Waktu Baca: 2 menit

Berdasarkan citra satelit, pesawat Malaysian Airlines MH730 ditemukan. Kemungkinan MH370 jatuh di sebuah hutan di wilayah Kamboja. Menurut sejarah pencarian, sempat ada sinyal dari MH370 tujuan Tiongkok yang tertangkap radar. Namun saat itu, radar tersebut tak terlalu dianggap karena banyak pihak menilainya tak masuk akal. Meski kemungkinan kita bisa menemukan MH370, namun proses evakuasi MH370 masih amat sulit karena hutan tersebut telah tertutup vegetasi yang rimbun.

Nah, selain MH370, berikut daftar pesawat lain yang hilang secara misterius.

MH 730 ditemukan

Amelia Earhart

Salah satu pilot wanita terhebat ini hilang pada tahun 1937. Padahal ia pernah melintasi Samudra Atlantic dengan baik di tahun 1928. Hingga kini banyak spekulasi mengenai hilangnya Amelia bersama pesawatnya, twin engine Lockhead Electra.

Flying Tiger Flight 739

Sesaat sebelum perang Vietnam, Amerika Serikat mengirim beberapa armada terbang untuk melakukan survey. Namun, pesawat ini hilang di antara palung Mariana di Samudra Pasifik. Saat itu pesawat ini hendak berangkat dari Guam ke Filipina.

Untuk menemukan pesawat ini, Amerika Serikat mengirim 1,300 orang, 48 armada terbang dan 8 kapal. Tak ada hasil.

Flight 19

Kejadian tak masuk akal terjadi pada Desember 1945. Enam penerbangan hilang di segitiga Bermuda. Saat pesawat hilang, menara pengawas masih bisa berkomunikasi dengan pilot dan hanya mendapat pesan bahwa pilot mengalami disorientasi.

MH730 ditemukan

Adam Air 574

Salah satu kecelakaan pesawat terbang terburuk di Indonesia. Hingga saat ini, pesawat tidak juga diketemukan. Hanya kotak hitam yang tim temukan di kedalaman 2000 meter pada lokasi dugaan kejadian. Pemerintah menyimpulkan bahwa pesawat mengalami kecelakaan karena cuaca buruk, rusaknya alat navigasi dan pilot gagal mengantisipasi kejadian darurat.

Star Dust Crash

Pada tanggal 2 Agustus 1947. Star Dust yang merupakan pesawat milik Inggris hilang. Kira kira 50 tahun kemudian ada petunjuk penemuan serpihan pesawat di kawasan pegunungan Andes pada penerbangan dari Buenos Aires ke Santiago itu.

Nah itulah tadi beberapa pesawat yang belum beruntung bisa ditemukan seperti MH370.

Gambar oleh: John McArthur

Baca juga :
Suntik Mati Pesawat Habibie

Wajah Buruk Duopoli Industri Pesawat Terbang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini