Waktu Baca: 3 menit

Hayo, ngaku, siapa nih yang suka Public Speaking Tapi grogi? Gak kaget kalau kamu dapet giliran maju untuk berbicara di depan umum terus keringat dingin? Kalian gak sendiri, kok! Banyak dari kita yang merasa minder jika harus public speaking di banyak orang, apalagi di depan orang-orang asing. Wah, kebayang gak, tuh, tremornya kaki saat melangkah maju ke panggung? Tenang, guys. Public speaking itu bisa kalian kuasai kok, asal tahu trik dan tipsnya. Bagi kalian yang ingin tampil lebih percaya diri saat public speaking, yuk simak poin-poin di bawah.

Tulis Apa yang Ingin Kamu Bicarakan

Prepare, prepare, and prepare! Persiapan itu satu hal dasar dan penting jika kalian ingin menguasai yang namanya public speaking. Udah tahu kalau kalian bakal public speaking dan minim pengalaman tapi gak persiapan dulu? Hm, jangan tanya, deh. Yang ada kalian akan bicara ngalor-ngidul saat di panggung. Gak mau kan anda mendapat kacang karena banyak orang karena ngomong gaje alias gak jelas? Makanya, persiapan dulu!

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah membuat daftar poin-poin apa saja yang ingin kalian bicarakan. Pilah lagi, pastikan poin-poin itu adalah materi yang sesuai dengan topik yang akan kalian bawa. Setelah itu, kalian bisa membuat semacam script atau naskah yang berisi penjelasan yang akan kalian katakan saat tampil.

Ini bisa membantu kalian lebih teratur dan tetap di jalur pembicaraan topik yang benar. Jika naskah sudah tersusun, cobalah membacanya terlebih dahulu dan mempraktekkannya di depan cermin. Pastikan gesture tubuh kalian gak kaku biar gak dikira patung, ya!

Atur Kecepatan Berbicara

Saat kalian latihan, penting banget, nih, memperhatikan kecepatan kalian berbicara. Kenapa? Kecepatan berbicara dapat mempengaruhi pemahaman para penonton terhadap topik yang sedang kalian bawa. Jika kalian berbicara terlalu cepat seperti dikejar setan, penonton akan merasa kesulitan untuk menangkap apa yang kalian ucapkan. Kalian juga memberi kesan terburu-buru jika berbicara cepat. Sebaliknya, jika kalian berbicara terlalu lambat, penonton akan merasa cepat bosan dan jenuh. Baiknya, sih, berbicara dengan kecepatan yang pas—tidak terlalu cepat dan pelan. Kalian juga bisa, nih, meminta tolong teman atau anggota keluarga untuk menilai apakah kecepatan berbicara kalian sudah pas.

Siapkan Cue Cards

Kalian pasti sering melihat para MC berbicara di panggung dan membawa kertas persegi panjang di tangan, kan? Itu namanya cue cards, alat pembantu yang bisa kalian bawa dan pakai saat public speaking. Meskipun sudah mempraktekkan naskah beratus kali, yang namanya berbicara di depan umum pasti membuat kalian merasa minder dan alhasil menghapus sebagian kata-kata yang sudah kalian latih sebelumnya. Nah, inilah fungsi dari cue cards, yaitu membantu kalian mengingat kembali poin-poin apa yang akan dibicarakan. Tapi ingat ya, jangan terlalu sering melihat ke cue cards karena tingkat profesionalitas kalian akan menurun di mata penonton.

Jangan Lupakan Audiences

Berbicara tentang public speaking rasanya takkan lengkap tanpa berbicara soal penonton. Menarik perhatian penonton dan menjaga mereka untuk tetap tertarik dengan topik pembicaraan kalian memang gak mudah. Ini juga yang biasanya membuat para speaker pemula grogi duluan karena menganggap penonton itu menakutkan. Perlu diingat jika dalam public speaking, kita perlu melibatkan para penonton alias audiences. Caranya? Di sesi berbicara, cobalah melempar pertanyaan ke penonton dan ajak mereka untuk berdiskusi ringan. Atau, kalian bisa membuat guyonan atau candaan agar penonton merasa terhibur dan membuat suasana tidak terlalu serius. Kalian juga bisa menggunakan props atau alat peraga untuk membangkitkan rasa antusiasme penonton. Suasana pun bisa menjadi lebih cair dan penonton akan merasa lebih terlibat dalam sesi bicara.

Gunakan Waktu Sebaik Mungkin Sebelum Menjawab Pertanyaan

Saat memasuki sesi tanya jawab, kalian pasti akan mendapatkan pertanyaan yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tak perlu merasa terburu-buru untuk menjawab semua pertanyaan dalam satu waktu sekaligus. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk memikirkan jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang diberikan. Pastikan juga kalian tidak mengulur waktu terlalu lama agar penonton tak merasa bosan karena menunggu.

Itu dia tips untuk public speaking yang bisa kalian terapkan. Meskipun terdengar mengerikan, public speaking bisa kok kalian kuasai. Pastikan kalian mengikuti semua poinnya agar kalian terlihat lebih terampil dalam public speaking. Cheers!

Gambar Dari : Marcos Luiz

Baca juga :
Bicara Itu Seni Bos!

Deddy Corbuzier : Sosok Inspiratif Malah Jadi Beban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini