuning + hijau tosca di bagian depan warungnya, haha! Untuk satu porsi baksonya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 17.000 untuk semangkuk bakso porsi komplit. Sedangkan untuk minumannya, bervariasi mulai dari harga Rp 3.000- Rp 5.000 aja lho! Wah jadi kapan nih bakal cobain kuliner ini? Dijamin pasti ketagihan!

Baca juga :
Poke Theory Singapura Adalah Gaya Hidup Yang Kita Butuhkan

Ronde Mak Pari Yang Masih Autentik di Salatiga

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini