Waktu Baca: 3 menit

Kuliner Jogja tidak hanya melulu tentang gudeg saja lho. Ada satu makanan yang patut dicoba saat berkunjung ke Jogja, namanya Brongkos. Sudah pernah mendengar namanya? Atau baru kali ini saja mendengarnya? Kalian harus banget deh mencoba sajian yang satu ini. Brongkos merupakan juga merupakan makanan khas dari Jogja, Banyak sekali warung atau tempat makan yang menawarkan sajian ini. Salah satunya adalah Warung Brongkos Handayani, sebuah warung yang menjadi favorit para pemburu makanan lokal.

Penampakan dari luar Warung Brongkos Handayani
Penampakan dari luar Warung Brongkos Handayani

Berbicara mengenai brongkos, sepintas memang nampak seperti rawon. Kuahnya terlihat sama-sama pekat. Namun sebenarnya ada perbedaan yang sangat mendasar. Kuah dari brongkos dibuat menggunakan santan kelapa. Selain itu, ada buah kluwek yang menjadi andalan untuk membuat warna kuah brongkos semakin pekat. Tentunya kehadiran buah kluwek menambah sensasi cita rasa gurih yang ada di brongkos. Dari isian brongkos, bahan-bahan yang dimasukkan sangatlah sederhana dan gampang ditemui bahkan bisa dimodifikasi sesuai selera kalian. Isiannya ada tempe, tahu, daging, telur, dan yang menjadi pembeda adalah adanya kacang tolo.

Warung Brongkos Handayani dan Menu Andalannya

Lantas, bagaimana dengan Warung Brongkos Handayani? Warung nan sederhana ini menghadirkan brongkos dengan berbagai modifikasinya. Menu brongkos yang ditawarkan di sana sangatlah beragam. Kalian bisa menemui brongkos telur, brongkos koyor, brongkos komplit, brongkos daging, dan brongkos ayam. Menu yang harus dicoba adalah brongkos koyor. Jika ada pengen tahu koyor itu apa? Jadi begini, koyor itu adalah lemak dari daging, baik sapi atau kambing.

Brongkos koyor yang bikin hidup makin hidup
Brongkos koyor yang bikin hidup makin hidup

Nasi brongkos koyor disajikan terpisah dengan nasi. Jadi kalian bisa menambahkan koyor sesuai dengan keinginan kalian ke nasi yang sudah terhidang. Rasanya dijamin merem melek. Koyornya langsung melesat melewati tenggorokan. Empuk dan gurih. Ditambah lagi dengan renyahnya kerupuk udang yang dihidangkan bersama dengan brongkos koyor. Semakin menambah well dalam menikmati sensasi brongkos. Bagi yang menghindari makanan yang berkolesterol dapat memilih menu lainnya kok. Warung Brongkos Handayani juga memiliki menu nasi soto ayam dan juga pecel. Bisa juga menambah tambahan seperti gorengan, empal, perkedel sebagai pendamping atau lauk tambahan.

Sampai mau kelupaan, jangan lupa untuk memesan es buah yang ada di sana. Sajian ini juga merupakan ciri khas yang dapat ditemui. Es sirup di sini sangat segar sekali. Perpaduan antara susu, kelapa, dan sirup. Pas banget untuk menyegarkan tenggorokan seusai melahap brongkos. Sempatkanlah mampir ke sana ya, karena letaknya dekat dengan Kraton dan juga Taman Sari. Alamatnya di Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Bisa juga ditemukan menggunakan aplikasi peta yang ada di telepon pintarmu. Warungnya sendiri sudah buka sejak pukul 08.00 sampai habis. Jadi kalau mau buat sarapan ya bisa, makan siang ya bisa juga. Kalau mau sore sekalian ya bisa juga. Nanti sekalian berburu kuliner di Alun-Alun Kidul biar hasrat madyangmu terpuaskan. Ya to?

Es Buah yang Enak Dik Enak Tenan
Es Buah yang Enak Dik Enak Tenan

Masalah harga bersahabat sangat. Ndak perlu yang gimana-gimana. Brongkos yang enak dan nikmat start from Rp 16.000 saja. Kalau pengen bayar ala-ala kekinian bisa juga di sana menggunakan dompet digital. Jadi kalau yang ndak bawa uang tunai ndak usah mbingungi ya. Yaudah kapan deh kalian ke sana? Nanti keburu Jogja makin macet pada gak bisa lewat lho. Sapa tau bisa ketemu tambatan hati, ya to hyung. Wes yo ndang ke sana, ya to? Anda lapar? Sama, saya juga…(*)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini