Waktu Baca: 3 menit

Ada yang pernah membayangkan liburan ala-ala orang Amerika? Bukan liburan di Niagara Falls atau malah di tembok pembatas Amerika sama Mexico tentunya. yang  saya maksud adalah liburan menggunakan mobil karavan. Mobil karavan ini juga banyak dikenal sebagai RV. RV sendiri kependekan dari Recreation Vehicle atau mobil jalan jalan. Mobil yang udah lazim di negeri Paman Sam ini adalah salah satu sarana rekreasi di sana. Untuk kamu ketahui, RV alias mobil karavan menyediakan berbagai fasilitas yang ada di rumah dan kost-kostanmu. Jadi, ini memungkinkan kamu jalan-jalan dan menginap dimanapun kamu mau tanpa harus booking hotel. Kalau mau nginep di pantai ga perlu repot-repot booking hotel atau bawa. Kendaraan jenis ini menyediakan segala yang kamu butuhin buat menginap dimanapun kamu mau. Kalau dulu, RV ini susah kita cari di Jogja, bahkan di Indonesia. Namun kini Camperfun menyediakannya buat kamu.

Lahir Dari Kreativitas Saat Pandemi
camperfun
Nissan Evalia yang kurang ngetop jadi kendaraan primadona

Pandemi nggak selalu membawa kabar buruk. Tanya saja pada Lilik Octa Setiawan alias Octa. Octa berhasil mengubah momen pandemi menjadi bisnis yang unik. Ketika memikirkan bisnisnya yang mulai terhantam  badai COVID-19, Octa mulai memutar otak.

Pada satu titik, tercetus ide bisnis yang berbeda dari yang lain. Octa ingin terjun di dunia pariwisata dengan membangun bisnis mobil karavan/ RV. Tak lama ia muncul dengan nama Camperfun. Meskipun saat itu dia mengaku bukan satu-satunya pebisnis campervan di Yogyakarta, Octa mengatakan kalau brand Camperfunnya ini emang lebih meledak daripada yang lainnya.

Bukan jadi satu-satunya pebisnis campervan, nggak berarti pebisnis yang lain dianggap sebagai rival atau pesaing. Octa memilih buat berkolaborasi dengan pebisnis campervan yang lain terutama soal ketersediaan kendaraan. Nggak cuma sesama pebisnis aja, kolaborasi juga lahir dari masyarakat umum, termasuk kamu dan aku, yang kalau ada mobil nganggur bisa kamu ajukan buat disulap jadi sebuah RV yang pastinya kalau disewa bisa menambah pemasukan di masa-masa pandemi kaya gini.

Membangun Sendiri Modelnya
Camperfun
Bagian dalam tenda yang luas bisa buat bobok

Untuk desain, Octa terjun langsung membuat desain. Ia menjelaskan bahwa RV yang jadi seperti yang kita lihat di film film Hollywood belum ada izinnya di Indonesia. Karena itulah, ia menyulap mobil mobil MPV menjadi RV. Salah satu yang ia ubah adalah mobil merk Nissan Evalia yang dulu kurang peminat. Octa memodifikasi dengan melepas seater bagian belakang untuk box camper.

Bukan cuma menaruh box camper di belakang mobil,  nggak ketinggalan sebuah tenda ia letakkan di bagian atap yang pastinya keduanya bisa kalian gunakan buat sekedar rebahan. Bahkan lebih jauh lagi, ini bisa kalian gunakan buat tidur di tempat wisata yang kalian datengin. Iya, tidurnya di mobil. Dan bukan cuma menyediakan jasa buat pariwisata, kalau kalau mau ngemodif mobil kalian jadi RV untuk keperluan pribadi, Octa bisa membantu.

Gimana Safetynya?

Berhubung ada modif-modifan segala, mungkin beberapa dari kalian menanyakan keamanan mobilnya. Kabar bahagia buat kalian, Octa mengatakan kalau mobil ini sudah ia desain dengan keamanan yang baik. Box camper yang ia desain telah melewati pengujian sedemikan rupa. Memang dalam desainnya, ia buat biar nggak membebani mobil. Jadi, ketika suatu saat harus ngerem mendadak atau bahkan amit-amitnya terguling, nggak akan ada barang yang barang yang berjatuhan hingga menutup akses keluar. Jadi, mobil ini sangat aman buat kita pakai berlibur bareng keluarga atau geng kalian nih.

Kerja Sama Bareng Tempat Wisata

Dalam memilih tempat rekreasinya, Camperfun bekerja sama dengan berbagai tempat dan desa wisata yang bisa kalian pilih buat jadi destinasi rekreasi. Kerja sama camperfun bukan cuma jadi destinasi wisata, tapi juga keamanan lho. Kalau kalian terjadi sesuatu di jalan dan tidak sampai ke destinasi, Octa dan csnya bisa melakukan pelacakan buat memastikan posisi kalian. Jadi jangan khawatir tersesat ya. Kalau rasanya ada problem dari mobil yang kalian bawa, Camperfun siap dalam pembiayaannya.

Enaknya lagi, Camperfun nggak cuma bisa dipake di dalam wilayah Provinsi DIY, tapi juga ke luar DIY. Jadi kalian nggak terbatas hanya wilayah DIY. RV ini bisa saja kalian bawa sampai ke Dieng. Dan tenang saja, ada driver juga yang bisa bantu nyetirin.

Kepikiran nyobain Camperfun buat holiday? Sama aku juga. Kalau kalian mau nyobain bisa langsung cuss ke instagram Camperfun @camperfun.id

Baca juga :
Antologi Space : Pilihan Tepat Untuk Mengerjakan Tugas

Poke Theory Singapura Adalah Gaya Hidup Yang Kita Butuhkan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini