Waktu Baca: 3 menit

Pandemi Covid-19 sudah hampir dua tahun melanda dunia. Selama hampir dua tahun, saya dan jutaan orang di dunia terpaksa hanya bisa menonton film di rumah alih-alih di dalam bioskop seperti masa sebelum pandemi. Jujur saja, nonton film di rumah kurang greget dibandingkan nonton di bioskop, meskipun kita punya home theather sendiri di rumah. Karena itulah pengen juga saya cepat cepat kembali ke bioskop. Akhirnya pelesir ke bioskop bisa kembali dilakukan setelah program vaksinasi Covid 19 lumayan berhasil. Nah, saat di bioskop jangan lupa, ada etika nonton di bioskop yang harus ditaati.

#1 Datang On Time

Pertama, sebelum memutuskan untuk nonton bioskop, kamu harus meluangkan waktu supaya gak mepet ya! Misalnya, film yang akan kamu tonton mulai pada pukul 19.00, pastikan kamu sudah berada di lingkungan bioskop setidaknya 15 (lima belas) menit sebelum film mulai. Jangan sampai, film mulai diputar pada pukul 19.00, kamu baru datang 10 menit setelahnya.

Bukannya apa-apa, kalau kamu datang terlambat, bisa dipastikan kamu akan mengganggu kenyamanan penonton yang sudah datang tepat waktu. Apalagi, pentonton yang terlambat biasanya bakalan sibuk mencari nomor kursi yang didapatkan sambil menyalakan senter. Sumpah, ini ganggu banget! Makanya, sebisa mungkin kamu harus datang tepat waktu ya!

#2 Tonton Film sesuai Ratingnya

Selain harus datang tepat waktu, pastikan kamu menonton film sesuai rating film tersebut ya! Jangan sampai kamu nonton film yang peruntukannya bukan untuk kamu. Tidak susah untuk mengetahui rating film yang akan kamu tonton, karena ada keterangan rating film tersebut sebelum kamu membeli tiket film tersebut di bioskop maupun pada website/platform beli tiket secara online.

Menonton film yang bukan untuk peruntukannya berdampak tidak baik pada psikologis seseorang. Jujur, saya sering melihat orang tua yang memaksakan diri untuk menonton film untuk dewasa sambil membawa anaknya yang masih di bawah umur. Ini kenapa gitu? Apa ya gak kasihan mental anaknya rusak cuma karena orang tua kebelet pacaran.

Di tengah-tengah film, mata anaknya malah ditutupi ketika muncul adegan ranjang. Repot kan? Lebih parah lagi, ada orang tua yang akhirnya terpaksa meninggalkan bioskop karena anaknya tiba-tiba nangis dan rewel karena tidak nyaman dengan film dewasa yang mereka tonton. Mubazir kan tiketnya? Makanya jangan memaksakan diri ya!

#3 Jangan Main HP!

Meskipun aturan jangan memainkan handphone sudah diberitahu sebelum film dimulai, masih saja banyak penonton bioskop yang sengaja memainkan handphonenya di tengah-tengah film. Sumpah, ini ganggu banget! Sinar dari handphone tersebut bisa bikin penonton tidak nyaman tahu!

Makanya, sebisa mungkin, selesaikan semua urusan pribadi kalian ya sebelum nonton bioskop. Kasih tahu orang terdekat kalian sebelum nonton bioskop, bahwa selama beberapa jam ke depan, kalian ‘hilang’ sama sekali. Ini penting untuk kita lakukan, supaya kamu tidak mengganggu kenyamanan orang lain yang sama-sama nonton bioskop.

#4 Jangan Norak!

Selain main handphone untuk keperluan komunikasi, ada juga penonton bioskop yang norak bikin Instastory pas lagi nonton di bioskop. Apalagi kalau filmnya film bagus dan berhasil nonton di hari pertama penayangannya. Wih, norak banget sumpah!

Bukannya apa-apa, perbuatan norak tersebut tidak saja melanggar etika nonton bioskop, tapi melanggar hukum, lho. Saya pernah menyaksikan penonton yang terusir keluar bioskop oleh petugas yang berjaga karena kedapatan merekam di dalam bioskop saat penayangan Avengers: End Game.

Tips dari saya, kalau gak tahan pengen pamer ke teman-teman via media sosial, gak usah sampai merekam adegan film di dalam bioskop, cukup fotokan saja potongan tiket film yang kalian tonton, biar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

#5 Buanglah Sampah pada Tempatnya!

Sejujurnya, ini bukan etika nonton bioskop, namun ini merupakan aturan paling umum yang harus kita patuhi. Masalahnya, ada begitu banyak penonton bioskop yang membuang bungkus makanan dan minuman yang mereka konsumsi saat nonton bioskop di lantai atau di kursi. Apa susahnya sih untuk membawa sampah yang mereka produksi ke tempat sampah terdekat saat sudah selesai nonton film? Gak susah kan? Heran deh!

#6 Jangan Spoiler!

Bagi sebagian pencinta film, mereka akan sebisa mungkin menghindari media sosial dan internet saat film kesukaannya tayang di bioskop supaya gak kena spoiler. Kalau kena spoiler, rasanya gak nyaman aja gitu. Makanya, sebisa mungkin, jangan sampai spoiler ya dengan membocorkan jalan cerita film yang sudah kalian tonton saat lagi nongkrong dengan teman yang belum nonton film tersebut.

Jangan spoiler juga di media sosial ya! Tolong hargai perasaan orang lain yang belum bisa menonton film kesayangannya di bioskop karena belum ada waktu luang untuk nonton.

Saya pikir, itulah etika nonton film di bioskop yang harus kita patuhi untuk kenyamanan bersama, yang barangkali sudah kita lupakan saking lamanya tidak pernah ke bioskop selama pandemi Covid-19 ini.

Baca juga :
Simo Wolu Songo : Pameran Seni Unik dan Menarik

Eternals Film Terbaik Marvel Sepuluh Tahun Lagi

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini