Waktu Baca: 4 menit

Kuliah itu mahal! Mending kita cari sampingan untuk anak kuliahan biar duit gak mblayang kemana mana.

Menurut teman saya, kuliah itu terlalu nyantai. Kan gila ya nie anak? orang aja banyak yang ngerasa kuliah itu susah, ini malah menganggap kuliah itu nyantai. Setelah kita usut, ternyata dia gak salah salah amat. Nyatanya, kalau kita perhatikan, waktu pas kita kuliah itu banyak kosongnya.

Kasusnya begini, pas kita merasa kosong itu, kita sering merasa waktu itu banyak. Makanya, karena merasa waktu itu banyak, kita jadi sering buang buang waktu. Gak sadar, tiba tiba kita sudah menjadi mahasiswa abadi. Kamu pasti gak mau kan? Baiknya, kata saya, jangan sampai ada banyak waktu kosong pas kuliah. Hal ini mendorong kita merasakan sense of urgency agar kita mengatur waktu dengan baik. Niscaya ini membantu kita untuk cepat lulus. Benar saja, anak kuliahan yang cepat lulus malah yang biasanya kura kura (kuliah rapat-red) atau yang nyambi kerja.

Tapi sering kan banyak yang malas berorganisasi karena terlalu drama? Nah, begini, kalau kamu merasa, politik kampus itu menyebalkan dan menghabis habiskan uang. Mungkin, kerja adalah pilihan yang lebih baik. Di sini, saya mau berbagi, profesi sampingan untuk anak kuliahan yang secara realistis masih bisa dilakukan dan menghasilkan duit yang gak sedikit.

Nah, karena cukup banyak, hari ini saya memberi lima saja ya.

Menjadi Guru Les
sampingan untuk anak kuliahan
gambar NeONBRAND

Kalau kamu kuliah di jurusan teknik atau ilmu pasti, cobalah menjadi guru les. Lesnya satu mata pelajaran saja, dan gak usah yang untuk anak olimpiade. Yang penting, kamu membantu anak SMA itu naik kelas lah dan masuk SMA Negeri favorit. Sorry, kok malah ngasih tambahan beban. Ya gitulah, pokoknya ya lakukan yang terbaik. Kecuali, kalau kamu emang ambisi pengen anak didikmu masuk olimpiade atau kamu emang mau bikin bimbel.

Guru les ini pemasukkannya lumayan gaes. Sekali pertemuan kamu bisa menarik bayaran dari 50 ribu hingga 100 ribu. Belum kalau yang kamu kasih les itu anak SMA yang cakep, bisa sekalian berburu jodoh kamu. Wak waw.

Ikut WO
sampingan untuk anak kuliahan
gambar : Alvaro CVG

Tolong jangan salah baca sub-judul di atas. Saya nulisnya WO, bukan BO. Walau sebenarnya ikut BO juga menjanjikan. Di Jogja aja short time bisa delapan ratus ribu. Tapi tolonglah mengerti bahwa itu ilegal dan bukan sampingan yang intelek.

Yah, anyway, mending ikut WO saja alias Wedding Organizer. Selain profesi ini halal, kamu akan belajar banyak bagaimana mengatasi stress dan mengatur orang dengan baik. Selain itu, kamu juga berkah karena membantu orang yang menikah.

Kalau soal gaji, WO gak luar biasa gede. Lumayanlah kalau kamu pemula ya bisa dapet dua ratus ribu per proyek. Kalau udah bagusan dan udah bisa jadi koordinator kamu berkesempatan mengantongi delapan ratus ribu sekaligus cinta adiknya yang mau nikah. Plus, jangan lupa, sekalian showcase di depan mertua betapa sabarnya dan baeknya kamu.

Jual Bunga
sampingan untuk anak kuliahan
sumber gambar : Laboushky

Temenku yang jual bunga rangkaian sekarang udah males kerja. Lha gimana enggak? untungnya gede dan pasarnya lumayan luas. Bunga itu kalau boleh jujur, memang universal. Siapa sih yang gak butuh bunga. Mau nembak pacar? Bunga. Mau wisuda? Bunga. Mau ada orang meninggal? Bunga.

Lagipula bunga gak harus bikin kamu kerja dua puluh empat jam. Kamu cukup menerima per proyek saja. Keuntungannyapun gede asal kamu pinter merangkai dengan indah. Modalnya juga bisa lebih minim kalau kamu bisa mendapat supplier bunga yang tepat.

Joki Tugas

Manfaatlah kelemahan temanmu dan dapatkan uang serta ilmu yang lebih dalam. Ya, kamu bisa nih jadi joki tugas temanmu. Ini kerjaan agak kontroversial dan masih diperdebatkan halal gak halalnya. Cuman kalau mau jujur, kerja kelompok dimana kelompokmu berlaku bak monyet kan sebenarnya semacam joki tugas. Daripada kamu nggak dibayar, mending kan jadi joki tugas tapi dibayar. Ya enggak sih?

Untuk joki tugas, kamu bisa menarik bayaran per tugas. Biasanya kalau tugasnya gambar teknik, kamu bisa meminta bayaran yang jauh lebih besar. Welcome!

Ojek Online
sampingan untuk anak kuliahan
sumber gambar : Afif Kusuma

 

Kerjaan ini sebenarnya berpotensi menghasilkan banyak uang untuk kamu. Cuma emang tuntutan fisiknya lumayan. Namun, di ojek online ini kamu bisa memperluas relasi. Siapa tahu kamu lagi nganterin makanan, eh ternyata yang pesan Kaesang. Beruntung kamu jadi kenal Kaesang, siapa tahu dia lagi cari pekerja yang tekun, pekerja keras, mampu menghandle masalah dan IP minimal 3,0. Jadilah kamu kerja sama anak presiden. Siapa yang gak mau?

Sejujurnya, ya itu mungkin kasus yang sangat good case sekali ya. Tapi seenggaknya jadi ojek online itu ketemu banyak orang. Siapa tahu di antara orang orang itu ada yang calon istrimu, calon partner kerjamu, calon mertuamu atau malah calon koruptor. Semuanya menguntungkan kok.

Misal nih pas kamu ketemu calon koruptor, pas dia di OTT dan mukannya nongol di TV, kamu bisa sombong di depan teman temang tongkronganmu.

“Wah ini toh yang kena kasus korupsi, pernah ketemu gue pas nganterin ayam geprek!” katamu sombong. Lumayan kan? Gimanapun bisa sombong di depan teman itu menyenangkan.

Nah itu tadi lima pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya masih banyak sih. Kapan kapan aku bikin part. 2nya. See You!

baca juga :
Lima Belas Cerita Salah Jurusan

Tugas Akhir Belum Kelar, Kenapa Ya?

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini