Waktu Baca: 2 menit
Kadang, melihat banyaknya masyarakat yang menghirup dan membuang asap rokok sembarangan di tempat umum membuatku kesal. Mereka dengan egoisnya menikmati sebatang rokok yang menyala dan membutakan mata akan peringatan ‘Dilarang Merokok di Sini’ yang terpampang jelas.
Bayangkan saja, ±23,5% perokok aktif Indonesia (berdasarkan Katadata) sebagian besarnya merokok hampir di seluruh sudut pasar, terminal, stasiun, dan tempat semacam setiap harinya. Berapa pesentasi polusi udara dari sana?
Ingat Bahaya Asap Rokok
Asap rokok itu berbahaya. Seseorang yang kerap menghirup udara kotor dari sebatang rokok—yang bahkan tak pernah menghirup rokok secara langsung—dapat menerima imbasnya. Infeski tenggorokan, asma, juga berbagai penyakit di organ pernapasan pun hanya sebagian contoh kecilnya.
Kadang mirisnya, para perokok seolah tidak peduli dengan lingkungan sekitar mereka. Sesepuh/orang-orang tua yang kerap jadi korban utama lantaran lebih rentan terkena penyakit hanya akibat polusi asap rokok tadi. Keberadaan orang-orang paruh baya, anak kecil, bayi, atau ibu hamil sekalipun seolah bukan apa-apa. Mereka tak acuh dan meneruskan aktivitas mereka.
Meski terdengar sederhana dan bukan masalah besar, aku yakin banyak orang yang mengeluh akan kenyataan tersebut. Namun apa yang dapat mereka lakukan? Banyak dari mereka yang terlalu takut untuk mengingatkan, takut untuk menegur dan berakhir terdiam dalam kekesalan.
Sesungguhnya kalian tak perlu takut untuk mengingatkan, menegur dengan baik-baik. Itu hak kalian untuk menghirup udara yang segar. Itu hak kalian untuk mendapat kesejahteraan.
Kemudian bayangkan saja, bila mulai sekarang masyarakat perokok aktif semacam menjadi peka dan menurunkan ego untuk mematikan rokok atau berpindah ke tempat di mana seharusnya mereka merokok, bukan di tempat yang ada tanda tanda jelas dilarang merokok. Ya misalnya, tempat tertutup yang dibuat khusus untuk merokok dengan bebas. Tak ada gerutu, tak ada comelan, tak ada gerundel dari kita yang biasanya menggumamkan umpatan. Mungkin Indonesia bisa menjadi negara yang lebih sejahtera melalui hal sederhana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini