Waktu Baca: 3 menit

Baru-baru ini, para penggiat fashion heboh dengan kemunculan produk fashion terbaru yaitu sepatu docmart. Wah, apa sih docmart itu? Docmart atau yang merupakan singkatan dari Dr. Martens merupakan sebuah brand ternama yang berasal dari Inggris tepatnya di Wollaston, salah satu distrik di Wellingborough, Northamptonshire. Dr. Martens sendiri merupakan brand fashion yang digagas oleh Klaus Marten yang merupakan seorang doktor asal Jerman. Mari kita bahas soal brand ini dan looks yang cocok ketika memakai sepatu Docmart.

Asal Usul Dr. Martens

Pada awalnya, Klaus Marten yang kala itu berprofesi sebagai dokter, memutuskan untuk membuat komposisi baru untuk sepatu yang ia pakai. Saat itu, dia sedang mengalami sakit di bagian kaki, dan standard sepatu yang dibuat oleh para pengrajin sepatu sangat tidak nyaman untuk seseorang yang sedang mengalami cedera kaki. Maka, dirinya memutuskan untuk membuat sepasang sepatu baru yang nyaman dan bisa Ia pakai walaupun sedang cedera.

Waktu pertama menjajakan produk sepatu yang Ia buat, Klaus Marten merasa sangat kesulitan. Ia tidak berhasil mengatur bisnisnya sampai akhirnya bertemu dengan seorang teman lamanya yaitu, Herbert Funck. Bersama Funck, mereka berdua memperluas bisnis dengan perlahan memperbesar skala produksi. Nama Dr. Martens sendiri diambil dari nama belakang Klaus Marten dan gelar doktor (Dr.) merupakan identitas Klaus Marten yang kala itu berprofesi sebagai seorang dokter.

Berbeda dengan jenis sepatu kebanyakan, Dr. Martens memiliki ciri khas yaitu air-cushioned sole atau bantalan penampang sol yang cenderung tebal, termasuk dalam sepatu denga klasifikasi upper shape (bentuk yang cenderung tinggi), dengan konstruksi yang terbuat dari kulit pilihan dan ciri khas yang paling menonjol adalah jahitan berwarna kuning di bagian luar sepatu. Tidak seperti model sepatu kebanyakan yang menyembunyikan jalan jahitan, sepatu Dr. Martens mempunyai ciri khas jahitan kuning yang mengitari sepatu di bagian luar.

looks sepatu docmart

Terus, Cara Stylingnya Gimana Dong?

Tau gak sih, walaupun bentuknya formal dan rapih, namun sepatu Dr. Martens ini bisa kamu pakai juga buat kamu yang suka look casual lho! Wah gimana sih cara stylingnya? Seperti biasa sebelum styling, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah cari inspirasi! Untuk styling sepatu Dr. Martens sendiri kamu bisa berkreasi dengan berbagai look, mulai dari formal sampai casual.

#1. Formal Look

Untuk style formal, kamu bisa memadukan bahan-bahan pakaian yang bertekstur rapi seperti kemeja dan blazer. Bahan kemeja dan blazer ini merupakan bahan yang mudah kamu atur dan bisa bertahan rapi untuk kamu pakai sehari-hari. Untuk memadukannya menjadi sebuah outfit, kamu bisa pilih celana atau rok bahan (trousers) yang berbahan katun atau linen. Bahan katun atau linen sendiri selain nyaman dipakai, tapi juga membuat gaya kamu tidak terlalu kaku tapi tetap rapih dan formal! Sentuhan terakhir, kamu hanya perlu memakai sepatu Dr. Martens, dan kamu siap untuk tampil gaya!

#2. Casual Look

Berbeda dengan style formal, untuk look casual kamu lebih bisa bebas mix and match. Untuk mendapatkan look casual kamu bisa memilih pakaian yang lebih santai dengan bahan yang dingin dan lentur, seperti t-shirt, tank top, sweater, dan jenis pakaian rajut. Kamu juga bisa memadukan pakaian-pakaian ini dengan celana loose jeans, celana pendek, hingga celana cullote. Dengan memadukan celana yang memiliki model loose, kamu akan memberikan kesan casual, santai, tapi tetap sylish! Terakhir, kamu bisa memakai sepatu Dr. Martens dan memadukannya dengan sepasang kaus kaki low ankle, sehingga membuat tampilanmu lebih kece!

Baca juga : Coat dan Mix-Matchnya, Biar Kelihatan Seru!

#3. Elegant Look

Selain bisa berkreasi dengan formal dan casual look, kamu juga bisa mix and match untuk look elegant lho! Dengan look yang lebih elegant, kamu hanya perlu memadukan pakaian-pakaian dengan bahan yang lebih licin seperti satin. Bahan satin ini akan otomatis memberi kamu kesan elegant dan mewah. Untuk sentuhan terakhir, kamu bisa padukan dengan celana jeans dengan model fitted dan sepatu Dr. Martens!

Nah, kira-kira itu tadi beberapa cara mix and match untuk looks dengan sepatu Docmart buat kamu yang masih bingung untuk styling! Kira-kira kamu paling suka look yang mana nih? Dan kira-kira next item fashion yang harus kita bahas apa ya? Selamat mix and match!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini