Waktu Baca: 3 menit

Terminal itu tempat pemberhentian bus. Iya kan? Tapi anehnya, di saat bersamaan, terminal juga merupakan tempat beraneka ragam kuliner yang menarik. Salah satu contohnya adalah di terminal bus Muntilan yang memiliki Mie Bangka lezat dan bersahabat dengan kantong. Kapan kapan akan kita bahas nih. Nah, kali ini yang akan saya bahas adalah kuliner Terminal Condong Catur, terutama di dunia Per-babi-an. Maaf buat yang gak bisa makan babi, kita gak ada maksud. Tapi kalau mau baca, gak dilarang.Anggap aja sebagai pengetahuan kuliner. Ya kan?

Dekat WC, Di Sudut Terminal

Salah satu kuliner paling banyak diburu di terminal ini ternyata ada di pojok, dekat WC. Ya, aneka masakan babi seperti babi kecap, babi rica rica dan babi panggang ada di sini. Saya penasaran, sudah berapa lamakah warung ini buka. Si pemilik warung makan ini dengan mantap menjawab, “20 tahun!”.

Ya, waktu 20 tahun ini terhitung luar biasa. Sebab, jarang jarang usaha kuliner bertahan lebih dari lima tahun. Boro boro lima tahun, ada yang tiga tahun juga udah bubar. Malah lebih wak waw lagi, ada yang bubar dalam waktu setahun. Jadi, membuka warung khusus babi di terminal hingga 20 tahun jelas bukan prestasi main main.

Kuliner Terminal Condong Catur
Banyak variasinya

Kalau mau jujur, kuliner non halal di Terminal Condong Catur ini memang mantap porsi dan harganya. Hanya dengan harga 24 ribu, kamu mendapatkan nasi dan juga potongan babi yang cukup banyak. Yah, tahu sendiri, kalau dengan porsi yang sama, di tempat lain, harganya bisa mencapai puluhan ribu rupiah. Di sini enggak. Tersedia juga lalapan bagi yang doyan. Cuman, gimana rasanya? Yok kita bahas!

Kaya Bumbu

Salah satu favorit saya adalah babi rica. Kenapa saya suka babi rica? Karena beneran ini babi kaya bumbu, pedas, gurih dan bahkan wangi nyampur jadi satu. Babi yang kaya rasa ini cocok menjadi buruan pertama buat kamu para penggemar kuliner nguik nguik. Meski begitu, rica rica ini cukup pedas, jadi saran saya, selain memesan babi rica, kalian juga harus memesan babi kecap.

kuliner terminal condong catur
aneka masakan babi kaya rasa

Babi kecap di sini juga luar biasa sekali. Ini jujur, gak promosi, gak endorse. Sama kayak babi rica, sama sekali gak pelit bumbu! Rasanya gurih dan manis bersatu dengan babi yang lembut karena kaya lemak, wah udahlah, langsung lahap saja.

Kemudian, kalau kalian gak suka yang terlalu berbumbu, ada babi panggang di sini. Babi panggangnya juga gak kalah sedapnya dan teksturnya empuk. Namun kalau boleh milih di antara semua babi di sini. Cinta saya tetap pada babi rica.

Sop Tulang
kuliner terminal condong catur
Sop Tulang Porsi Jumbo

Kalau kalian pengen yang anget dan berkuah. Di sini mereka menyediakan sop tulang yang bisa kita taburi dengan perasan jeruk. Rasa kuahnya terasa kuat dan kental. Ini cocok juga kalau dimakan pakai nasi. Kalau menurut saya, menyantap makanan ini jangan pake garpu dan sendok. Tanganpun harus kamu berdayakan biar maksimal menggerogoti dagingnya.

Nikmat bangetlah makan ini.

Ada Bakso Babi juga!

Buat kamu yang suka bakso babi, kebetulan di samping dari hidangan serba babi ini ada yang jualan bakso babi juga. Kemarin karena sudah kenyang saya belum nyicipin, tapi next time akan kita bahas babi satu ini.

Tetap kenyang dan stay healthy!

Baca juga :
Kuliner Babi Jagalan Surakarta : Enak dan Variatif

Simbol Kekayaan Menjadikan Orang Ngotot Makan Ikan Fugu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini