Siapa yang tak kenal Bhinneka dan PT Pos Indonesia? Anak generasi 90-an pasti kenal, dong, dengan dua nama ini. Bhinneka adalah platform e-commerce pertama di Indonesia yang menjabat sebagai senior di bidang penjualan barang elektronik. Sementara itu, PT Pos Indonesia sudah dikenal luas oleh masyarakat sebagai badan penyalur surat, dokumen, dan barang. Pada hari Jumat kemarin (17/12) nih, Bhinneka dan PT Pos Indonesia mengumumkan kerja sama strategis terbaru dengan judul ‘Bhinneka & PT Pos Indonesia Bangun Kerja Sama Strategis’. Apa, sih, isi kerja sama mereka? Simak, yuk!
Kapasitas Logistik Super sebagai Fondasi E-commerce
Dilansir dari pernyataan pers yang dikeluarkan oleh pihak Bhinneka, kerja sama yang terjalin dengan PT Pos Indonesia bertujuan untuk memperkuat ekosistem bisnis e-commerce di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1993, Bhinneka mempunyai visi untuk membangun super ekosistem bagi pebisnis. Target ini akan makin kuat dengan kapasitas dan jumlah logistik PT Pos Indonesia yang tersebar di 33 provinsi dengan lebih dari 58 ribu titik layanan. Cakupan mega PT Pos Indonesia akan mempermudah keduanya untuk menjadi calon jagoan baru di bidang e-commerce dari Indonesia. Kita tunggu, ya!
Lebih Dekat di Hati Masyarakat Indonesia
PT Pos Indonesia punya sejarah panjang sebelum akhirnya menjadi kantor pos pertama di negeri ini. Dengan warna oranye yang khas dan logo bola dunia dan burung merpati, kedatangan para petugas pos dulu sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia sebelum akhirnya internet dan surat surel (e-mail) menggantikan cara bagaimana masyarakat mengirim surat.
Walaupun angin era digital tak kenal ampun dan super pesat, PT Pos Indonesia masih berdiri dengan gagah. PT Pos Indonesia membuktikan dirinya sebagai pilihan yang dapat diandalkan oleh masyarakat Indonesia selama hampir tiga abad.
Kolaborasi PT Pos Indonesia dengan Bhinneka harus saya akui akan menciptakan sinergi yang berbeda dan khas untuk berbagai lapisan masyarakat. Ketersediaan PT Pos Indonesia di ribuan titik di Indonesia tak perlu diragukan lagi layanannya. Dengan adanya kapasitas logistik yang super, kemampuan untuk menyalurkan produk akan lebih cepat, mudah, dan terjangkau sampai ke daerah pelosok.
“Cakupan wilayah layanan PT Pos Indonesia hingga daerah terpencil sekalipun sangat memungkinkan dalam menciptakan biaya yang lebih bersaing dan cepat untuk proses distribusi,” tutur Stefanus Didi Hartanto, COO Bhinneka.
Layanannya Apa Aja, Nih?
Apapun tujuan yang ingin tercapai, rasanya perlu untuk menciptakan usaha untuk mendukung tercapainya goals yang sudah ada di blueprint. Di kerja sama ini, Bhinneka dan PT Pos Indonesia tak hanya menggaungkan soal kapasitas gudang dan kemudahan distribusi. Mereka juga membeberkan deretan layanan yang harapannya mampu meroketkan laju perkembangan keduanya di dunia e-commerce.
Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, menyebutkan satu produk layanan yang sudah tersedia, yaitu Pospay. Di zaman serba digital saat ini, rasanya sangat perlu bagi PT Pos Indonesia meluncurkan metode pembayaran elektronik sendiri untuk menyamai langkah dengan pesaing lainnya seperti OVO, Gopay, Dana, dan lainnya.
Di sesi wawancara dengan salah satu Youtuber, Dr. Indrawan Nugroho, Faizal menyebutkan keunggulan Pospay, yaitu ketersediaan physical platform atau agen fisik berupa kantor pos. “Mereka (OVO, Dana) punya digital platform, tapi mereka tidak punya physical platform,” ujarnya. “Tapi kelebihannya kita tadi, kita punya agen ribuan, kantor pos ribuan. Itu jadi value proposition yang berbeda.” Dengan banyaknya jumlah agen pos sebagai physical platform untuk Pospay, tak bisa kita sangkal lagi adalah peluang besar bagi Bhinneka dan PT Pos Indonesia untuk merangkul masyarakat Indonesia seutuhnya.
Selain itu, produk layanan lain juga mengikuti, seperti Pos Instan dan Pos Express yang bisa customers pilih. Ada juga Layanan pay later atau pembayaran kemudian, API bagi pengembang aplikasi, dan Pick Up Service dan Reporting untuk membantu pencatatan dan pelaporan distribusi produk ke seluruh wilayah Indonesia.
Gimana, nih, pendapat kalian? Kerja sama dua nama besar ini cukup menjanjikan, tapi apakah mereka sanggup bertahan dan berinovasi di tengah persaingan ketat dunia e-commerce Indonesia dan global?
Baca juga :
Gekrafs Hadir di Yogyakarta
Sampingan Anak Kuliahan, Gajinya Nglebihin Fresh Graduate!
[…] Bhinneka dan PT Pos Indonesia, Ketika Dua Jagoan Indonesia Bersatu, Apa yang Akan Terjadi? […]