Waktu Baca: 3 menit

Kurang dari sebulan kita akan memasuki tahun baru 2022. Biasanya, nih, ada tradisi untuk membuat daftar resolusi baru. Hal-hal dan kegiatan yang dijadikan sebagai resolusi baru biasanya adalah hal yang ingin dicapai atau dilakukan, bisa karena alasan ingin mencoba hal baru, mengembangkan potensi diri, atau memang ingin lebih fokus ke diri sendiri. Jika kamu ingin membuat daftar resolusi tahun baru tapi bingung, kuy simak ide resolusi tahun baru berikut ini!

Minum Air Putih Lebih Banyak

Kamu pasti sudah sering mendengar manfaat minum air putih untuk kesehatan tubuh. WebMD menyebutkan jika meminum air putih dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Sebanyak 60% komposisi tubuh manusia berasal dari air dan cairan inilah yang mendukung kerja organ-organ untuk melakukan tugas. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk mengontrol asupan kalori, memberi tenaga ke otot, menghidrasi kulit, menjaga kesehatan ginjal, dan saluran pencernaan. Banyak, kan, manfaatnya? Jika kamu tipe yang jarang minum air putih dan ingin fokus ke kesehatan tubuh, poin ini patut untuk dicoba.

Istirahat Dari Media Sosial di Akhir Pekan

Tak dipungkiri lagi bahwa aplikasi berjenis media sosial memang sangat addicting. Dengan hanya satu aplikasi, kamu dapat melakukan banyak hal. Lewat media sosial kamu bisa mencari hiburan, berdiskusi tentang topik yang diminati, berinteraksi dengan orang lain, sampai mencari teman baru. Tapi, di balik keseruan yang disuguhkan, ternyata ada sisi abu-abunya, lho.

Di salah satu postingan dari helpguide.org, disebutkan jika bermain medsos terlalu lama dapat membuat seseorang lebih merasa sendirian dan terisolasi, yang kemudian dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Memberi diri waktu istirahat dari kegiatan bersosial media rasanya tak salah untuk dicoba. Selain dapat menumbuhkan awareness terhadap lingkungan sekitar, kamu juga dapat menggunakan waktu hibernasi medsos untuk berinteraksi lebih dengan anggota keluarga dan orang-orang di sekitar.

Mencintai Diri Sendiri Lebih Banyak!

You’ve shown me I have reasons, I should love myself—seperti itulah lirik lagu Answer: Love Myself dari salah satu boygroup Korea Selatan, BTS. Mencintai diri sendiri nampaknya menjadi trend akhir-akhir ini. Jika kita resapi lebih dalam, mencintai diri sendiri bukanlah tindakan selfish. Ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghargai diri sendiri. Resolusi ini sangat cocok untuk kalian yang ingin fokus mencoba menerima diri sendiri apa adanya.

Membaca Minimal Satu Buku Setiap Bulan

Bagi orang Indonesia, membaca atas kemauan sendiri belum menjadi kebiasaan. Nah, bagi kamu yang ingin membiasakan diri membaca buku dan menambah wawasan, resolusi ini adalah pilihan yang tepat. Jenis buku yang kita baca tidak melulu harus tentang satu genre saja. Jujur saja, kamu bisa bereksperimen dengan membaca jenis bacaan yang lain dan lebih menantang, seperti biografi, self-help, ensiklopedia, sci-fi, distopia, dll.

Mencoba Kegiatan Seni

Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan di waktu senggang selain membaca buku adalah menonton TV. Atau kalau enggak, kamu bisa mendengarkan lagu dan bekreasi dengan seni. Mulai dari belajar sketsa, melukis dengan alat lukis maupun secara digital (digital painting), membuat barang kerajinan DIY, atau belajar kaligrafi, semua bisa kamu coba. Kegiatan seni seperti ini tak hanya dapat mengisi waktu luangmu dengan lebih produktif, tapi juga dapat menstimulasi otak untuk lebih kreatif dan imajinatif.

Berhenti dari Bad Habit yang Selama Ini Mengekang

Setiap individu pasti punya bad habit atau kebiasaan buruk, seperti menggigit kuku, merokok, begadang, dan menunda pekerjaan. Jika kamu mempunyai satu bad habit dan ingin lepas dari kebiasaan itu, tak ada salahnya memasukkannya ke dalam daftar resolusi tahun baru. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat tentang resolusimu ini agar kamu berhasil mencapai tujuan yang kamu inginkan.

 

Itulah enam ide resolusi baru yang bisa kamu jadikan referensi. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan kemampuan, ya, agar daftar resolusi tahun barumu tak sekedar tulisan saja. Jika kamu merasa bukan pribadi yang disiplin, bisa kok meminta tolong ke teman atau anggota keluarga sebagai support system kamu. Mereka juga bisa menjadi ‘pengawas’ agar kamu tak ke luar dari jalur dan gagal.

Baca juga :
Bayar Kuliah Untuk Tidur, Ngapain?

Ngerti Ini Dijamin Kamu Keranjingan Makanan Sehat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini