Waktu Baca: 2 menit

Pengumuman atas siapa yang berhak atas penerimaan Ballon d’Or telah di umumkan. Dan ya, Lionel Messi memenangkan Ballon d’Or (lagi) dan telah mengoleksi total 7 penghargaan piala tersebut. Banyak orang yang tidak setuju dan ada yang tidak setuju mungkin sudah wajar. Namun ada yang menarik saat Messi berpidato tepat setelah pengumuman penerimaan Ballon d’Or. Messi me-mention bahwa sebenarnya tahun lalu, 2020, Robert Lewandowski pantas untuk menerima penghargaan Ballon d’Or. Namun karena tahun 2020 lalu terjadi pandemi maka acara penghargaan Ballon d’Or ditiadakan. Simak kasus kontroversi kemenangan Messi.

Kontroversi Kemenangan Messi, Mengapa?

Jika kamu melihat kolom komentar di berbagai media sosial soal kemenangan Ballon d’Or, banyak yang berpendapat bahwa Lewandowski lebih pantas memenangkan penghargaan Ballon d’Or. Walau tahun lalu acara penghargaan tersebut ditiadakan, maka seharusnya Lewandowski tetap layak menerima penghargaan tersebut tahun ini. Performa dan kontribusi Lewandowski dari tahun lalu sampai sekarang dianggap lebih besar dari pemain mana pun.

Namun karena Messi telah memenangkan Piala Copa America 2021, banyak juga yang berpendapat bahwa Messi masih layak mendapatkan penghargaan Ballon d’Or. Secara, Piala Copa America 2021 adalah piala pertama Messi yang dipersembahkan bagi negaranya. Dan juga Messi di klub sebelumnya yaitu Barcelona juga telah memenangkan piala Copa Del Rey yang sekaligus sebagai piala terakhir yang dipersembahkan bagi Messi.

Lalu bagaimana dengan Lewandowski? Sebenarnya prestasi Lewandowski sendiri bersama klub juga tidak kalah dengan Messi. Bahkan dianggap melebihi Messi. Pada musim 2019-2020, Lewandowski membawa Bayern Munich menjuarai treble winner, yaitu Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions. Bukan hanya itu, Lewandowski menjadi top scorer di semua kompetisi dengan klub dengan total 53 gol dalam 42 pertandingan.

Siapakah sebenarnya yang layak?

Messi memang layak mendapatkan Ballon d’Or tahun ini. Namun seharusnya piala Ballon d’Or untuk tahun ini bukan hanya diberikan oleh satu pemain saja. Karena tahun lalu ditiadakan maka setidaknya France Football sebagai pihak penyelenggara memberikan credit yang layak bagi pemain yang tetap bersinar sepanjang tahun lalu. Setidaknya Messi mendapatkan tahun Ballon d’Or tahun ini dan Lewandowski diberikan Ballon d’Or sebagai pencapaian tahun lalu. Piala Ballon d’Or bagi seorang pemain adalah salah satu “puncak” penghargaan bagi individu. Walau memang sepakbola sendiri adalah permainan tim, namun tetap ada satu pemain dari setiap klub yang sangat bersinar melebihi pemain lainnya.

Bahkan Messi sendiri dalam pidatonya bahwa seharusnya France Football memberikan Lewandowski piala Ballon d’Or. Artinya, Messi sendiri mengakui bahwa Lewandowski pada tahun lalu memanglah pemain terbaik di dunia. Selain itu, Messi berharap bahwa France Football dapat memberikan piala Ballon d’Or bahkan jika tidak ada acara resmi.  Bukan hanya Messi, seluruh pecinta sepakbola termasuk saya, berpendapat bahwa Lewandowski memang layak menerima piala Ballon d’Or. Karena pencapaian tahun lalu, tidak ada yang bisa menandingi pencapaian dan prestasi Lewandowski. Jadi terkait dengan kemenangan kontroversi Messi di Ballon d’Or, semuanya kembali ke panitia penyelenggaranya. Bukan saya dong ya. Lha wong saya cuma panitia 17-an, itu pun kalau diajak. Duh!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini