Waktu Baca: 2 menit

Zaman sekarang, kayaknya ngerjain tugas atau kerjaan di luar itu sudah jadi kebiasaan yang wajar banget. Di luar ini maksudnya di luar rumah atau luar kos gitu ya, bukan luar angkasa. Mulai dari tempat yang memang dibuat untuk kerja dan nugas, seperti coworking space, sampai tempat ngopi biasa atau malah tempat makan bisa dijadiin tempat untuk ngerjain tugas. Tapi yang jadi pertanyaan saya adalah, seberapa urgent sih ngerjain tugas di luar tuh? Beneran produktif atau cuma gegayaan aja sih? (saya pun juga sering nanya gini ke diri sendiri). Buat menjawab pertanyaan saya ini, saya coba tanya-tanya ke temen-temen saya yang lebih suka ngerjain kerjaan dan nugas selain di rumah atau di kos. Saya pengen tahu, apa sih kelebihan dan kekurangan kalo kita ngerjain tugas di luar. Misalnya saja nih, nugas di cafe.

Alasan pertama adalah kalo nugas di rumah itu bawaannya mager. Liat kasur rasanya pengen rebahan terus atau kalo di rumah atau kos itu susah banget untuk memulai kerjaan. Alasan lainnya yang disampaikan adalah karena bosen dengan suasanan rumah atau kos. Dengan nugas di cafe atau tempat lainnya, rasanya lebih fresh dan ada suasana lain begitu.  Selain bosen, ada juga yang bilang kalau di rumah atau kos itu ada aja distraksinya. Mulai dari kondisi rumah yang berisik – kondisi rumah yang lagi rame, ada pembangunan lah, dan segala macem tukang yang lewat dengan suaranya masing-masing.

Distraksi lainnya adalah karena banyaknya pekerjaan rumah yang tiba-tiba harus dikerjain. Imbas pandemi covid-19 bikin sebagain besar dari kita harus work from home. Karena “cuma di rumah aja” sering disalahartikan kalo selo dan bisa bantu beberes rumah. Alasan ektiga dan jadi salah satu alasan penting karena cari wifi atau cari fasilitas ngerjain tugas yang lebih memadai. Biasanya sih yang tipe kayak gini nyari cafe yang wifinya kenceng, pesen minumnya sekali (dan bisa jadi yang paling murah) terus numpang wifi sampai berjam-jam. Tips ngirit ala mahasiswa banget ya…

Kalau lihat dari alasan-alasan yang dikasih, kayaknya semua alasan ini membenarkan  Dari semua alasan ini, memang ada beberapa kondisi yang perlu untuk dicari jalan keluarnya dengan ngerjain tugas di luar. Tapi apakah itu serta merta bikin kita betul-betul harus ngerjain tugas di luar? Menurut saya engga juga. Selain alasan yang udah disebutin di atas, aspek penting yang membedakan nugas di cafe sebuah kebutuhan atau keinginan adalah gimana kita bisa memanfaatkan waktu dan kesempatan kita ketika ada di tempat nugas tersebut. Gak asing kalo kita ketemu suasana kayak gini: mau nugas bareng temen, eh ada yang nyeletuk gosip terbaru.

Bukannya nugas malah keterusan buat ngerumpi sampe lupa waktu. Contoh lainnya adalah kebanyakan up date status atau story sosial media dibanding sama ngerjain tugasnya.  Faktor lain yang bikin nugas di luar itu enggak efektif adalah pilih tempat nugas bukan berdasarkan fungsinya tapi cuma sekadar estetik nya aja. Pada dasarnya enggak semua cafe atau public space bisa dijadiin tempat kerja dan nugas. Bisa jadi karena fasilitasnya kurang cocok untuk nugas atau tempatnya cenderung ramai dan enggak kondusif.  Public space yang memang didesain untuk nugas atau kerja contohnya seperti co-working space.

Last but not least, perhitungkan budget yang kamu punya. Jangan sampe kemakan alasan bosen atau pengen aja nugas di luar, yang ada malah boros tanpa kita sadar. Coba deh kita hitung, kalo misal sehari nugas di cafe sambil beli minuman seharga Rp30.000. Kalo nugas di cafe setiap hari berarti kita harus ada budget Rp 900.000 buat nugas di cafe tiap bulannya. Lumayan juga kan biayanya. Apapun pilihannya, mau ngerjain tugas di rumah, di kos, atau di cafe, pastiin kamu bisa kerja dengan efektif dan seefisien mungkin. Jangan sampe niat kerja, eh ujung-ujungnya cuma gaya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini