Waktu Baca: 2 menit

Buat kamu pecinta drakor, pasti sering banget kan ngidam makanan Korean street food? Tenang aja, khusus buat warga Jogja, sekarang Gildak sudah buka cabang, lho, di Seturan! Kira-kira gimana, sih, rasanya? Enak, enak banget, atau otentik, nih? Yuk, kita simak artikelnya!

Gildak Korean Street food

Berbekal trend “Gildak banget!” yang sempat trending di bulan September tahun 2020, Jovi Adhiguna, atau akrab dengan panggilan Opita, merilis food merchant pertamanya, yaitu Gildak! Sejak tanggal rilisnya, Gildak yang berbasis pada menu Korean street food berhasil menarik warganet untuk berlomba-lomba mencoba kuliner baru ini. Dengan mottonya The finest and affordable K-Street Snack in Indonesia”, Gildak hadir dengan pilihan menu Korean street food yang beragam dan tentunya affordable di kantong!

Mengangkat beberapa menu otentik khas Korean street food, Gildak menghadirkan sajian-sajian yang berhasil bikin air liur kita menetes, seperti tteokboki, corn dog, odeng, hingga ramyeon. Tak berhenti di situ, Gildak juga menyediakan menu-menu khas street food lainnya, seperti crispy chicken, chicken skin, chicken wings, crispy dory, cheese ball hingga squid nugget. Selain pilihan menu yang beragam, karena konsepnya adalah Korean street food, maka penamaan menunya pun berdasarkan nama-nama daerah di Korea. Contohnya Busan O-Bokki, Daegu Ramyeon, Hangang Corn Dog, Sindang Tteokbokki, Jeju Squid Nugget, Itaewon Crispy Chicken, Seoul Chicken Skin, Hongdae Crispy Dory, Gangnam Cheese Ball, Namsan Gongi Bab, dan Incheon Chicken Wings. 

Gimana, Nih, Rasanya?

Pertama kali mencoba Gildak, tentu ekspetasi saya gak terlalu berlebihan, ya. Karena pada dasarnya saya penggemar makanan Korea tapi belum pernah ke Korea dan mencoba langsung taste asli makanan di sana. Jadi saya belum punya standard khusus untuk menilai apakah rasanya udah Korea banget atau belum. Yang saya tahu, ciri khas makanan Korea terletak pada bumbu gochujang atau saus merah yang terbuat dari bubuk cabai (gochugaru), sedikit air, dan bumbu yang dihaluskan. Juga, pada tiap masakannya, makanan Korea terkenal dengan sentuhan minyak wijen untuk menambah wangi harum. Ada beberapa menu di Gildak yang menurut saya recommended, yaitu Busan O-Pokki, Itaewon Crispy Chicken. Lalu ada Hangang Corn Dog dengan baluran tepung krispi mie, Busan Odeng, dan Gangnam Cheese Ball. Kelima menu ini adalah menu favorit saya yang rasanya gak usah ditanya lagi, ya, enaknya kayak apa, karena ini enak pake banget!

Untuk pilihan menu lainnya menurut saya sama-sama enaknya, tapi kalau menu paling favorit, ya, kelima menu tadi! Buat keseluruhan taste-nya, menurut saya Gildak ini udah Korea banget, sih. Saus tteokboki dan kuah odengnya benar-benar sesuai dan pas sama lidah orang Indonesia yang lebih cenderung ke gurih dan berbumbu. Sedangkan untuk menu gorengannya, balutan tepungnya gak usah diraguin lagi, ya, karena crispy banget! Walaupun teksturnya crispy dan crunchy, tapi nggak berminyak, jadi gak perlu khawatir bakalan seret waktu makan, ya! 🙂

Korean Street Food, Tapi Affordable Gak, Sih?

Soal harga, Gildak ini pas banget sih buat kantong mahasiswa. Harga tiap menu mulai dari harga Rp. 10.000 – 82.000 aja! Sedang untuk porsinya, Gildak menyediakan beberapa pilihan porsi seperti medium hingga XXL untuk menu tteokboki, chicken skin dan crispy chicken. Menurut saya untuk taste yang nikmat dan porsi yang cukup besar, harga menu di Gildak ini bisa kamu jadiin pilihan kalau lagi ngidam makanan Korea.

Kira-kira udah ngiler belum, nih? Haha!

Baca juga:

BBQ Di Rumah? Coba Bong Obong!

Antologi Space: Pilihan Tepat untuk Mengerjakan Tugas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini